Jenis Jenis Pomade Dan Cara Memakainya

Pomade adalah sebuah produk yang digunakan untuk rambut, atau kalian juga bisa menyebut pomade sebagai minyak rambut. Pomade adalah minyak rambut yang diproduksi oleh negara adi kuasa di dunia yakni Amerika. Pomade adalah minyak rambut yang berupa wax, bahan dasar pomade sendiri memang berasal dari minyak yang di campur dengan wax. Pomade tidak membuat rambut mu merasa dan susah diatur, tapi kamu akan lebih mudah menata ulang rambut mu sesuai dengan style yang kamu inginkan. Menggunakan pomade dapat membuat rambut mu terlihat basah dan berkilau, sehingga kamu akan memiliki penampilan yang terlihat selalu fresh setiap saat.  (Baca Juga : Manfaat Aloe Vera Untuk Rambut , Cara Mengatasi Rambut Kering)

Manfaat Yang Terlihat Jika Menggunakan Pomade  

  1. Maskulin
  2. Berkelas
  3. Klimis
  4. Rapi
  5. Maco
  6. Dewasa
  7. Keren
  8. Kece
  9. Elegan

(Baca Juga: Produk Vitamin Rambut Kering , Cara Mencegah Rambut Bercabang)

Menggunakan pomade tentu tidak boleh sembarangan. Kita harus tahu dulu jenis rambut kita seperti apa, dan jenis pomade manakah yang cocok untuk digunakan pada rambut kita. Jika kamu belum tahu apa saja jenis pomade, kali ini kita akan membahas 3 jenis pomade yang berbeda dalam bahan dasar pembuatannya. (Baca Juga: Sampo Untuk Rambut Berminyak , Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Jenis-Jenis Pomade

Memilih jenis pomade yang sesuai dengan rambut kamu itu penting lho. Karena jika kamu salah dalam memilih jenis pomade, maka yang terjadi adalah gaya rambut yang kamu inginkan tidak akan sesuai dengan ekspektasi kamu. Sebelum membeli ataupun menggunakan pomade, yuk kenali dulu manakah pomade yang cocok dengan rambut kamu.

1. Jenis Pomade Oil Based

Pomade jenis oil based adalah jenis pomade yang memiliki bahan dasar minyak. Pomade dengan bahan dasar minyak mampu memberikan gaya rambut yang lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis pomade yang lainnya. Jika rambut mu termasuk dalam golongan rambut yang susah diatur, maka pomade oil based ini adalah solusi yang tepat untuk rambut mu. Baik rambut yang susah diatur, rambut panjang dan rambut yang tebal juga bisa diatur dengan menggunakan pomade jenis oil based ini. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut , manfaat conditioner rambut)

Pomade jenis oil based ini bisa membuat gaya rambut kita lebih terjaga dan keren walaupun dalam waktu yang cukup lama, sehingga pomade jenis ini sangat cocok untuk kamu gunakan untuk menghadairi pesta, acara dinner, acara kawinan atau acara-acara lainnya. Dengan jenis nya yang berminyak, maka akan lebih sulit rambut kita dicuci dibandingkan dengan jenis pomade yang lainnya. Kamu akan membutuhkan banyak shampo dan bahan perawatan rambut lainnya untuk membersihkan pomade pada rambut kamu. Pada pomade ini biasanya harga yang dibandrol sekitar Rp. 90.000,- hingga Rp. 100.000,- . (Baca Juga : Cara Merawat Rambut Panjang , Merk Shampo untuk Rambut Keriting)

2. Jenis Pomade Water Based

Pomade dengan jenis water based adalah jenis pomade yang memiliki bahan dasar air. Dan dengan bahan dasarnya yang air, tentu pomade jenis ini tidak memiliki kekuatan seperti jenis pomade oil based. Namun walaupun begitu, pomade jenis water based ini memiliki keunggulan yaitu lebih mengkilap dibandingkan dengan pomade lainnya

Selain itu dengan bahan dasarnya yang terbuat dari air, pomade dengan jenis water based ini lebih mudah untuk dibersihkan lho dan kamu hanya membutuhkan satu kali keramas saja. Pomade jenis ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis oil based, sehingga jika rambut mu terkena keringat atau hujan pomade akan luntur secara otomatis dan rambut mu akan kembali seperti semula. (Baca Juga: Warna Rambut untuk Kulit Gelap , Cara Mengatasi Rambut Kusut)

Jika kamu ingin menggunakan pomade dalam jangka panjang, maka pomade jenis water based ini sangat cocok untuk kamu gunakan setiap harinya. seperti misalnya nongkrong, kuliah, jalan ke mall ataupun ke tempat-tempat yang tidak begitu resmi. Selain itu pomade jenis water based adalah jenis pomade yang kurang cocok digunakan untuk kamu yang memiliki rambut panjang ataupun rambut tebal, karena daya tahan atau bahan pada jenis ini tidak sekuat pomade jenis oil based. Pada pomade jenis water based, harga yang dibandrol sekitar Rp. 140.000,- hingga Rp. 160.000,- . (Baca Juga: Cara Membuat Rambut Keriting Gantung , Cara Mencegah Rambut Beruban)

3. Jenis Pomade Mix Based

Pomade mix based adalah jenis pomade yang memiliki bahan dasar campuran antara minyak dan air. Pomade ini memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan dengan pomade jenis water based, dan lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis oil based. Sebagaian besar orang Indonesia hanya tahu dua jenis pomade saja, yaitu oil based dan water based, dan untuk jenis mix based kurang dikenal di masyarakat. (Baca Juga: Manfaat Hair Tonic , Manfaat Putih Telur Untuk Perawatan Rambut)

Untuk jenis pomade mix based akan memberikan hasil yang tidak terlalu berkilau atau bahkan tidak berkilau sama sekali. Jenis pomade ini akan meberikan kesan yang lebih alami dibandingkan dengan jenis pomade lainnya, biasanya lebih cocok untuk digunakan pada saat santai, pergi berkunjung, jalan ke mall, kuliah atau lain sebagainya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak)

Nah sekarang sudah tahu kana pa saja jenis pomade yang berada di pasaran. Pilihlah pomade yang sesuai dengan jenis rambut mu, jangan sampai memilih pomade yang malah membuat penampilan mu jadi tidak kece. Selain itu juga perhatikan bagaimana cara menggunakan pomade yang baik dan benar, serta bagaimana cara untuk menghilangkan pomade pada rambut dengan cara yang tepat.Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe , Penyebab Kulit Kepala Gatal)

Cara Memakai Pomade Dan Membersihkan Pomade Dengan Benar

  • Sebelum menggunakan pomade sebaiknya kamu membasahi rambut mu dengan air, atau jika kamu selesai keramas keringkan sedikit rambut lalu gunakan pomade sesuai dengan keinginan mu. (Baca Juga: Penyebab Kerusakan Pada Rambut)
  • Gunakan pomade secukupnya dan jangan terlalu berlebihan.
  • Ambilah pomade menggunakan jari telunjuk, dan jadikan jari telunjuk mu sebagai ukuran menggunakan pomade.
  • Gosokkan pomade pada telapak tangan dahulu, jika sudah terasa hangat langsung usapkan pada rambut dan bentuk rambut sesuai dengan keinginan mu. (Baca Juga: manfaat conditioner rambut)
  • Sisir rambut mu seusai menggunakan pomade sesuai dengan gaya yang kamu mau..
  • Setelah menggunakan pomade selama seharian, maka sebaiknya kamu segera mencuci rambut menggunakan shampo. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Kering)
  • Pakailah  shampo yang biasa kamu gunakan, gosok merata agar efek pomade pada rambut hilang. Lalu bilas dengan air bersih, dan akan lebih efektif jika kamu menggunakan air hangat. (Baca Juga : Manfaat Cuci Rambut Setiap Hari)
  • Jangan terlalu sering menggunakan pomade agar rambut tetap dapat bernapas dan tumbuh sehat. Karena pada dasarnya pomade juga terbuat dari bahan kimia, dan jika digunakan dalam jangka waktu yang terus menerus pomade akan menjadi penyebab rambut kering.

Sekarang sudah tahu kan apa sih pengertian dari pomade dan apa saja jenis-jenis pomade. Gunakanlah pomade seperlunya dan jangan berlebihan agar tidak mengganggu kesehatan rambut. Bersihkan pomade menggunakan shampoo dan air yang bersih. Selain itu jagalah kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin D, biotin, zinc dan lain sebagainya.