5 Manfaat Menggunakan Catok Rambut

Setiap orang diciptakan dengan keadaan rambut yang berbeda satu sama lain. Ada yang memiliki rambut lurus, bergelombang dan keriting. Biasanya wanita selalu ingin tampil cantik dan berbeda dari kesehariannya untuk mengikuti mode. Terkadang, wanita yang memiliki rambut yang tidak lurus akan merasa rambutnya berantakan dan sulit ditata. Penyebab rambut keriting bermacam – macam, bukan hanya karena faktor genetik saja. Atau wanita yang sudah memiliki rambut lurus alami malah ingin memiliki rambut bergelombang agar tampak penuh dan tebal. Karena itulah banyak wanita yang ingin rambutnya tampak berbeda. Sayangnya rambut yang sudah lurus, keriting atau bergelombang sejak lahir terkadang sulit diubah dengan cara biasa, maka itu digunakan teknik untuk menata rambut secara instan yang disebut catok.

Bentuk alat catok sendiri sebenarnya ada dua macam, yaitu alat catok untuk meluruskan rambut dan mengeriting. Alat catok untuk pelurus rambut berbentuk persegi panjang dengan lempengan yang pipih sedangkan yang berfungsi untuk mengeriting berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran.

Secara umum, manfaat menggunakan alat catok untuk menata rambut seperti berikut ini:

1. Rambut jadi lebih rapi dan tidak mudah kusut

Jika sebelumnya rambut terasa sulit diatur, selalu kusut dan kasar, dengan alat catok maka rambut akan menjadi lebih rapi secara instan. Bantuan alat catok juga membuat rambut tidak mudah kusut dengan adanya kandungan ion negatif pada alat tersebut. Selain mencatok, ada cara melembutkan rambut yang dapat Anda coba salah satunya dengan beberapa manfaat masker alpukat untuk rambut.

2. Mudah mengganti model rambut sesuai yang Anda inginkan dan menyesuaikan dengan berbagai kesempatan.

Mengikuti perkembangan jaman, gaya dan model rambut apapun sekarang ini sangat bervariasi dan banyak pilihan. Begitu pula dengan warna rambut sekarang tidak hanya terbatas pada warna hitam saja. Bisa juga diberi warna sesuai dengan selera Anda. Adanya bahaya cat rambut juga perlu diketahui, agar Anda tidak mendapatkan manfaat negatif dari kegiatan mewarnai rambut.

3. Memberi nilai tambah dan memperkuat kepercayaan diri bahwa penampilan rambut yang Anda inginkan sudah sempurna.

Menata rambut merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita juga. Bila mengalami bad hair day, misalnya rambut sulit diatur atau lepek, rasa tidak nyaman bisa dialami sepanjang hari karena merasa penampilan tidak sempurna. Dengan rambut yang tertata rapi, rasa percaya diri pun akan meningkat.

4. Menghemat waktu dan biaya Anda untuk pergi ke salon, karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Selain dengan manfaat catok rambut yang bisa dilakukan sendiri, Anda juga bisa mengubah penampilan rambut di salon. Jenis perawatan rambut di salon sekarang banyak ragamnya, seperti smoothing, hair extension dan rebonding. Namun setelah itu tetap diperlukan perawatan lanjutan. Cara merawat rambut smoothing agar tahan lama dan cara merawat rambut rebonding agar awet perlu diperhatikan dengan seksama dan juga pahamilah beberapa bahaya hair extension, bahaya rebonding rambut serta bahaya smoothing rambut yang mungkin bisa terjadi.

5. Membuat Anda tetap up to date dengan model tata rambut terkini.

Banyaknya tips untuk mendandani rambut pasti membuat para wanita tertarik untuk mencoba, terutama dengan iklan sampo yang banyak ditayangkan di layar kaca, membuat seseorang ingin memiliki rambut seperti para model tersebut. Atau Anda bisa mencoba cara meluruskan rambut secara alami bila Anda ingin mempunyai rambut yang lurus.

Jenis Bahan Catokan

Sedangkan manfaat yang didapat dari jenis lapisan lempengan alat catoknya sendiri yang mempunyai tiga macam lapisan yaitu keramik, titanium dan tourmaline. Masing – masing mempunyai keuntungan sendiri seperti berikut ini:

 1. Keramik

Manfaat dari alat catok yang menggunakan lapisan keramik yaitu:

  1. Memiliki daya hantar panas yang paling rendah dan merata, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak menghasilkan titik – titik panas di rambut sehingga tidak merusak rambut dengan panas yang berlebihan.
  2. Lapisan keramiknya memungkinkan proses mencatok berjalan mulus dengan seluruh bagian rambut yang dicatok bisa terbawa dan tidak menyangkut sehingga proses mencatok dapat berlangsung lebih cepat.
  3. Teknologi infra red yang terkandung di dalamnya memungkinkan kelembaban rambut terjaga, sehingga baik pula digunakan untuk rambut yang diwarnai karena tidak akan memudarkan warna rambut.
  4. Harganya relatif terjangkau.

Selama menata rambut dengan mencatok, perawatan rambut juga perlu diperhatikan. Anda bisa merawat rambut dengan mengambil manfaat madu untuk kesehatan rambut yang khasiat perawatannya tidak jauh berbeda dengan berbagai manfaat air beras untuk rambut dan manfaat ginseng untuk rambut.

2. Titanium

Teknologi catok menggunakan logam titanium ini bisa mempertahankan kelembaban rambut sementara mencatok dan mencapai panas yang diinginkan dalam waktu yang lebih cepat sehingga menghemat waktu mencatok. Manfaat menggunakan jenis titanium yaitu:

  1. Permukaannya bergerak lebih lembut pada rambut.
  2. Anti karat.
  3. Memungkinkan penyebaran panas yang merata.
  4. Ditujukan untuk penggunaan untuk para profesional di salon karena sifat titanium yang  kuat dan tahan lama serta kecepatannya menghantarkan panas. Agar bisa digunakan untuk keperluan sehari – hari, dalam pembuatannya ada yang digabungkan dengan material keramik dan tourmaline.

Cara mengatasi rambut kering perlu diperhatikan juga, karena selama rambut sering ditata dengan alat catok, selalu ada resiko rambut kehilangan kelembabannya.

3. Tourmaline

Yaitu semacam batuan berharga yang cara pembuatannya dihancurkan kemudian dicampur dengan lapisan keramik karena tidak bisa digabungkan secara langsung dengan elemen pemanas. Manfaat menggunakan jenis tourmaline yaitu:

  1. Bisa memberikan pancaran ion negatif yang sangat tinggi yang fungsinya menutup kutikula rambut selagi alat catok melewati rambut sehingga menghasilkan rambut catokan yang tetap memiliki kelembaban dan tampak berkilau.
  2. Pancaran infrared nya juga lebih tinggi daripada lapisan yang lain.
  3. Tidak perlu terlalu panas sudah bisa menghasilkan catokan yang bagus, ini berarti menghemat waktu mencatok juga.

Rambut yang bisa dicatok tentunya rambut yang sudah cukup panjang. Memakai alat catok pada potongan rambut yang  terlalu pendek akan lebih sulit. Untuk itu ada cara merawat rambut agar cepat panjang yang bisa diterapkan supaya rambut lebih mudah dicatok.

Cara Mencatok Rambut

  • Kondisi rambut yang bagus untuk dicatok adalah saat rambut dalam keadaan tidak terlalu kering dan tidak basah, yaitu saat agak lembab. Dalam keadaan kering, panas dari alat catok dapat membuat rambut makin kering sehingga lama kelamaan menimbulkan kerusakan rambut. Begitu juga jika ingin mencatok setelah mencuci rambut, tunggu hingga rambut sudah agak kering. Panas dari alat catok juga dapat merusak folikel rambut bila dipakai saat rambut dalam keadaan basah.
  • Gunakan produk pelindung rambut seperti heat protecting spray sebelum mulai mencatok supaya hasil catokan bisa lebih tahan lama dan tidak mudah kusut. Batang rambut juga tidak mudah rusak.
  • Untuk yang baru mulai mencatok rambut, atur suhu ke tingkat paling rendah atau minimal. Jika sudah terbiasa bisa menentukan sendiri suhu yang tepat untuk rambut Anda. Kemudian bagi rambut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dicatok.
  • Sisir dulu rambut sampai tidak ada bagian yang kusut. Beri jarak minimal 2cm dari pangkal rambut. Jangan mencatok rambut dari akarnya, karena dapat merusak akar rambut. Catok hingga ujung rambut agar rambut tidak mudah kusut dalam sekali tarikan, jangan diulang – ulang.
  • Beri serum rambut setelah selesai mencatok agar rambut tetap terlindung dari kerusakan. Jangan langsung mengikat rambut setelahnya, tetapi beri waktu agar panas dari catokan menghilang terlebih dulu.
  • Jangan lupa membersihkan alat catok setelah menggunakan, karena masih ada sisa –  sisa residu dari produk pelindung rambut yang Anda gunakan yang tertinggal pada alat catok.

Tidak hanya catok rambut saja, penataan rambut seperti hair extension dan rebonding memerlukan perawatan ekstra. Cara merawat rambut extension dan cara merawat rambut rebonding yang benar perlu diperhatikan agar rambut tetap terjaga kesehatannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba alat catok rambut sangat disarankan meneliti dengan seksama lapisan apa yang dipakai, yang juga  harus menjadi pertimbangan adalah keaslian produknya. Jangan sampai tergiur harga murah tetapi efeknya tidak baik bagi rambut.

Memang ada alat catok yang lebih murah, tetapi umumnya lapisannya terbuat dari alumunium yang kurang bagus permukaannya. Permukaan lempeng alat catok yang kurang bagus dapat menciptakan titik – titik panas tidak merata yang dapat membakar rambut Anda sehingga menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Juga sebaiknya diperhatikan frekuensi mencatok rambut agar tidak terlalu sering.

Suhu panas yang berulang dan sering bisa membuat folikel rambut rusak walaupun telah diberi produk pelindung rambut. Berilah waktu rambut Anda untuk beristirahat dari kegiatan penataan rambut sesekali, sambil merawatnya dengan manfaat pisang untuk rambut dan manfaat kopi untuk rambut.