5 Efek Samping Lidah Buaya Untuk Rambut yang Harus Diketahui

Lidah buaya atau  disebut juga dengan aloe vera sudah terkenal manfaatnya untuk kecantikan, terutama kecantikan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Sehingga tidak heran jika banyak produk kecantikan rambut yang menggunakan bahan lidah buaya. Hampir semua orang tidak merasakan efek samping lidah buaya untuk rambut karena manfaatnya yang luar biasa. Dan berikut ini kami hadirkan beberapa kebaikan atau manfaat aloe vera untuk rambut.

Manfaat Lidah Buaya

Untuk anda yang mengalami permasalahan rambut seperti di bawah ini, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan lidah buaya.

1. Mengatasi Rambut Rontok

Kesal karena rambut rontok? Sudah melakukan berbagai cara namun rambut rontok tidak berkurang? Anda tidak perlu khawatir, karena lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi rambut rontok. Tanaman lidah buaya dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rambut. Di dalam lidah buaya terkandung vitamin dan mineral yang cukup banyak sehingga efektif untuk mengatasi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lidah buaya, lalu mencampur esktrak lidah buaya dengan shampo. Setelah itu aplikasikan pada rambut anda.

2. Kondisioner Alami

Lidah buaya merupakan kondisioner alami yang baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya memiliki efek pendingin yang dapat memberikan kenyamanan pada rambut dan kulit kepala. Dengan menjadikan lidah buaya sebagai kondisioner, anda akan mendapatkan manfaatnya. Buat lidah buaya menjadi jus, kemudian aplikasikan pada kepala dan pijat kulit kepala dengan perlahan. Diamkan beberapa saat lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan shampo.

3. Mengatasi Ketombe

Selain rambut rontok, ketombe juga menjadi permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang. Ketombe membuat kulit kepala terasa tidak nyaman karena anda akan merasakan gatal. Nah, lidah buaya bisa anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.  Gel lidah buaya atau jus lidah buaya dapat secara efektif menghilangkan ketombe.

4. Mencegah Terjadinya Kebotakan

Penipisan rambut tentu akan menjadikan rambut botak. Anda tidak ingin mahkota indah anda rusak karena penipisan bukan?  Untuk mencegah terjadinya kebotakan, anda bisa memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan sebagai cara menumbuhkan rambut botak. Gunakan gel lidah buaya pada rambut anda selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan shampo.

5. Melembabkan Rambut

Ingin rambut mudah diatur dan lembab? Anda bisa mendapatkan rambut seperti yang diinginkan hanya dengan memanfaatkan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut kering. Gunakan bagian gel lidah buaya untuk perawatan rambut anda. Tunggu selama kurang lebih  15 menit, jika sudah anda bisa membilasnya. Dengan begitu anda akan merasakan efek lidah buaya pada rambut.

6. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang biasanya dialami oleh banyak orang. Tidak hanya tumbuh di wajah, lidah buaya juga bisa tumbuh di kepala.  Jerawat yang muncul di kepala akan terasa manyakitkan, apalagi  saat bergesekan dengan sisir ketika anda menyisir rambut. Untuk mengatasinya anda cukup menggunakan lidah  buaya. Oleskan ekstrak lidah buaya pada jerawat dan tunggu sampai kering. Anda bisa melakukan perawatan ini sebelum keramas.

Efek Samping Lidah Buaya Untuk Rambut

Di balik manfaatnya, lidah buaya juga memiliki efek samping untuk rambut meskipun tidak semua orang dapat merasakannya. Lantas apa saja efek samping lidah buaya? Untuk mengetahuinya, yuk  simak penjelasan di bawah ini.

1. Alergi. Tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Justru ada beberapa orang yang alergi pada tanaman yang  satu ini. Untuk anda yang memiliki alergi terhadap lidah  buaya atau kandungan yang terdapat pada lidah buaya disarankan untuk tidak menggunakannya.

2. Bau yang tidak sedap. Lidah buaya memiliki aroma yang khas. Ada orang  yang suka dan ada orang yang tidak suka dengan baunya ini. Saat anda melakukan  perawatan rambut dengan menggunakan lidah buaya, disarankan untuk membilas rambut sampai bersih agar baunya hilang.

3. Rambut  lengket. Saat menggunakan lidah buaya pada rambut, selain bau yang kurang sedap, rambut anda juga akan terasa lengket. Namun jangan khawatir, efek samping lidah buaya untuk rambut ini akan segera hilang  setelah anda mencuci rambut. Justru setelah itu, anda akan mendapatkan manfaat baik lidah  buaya.

4. Gatal. Getah lidah buaya biasanya dapat menyebabkan rasa gatal. Namun, tidak semua orang merasakan efek samping ini. Untuk itu, disarankan langsung membilas rambut setelah melakukan  perawatan dengan lidah buaya.

5. Iritasi. Iritasi biasanya menjadi reaksi alergi. Karena lidah buaya banyak digunakan untuk bahan  pembuatan produk tertentu seperti shampo, maka anda yang memiliki alergi terhadap lidah buaya harus lebih teliti dalam memilih poduk kecantikan tertentu.

Meskipun lidah buaya memiliki banyak manfaat, tapi anda harus tetap bijak dalam menggunakannya. Demikian beberapa efek samping lidah buaya untuk rambut.