10 Alasan Kenapa Rambut Cepat Lepek dan Berminyak

Rambut yang mengembang sempurna dan tampak bervolume pastinya diinginkan oleh para wanita agar dapat menunjang penampilannya yang sempurna. Namun kondisi rambut tidak selalu dapat menjadi seperti yang diinginkan. Terkadang para wanita akan mengalami masalah pada rambut, antara lain rambut bisa menjadi lepek bahkan hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah keramas. Rambut lepek adalah salah satu penyebab wanita merasakan bad hair day, dan kondisi rambut yang lepek, berminyak serta tampak lengket merupakan hal yang membuat frustasi.

Masalah kenapa rambut cepat lepek diakui para wanita sebagai masalah yang paling merepotkan. Rambut yang lepek umumnya juga menunjukkan gejala atau ciri – ciri rambut lepek berupa kulit kepala yang berminyak, rambut tidak bervolume atau tampak kempes, kelihatan tipis dan sulit ditata karena licin. Kondisi rambut yang demikian bisa saja berasal dari banyak faktor, dan tetap bisa Anda alami walaupun sudah melakukan perawatan rambut dengan benar.

Penyebab Rambut Mudah Lepek

Alasan yang mendasari kenapa rambut cepat lepek tidak saja berasal dari faktor keturunan atau faktor dari dalam tubuh saja, melainkan juga dapat dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan yang tanpa disadari sering kita lakukan. Penyebab dari mudah lepeknya rambut antara lain yaitu:

1. Terlalu sering keramas

Kebanyakan orang yang mengalami rambut lepek cenderung akan keramas lebih sering karena ingin menghilangkan minyak di rambut yang berlebihan untuk cara mengatasi rambut lepek, tetapi jika keramas terlalu sering masalah baru akan datang. Kulit kepala akan menjadi kering dan menghilangkan minyak alami di kulit kepala, sehingga tubuh mengira bahwa kulit mengalami kekeringan dan justru memproduksi lebih banyak minyak yang pada akhirnya membuat rambut menjadi lepek.

2. Salah memilih conditioner

Penggunaan conditioner yang salah bisa menjadi penyebab rambut lepek, karena pemakaian conditioner pada kulit kepala. Cara menggunakan conditioner yang benar adalah mulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujungnya atau hanya digunakan pada bagian yang kering saja pada rambut. Menggunakan conditioner dari akar rambut atau kulit kepala akan membuat rambut lepek dengan cepat.

3. Jarang membersihkan sisir

Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi sisir yang kotor dapat memicu alasan dari kenapa rambut cepat lepek. Setiap kali Anda menyisir rambut, debu dan kotoran yang berasal dari sisir akan menempel kembali pada rambut dan juga membuat rambut ikut kotor. Sebaiknya Anda membersihkan sisir secara teratur untuk menghindari hal tersebut. Anda juga bisa melakukan cara mengatasi rambut lepek dengan bedak dan menggunakan sampo untuk rambut berminyak.

4.Udara panas

Kita tinggal di negara beriklim tropis yang suhu udaranya panas sehingga dapat menjadi pemicu lepeknya rambut. Anda bisa menghindari rambut lepek karena suhu panas dengan menggunakan penutup kepala atau topi dan melindunginya dari sinar matahari langsung. Anda juga dapat keramas dengan menggunakan dry shampoo sesekali untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala, dan juga sebagai salah satu cara merawat rambut berjilbab di tengah musim panas.

5. Makanan berlemak

Apa yang kita makan juga akan mempengaruhi keadaan rambut. Apabila Anda terlalu banyak makan makanan yang berlemak, maka hal tersebut juga akan memberi pengaruh terhadap kadar minyak di rambut. Minyak yang berasal dari makanan berlemak yang dikonsumsi akan dikeluarkan kembali melalui pori – pori kulit, termasuk kulit kepala dan menjadi penyebab kenapa rambut cepat lepek, dan menjadi penyebab rambut berminyak setelah keramas.

6. Terlalu lama menutup kepala

Melindungi kepala dari sinar matahari atau ketika berkendara dapat memancing kondisi rambut yang lepek sebab rambut terlalu lama tertutup tanpa adanya udara segar yang memungkinkannya bernapas. Kepala yang berkeringat dan berbau apek juga merupakan akibat dari menutup kepala terlalu lama, yang akan menjadi penyebab rambut berminyak dan penyebab rambut apek.

7. Stres

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh, stres juga dapat membuat kesehatan rambut terganggu. Stress akan memancing tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon sehingga rambut tampak lebih berminyak dan lepek.

8. Menyentuh rambut

Sesekali menyentuh rambut merupakan kebiasaan yang tidak disadari. Namun kebiasaan menyentuh rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi cepat lepek. Terlalu sering menyentuh rambut dengan tangan yang kotor akan memindahkan kotoran dan minyak dari tangan ke rambut, dan membuat rambut cenderung mudah lepek.

9. Terlalu banyak menyisir rambut

Mungkin Anda sering menyisir rambut karena ingin rambut tampak selalu rapi dan berkilau. Yang tidak disadari bahwa ada suatu akibat dari kebiasaan menyisir rambut yang terlalu sering. Menyisir rambut terlalu sering tidak akan membuat rambut terlihat berkilau, namun akan membuatnya menjadi berminyak. Kegiatan tersebut akan mengaktifkan produksi minyak berlebihan di kulit kepala dan menyebabkan rambut cepat lepek.

10. Keramas dengan air hangat

Produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala juga bisa terpengaruh dengan suhu air yang digunakan untuk keramas. Sebab, air panas atau air hangat akan menstimulasi kelebihan produksi minyak di kulit kepala, melemahkan folikel rambut dan membuat rambut menjadi mudah rontok. Anda dapat keramas dengan air hangat namun  usahakan untuk tidak terlalu sering, dan bilas rambut dengan air dingin sesudahnya.

Beberapa kebiasaan sehari – hari tersebut akan menjadi penyebab kenapa rambut cepat lepek. Terlebih lagi jika kebiasaan tersebut tidak diperhatikan oleh Anda, maka akan sulit untuk mendapatkan rambut yang tampak bervolume dan tebal. Untuk mencegah minyak berlebih di kulit kepala, Anda juga perlu menjaga menu makanan agar tetap sehat dan jauh dari lemak. Cobalah untuk menerapkan pola makan seimbang yang memungkinkan tubuh mendapatkan nutrisi dan gizi yang sehat sehingga tidak akan memproduksi minyak berlebih di kulit, terutama kulit kepala. Cukupi juga asupan air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang bisa berujung pada masalah kulit kepala berminyak.