5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Rambut

Alpukat mempunyai nama ilmiah Persea Americana, buah ini awalnya dikenalkan oleh seorang pemimpin pasukan Spanyol kepasa bangsa Eropa pada tahun 1519. Buah alpukat akhirnya dapat tersebar meluas keseluruh jajahan spanyol di dunia, termasuk di Indonesia. Alpukat mempunyai kulit buah yang hijau kekuningan serta daging buah berwarna hijau muda kekuningan. Buah alpukat sangat lembut teksturnya sehingga baik digunakan sebagi masker. Buah alpukat mengandung banyak gizi yaitu seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air, serta serat. Semua kandungan gizi yang ada di dalam alpukat tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Alpukat selain daging buahnya yang rasanya sungguh nikmat, ternyata mempunyai banyak manfaat selain sebagai buah yaitu bermanfaat untuk rambut. Rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan banyak orang baik laki-laki atau perempuan, tetapi seorang perempuan biasanya lebih memperhatikan penampilan dan kesehatan rambut karena bagi seorang perempuan, rambut merupakan suatu mahkota. Mahkota akan selalu dijaga penampilan dan kesehatannya.

Sekarang telah banyak produk perawatan rambut yang dapat dengan praktis kita gunakan untuk merawat rambut kita, tetapi produk-produk tersebut tentunya tidak bisa bebas dari bahan-bahan kimia yang justru dapat merusak rambut dalam pemakaian jangka panjang. Jika anda ingin merawat rambut anda agar tetap sehat maka anda dapat menggunakan bahan alami seperti alpukat untuk merawat penampilan dan kesehatan rambut anda. Berikut beberapa manfaat alpukat untuk rambut:

1. Mengembalikan kilau rambut

Daging buah alpukat yang nikmat ternyata mengandung zat antioksidan serta kandungan senyawa didalam buahnya. Hal tersebut menjadikan buah alpukat mampu mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat rambut rusak. Kekuatan rambut akan kembali sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan tampak lebih sehat. Rambut yang kusam tentunya akan terllihat jelek dan tidak sehat. Semua orang pasti ingin mempunyai rambut yang sehat dan kalau bisa yang berkilau sehingga nampak lebih cantik. Kandungan antioksidan serta senyawa yang ada didalam buah alpukat akan mempu memberikan efek kilau pada rambut sehingga rambut anda akan tampak sehat, berkilau secara alami.

Sponsors Link

( Kilau alami alami juga diperoleh dari : manfaat jeruk nipis untuk rambutmanfaat hair mask untuk rambut)

2. Memperkuat rambut

Rambut yang rapuh akan mudah rontok sehingga rambut menjadi sedikit. Rambut yang rontok menandakan bahwa kondisi kesehatan rambut sedang rendah. Anda tidak usah khawatir karena anda dapat mengembalikan kekuatan rambut anda dengan menggunakan buah alpukat. Kandungan yang terdapat dalam daging buah alpukat akan mampu bekerja dalam memperkuat rambut, sehingga rambut tidak rapuh dan mudah rontok. Rambut anda akan tumbuh lebat serta sehat.

3. Memperbaiki tekstur batang rambut

Rambut kita sering terkena cahaya matahari serta polusi atau zat lainnya yang kurang baik untuk kesehatan rambut sehingga dapat menjadikan tekstur batang rambut menjadi rapuh dan jika dibiarkan maka dapat menjadikan rambut rusak karena disusul dengan berbagai masalah rambut lainnya. Untuk memperbaiki tekstur rambut yang rusak maka anda dapat menggunakan buah alpukat sebagi masker rambut agar batang rambut anda sehat kembali. Jika rambut batang rambut anda tidak rusak maka rambut anda akan kembali sehat dan tampil indah alami.

4. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan masalah yang banyak dialami oleh wanita. Apalagi wanita yang memiliki rambut panjang. Rambut rontok dapat mengurangi percaya diri anda karena jika sedang bepergian dapat menempel dibaju. Untuk mengurangi serta mengatasi rambut rontok maka anda tidak usah khawatir, karena anda dapat menggunakan masker buah alpukat untuk memperkuat akar rambut sehingga rambut rontok akan terkurangi. Masalah rambut rontok anda akan segera teratasi dan percaya diri anda akan kembali lagi. Anda dapat bepergian dengan tetap tampil cantik dan percaya diri.

(Baca juga : cara mencegah rambut rontok – cara mengatasi rambut rontok – cara merawat rambut rontok)

5. Mengatasi rambut kering

Rambut kering akan membuat penampilan rambut menjadi jelek. Rambut akan tampak kusut dan lepek. Rambut kering dapat diatasi dengan ,asker buah alpukat yang digunakan pada rambut sehingga dapat mengembalikan kesehatan rambut sehingga masalah rambut kering dapat teratasi tanpa adanya efek samping lainnya. Banyak produk yang diproduksi untuk mengatasi rambut kering tetapi kadang rambut kering teratasi tetapi timbul masalah lainnya seperti ketombe. Maka menggunakan masker buah alpukat akan lebih aman serta mendapatkan hasil yang baik sesuai keinginan.

(Baca juga : bahaya rebonding rambutcara melembutkan rambutcara mengatasi rambut kering)

Sponsors Link

Cara Membuat Masker Rambut dari Buah Alpukat

Cara membuat masker rambut dari buah alpukat tidak sulit karena caranya sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja dirumah. Anda dapat mencoba resep membuat masker buah alpukat dibawah ini:

  • Ambil satu buah alpukat kemudian ambil dagingnya dengan menggunakan sendok. Jika rambut anda panjang maka gunakan 1 buah alpukat, tetapi jika rambut anda pendek maka dapat menggunakan setengah buah alpukat saja.
  • Tumbuk halus semua buah alpukat dengan menggunakan wadah yang tepat yang anda punyai. Pastikan semua daging buah tertumbuk halus serta tidak ada potongan besar yang tersisa.
  • Tambahkan setengah cangkir minyak zaitun dan seperempat cangkit minyak almond. Jika rambut anda panjang maka gunakan bahan-bahan tersebut dengan jumlah dua kali lipatnya. Tambahan bahan minyak zaitun dan almond akan membuat rambut anda bersinar karena mengandung asam lemak. Minyak yang terdapat pada zaitun juga akan membuat rambut menjadi kuat serta melembutkan kulit kepala yang kering. Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi tercampur rata.
  • Sebelum menggunakan masker rambut dari buah alpukat maka basahi rambut anda terlebih dahulu. kemudian lumuri rambut anda dengan menggunakan masker alpukat. Gunakan secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut jangan sampai ada yang terlewati.
  • Setelah semua masker merata pada rambut anda lalu biarkan sampai 20 menit. Jika anda mempunyai masalah kulit kepala kering maka anda dapat melakukan pemijatan pada kulit kepala selama 5 sampai 7 menit sebelum anda membilas rambut anda.
  • Setelah 20 menit maka bersihkan rambut anda dengan menggunakan sampo serta kondisioner. Bilas dengan air hingga bersih. Rambut anda akan nampak lebih lembut, sehat dan tampil cantik.

Demikian manfaat buah alpukat untuk rambut serta cara membuat masker untuk merawat rambut. Memang sedikit kurang praktis tetapi jika anda rela meluangkan sedikit waktu mungkin diwaktu libur anda, maka anda akan mendapatkan manfaat dari masker buah alpukat untuk rambut anda secara alami. Rambut anda akan tampil indah dan sehat serta akan menambah rasa percaya diri anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 10:00 Oleh :
Kategori : Rambut