4 Manfaat Cuci Rambut Setiap Hari dengan Sehat

Kecantikan seorang wanita tidak hanya tampak dari wajah yang cantik tapi juga dari keindahan rambutnya. Maka ada istilah rambut adalah mahkota wanita. Sebab rambut yang letaknya di atas kepala kita ini juga menjadi perhatian yang pertama dilihat orang saat bertemu. Sehingga memiliki rambut yang indah, halus, lembut, dan  bercahaya menjadi idaman setiap wanita.

Kegunaan Rambut Manusia

Rambut mempunyai fungsi yang sangat berguna bagi manusia. Rambut berperan untuk estetika, maksudnya membuat kita lebih bergaya dengan tatanan rambut tertentu. Selain itu rambut juga berfungsi untuk kesehatan, yaitu untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Rambut yang ada di kepala kita berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut, dan setiap helainya tumbuh dalam jangka waktu 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokan 50-100 helai rambut setiap hari. Namun rambut baru akan tumbuh kembali.

Untuk perawatan rambut setiap hari, tidak lupa kita untuk melakukan kebiasaan mencuci rambut atau yang sering diseb ut dengan keramas. Mencuci rambut harus menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan rambut kita, baru setelah shampo dibilas jangan lupa menggunakan kondisioner untuk melembutkan rambut. Mencuci rambut biasanya dilakukan sambil mandi pagi atau sore hari. Mencuci rambut biasanya dilakukan setiap dua hari sehari, tapi banyak juga yang mencuci rambut setiap hari.

Hanya saja ada anggapan bahwa kalau mencuci rambut tiap hari itu tidak baik dan dapat merusak rambut. Sebenarnya anggapan ini tidak salah karena penggunaan shampo yang berbahan kimia setiap hari bisa membuat rambut kering dan minyak rambut alami akan terkikis oleh shampo ini.

(baca juga : cara mengatasi rambut keringmanfaat buah alpukat untuk rambut)

Tapi tidak sepenuhnya mencuci rambut tiap hari akan berpengaruh buruk pada rambut kita. Sebab masih ada manfaat cuci rambut setiap hari, yaitu :

1. Untuk membersihkan rambut yang mudah kotor

Sering melakukan aktivitas di luar membuat tubuh kita juga mudah kotor terkena debu dan kotoran, tak terkecuali rambut kita. Membiarkan kotoran menumpuk di rambut bisa mengundang berbagai macam penyakit pada rambut. Hal ini tentu saja tidak ingin terjadi pada rambut kita. Rambut yang indah tidak hanya terlihat dari tatanan rambutnya saja, tapi kondisi rambut yang bersih juga harus menjadi perhatian kita.

Oleh karena itu, untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, seperti sering naik motor ataupun berprofesi sebagai pekerja lapangan, ada baiknya melakukan cuci rambut setiap hari. Tapi bila mencuci rambut setiap hari ada baiknya mengurangi penggunaan shampo berbahan kimia. Bisa menggunakan shampo berbahan alami atau shampo dengan bahan yang ringan, sehingga aman untuk rambut Anda. Begitu pula dengan penggunaan kondisioner berbahan kimia juga harus dikurangi. Akumulasi bahan kimia di rambut tidak sehat bagi rambut kita. Walaupun prosesnya tidak langsung, tapi pada akhirnya dapat merusak kesehatan rambut juga.

Sponsors Link

2. Untuk mengatasi rambut lengket/lepek pada rambut berminyak

Salah satu penyebab rambut cepat berminyak adalah karena banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Asupan minyak yang terdapat pada lemak makanan yang kita konsumsi akan menyebabkan tubuh lebih banyak lagi memproduksi minyak, sehingga minyak tersebut dikeluarkan melalui pori-pori kulit tanpa terkecuali pada kulit kepala. Hal inilah yang menyebabkan rambut menjadi cepat berminyak.

Selain itu produk perawatan rambut yang di dalamnya mengandung bahan-bahan kimia yang dilengkapi dengan lemak untuk memberikan kelembaban bagi rambut, dapat memberikan dampak produksi minyak di rambut juga semakin meningkat. Kandungan hormon dalam tubuh dan kebiasaan kita yang terlalu sering menyisir juga menjadi pemicu rambut berminyak. Sebab kondisi menyisir rambut yang terlalu sering memicu kulit kepala mengeluarkan minyak secara berlebihan.

Rambut yang berminyak ini membuat rambut terasa lengket atau lepek, sehingga rambut tidak tampak indah mengembang. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan kita. Selain itu rambut yang berminyak akan lebih mudah menangkap kotoran. Untuk mengatasi rambut yang lepek atau lengket ini maka rambut butuh dicuci lebih sering. Cucilah rambut setiap hari untuk mengurangi produksi minyak di kulit kepala sehingga rambut tidak lengket atau lepek lagi. Tapi yang perlu diingat cuci rambut dengan shampo yang ringan untuk menjaga rambut tidak mudah rusak.

3. Untuk mengatasi rambut yang berketombe

 Yang dimaksud ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Biasanya ketombe berupa kotoran bintik-bintik putih di rambut atau lapisan kulit yang mengering dan mengelupas. Rambut yang berketombe dapat merusak penampilan kita karena bintik-bintik putih itu bisa terlihat bahkan sampai jatuh ke baju kita terutama baju berwarna gelap akan tampak terlihat jelas. Selain itu ketombe juga sering membuat kita merasa gatal. Bila kita sering menggaruk kepala kita yang berketombe justru akan menyebabkan infeksi di kulit kepala kita.

Ketombe disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kulit kepala mengalami kepanasan (di bawah terik matahari, penggunaan hair dryer, dan memakai penutup kepala saat rambut masih basah), waktu keramas masih ada sisa shampo saat membilas, factor konsumsi makanan yang kurang zat besi dan vitamin B, ataupun bisa karena stres.

Jadi ketombe bukan disebabkan oleh kulit kepala yang kotor, tapi apabila kulit kepala jarang dicuci maka akan menambah penumpukan kulit kepala yang terkelupas. Sehingga dengan mencuci rambut yang berketombe setiap hari akan membantu membersihkn ketombe di rambut. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan shampo ataupun kondisioner khusus anti ketombe sehingga dapat lebih cepat membersihkan ketombe di rambut.

(baca juga : cara menghilangkan ketombemanfaat jeruk nipis untuk rambut)

4. Untuk membasmi kutu rambut

Kutu rambut merupakan sejenis parasit penghisap darah yang bisa hidup di bagian kepala. Memiliki rambut yang berkutu menyebabkan kita jadi kurang percaya diri dalam berpenampilan. Karena rambut yang berkutu membuat kepala gatal dan telur-telur kutu akan tampak putih-putih di rambut bahkan kutu-kutu yang berjalan di rambut kadang terlihat dari mata kita. Penyebab kutu rambut bersarang di kepala adalah Karena bersinggungan dengan orang lain yang sudah mempunyai kutu di rambutnya. Selain itu kurangnya menjaga kebersihan kepala juga dapat memicu timbulnya kutu rambut.

Maka untuk membasmi kutu rambut ini rajinlah cuci rambut setiap hari, agar rambut jadi bersih dan kutu tidak betah lagi di kepala. Selain itu semakin sering cuci rambut maka kondisi kepala akan tetap bersih dan secara alamiah kutu akan berkurang sedikit demi sedikit. Untuk Anda yang mempunyai kutu di rambut, lebih baik lagi jika cuci rambut dilakukan setiap sore dan setelah keramas bisa langsung membersihkan kutu dan telurnya dengan menggunakan sisir khusus untuk pencari kutu yang dinamakan sisir serit. Kalau mencuci rambut dengan cara seperti ini, niscaya jumlah kutu akan berkurang secara signifikan.

(baca juga : cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya)

Bahan Alami untuk Sampo

ads
Tapi yang perlu diingat jika Anda memiliki masalah rambut seperti di atas dan harus mencuci rambut setiap hari adalah sebaiknya menggunakan shampo ataupun kondisioner  yang berbahan ringan agar rambut tidak mudah rusak terkena bahan-bahan kimia yang banyak terkandung di dalam shampo.  Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mencuci rambut sehingga rambut aman dan tetap bersih setiap hari tanpa ada efek samping yang dapat merusak rambut.

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai shampo di antaranya :

  • Teh

Kafein pada teh dapat menguatkan batang rambut sehingga membuat rambut jadi tebal, menghilangkan ketombe, dan mengurangi keluarnya minyak berlebih.

Caranya :

Seduh teh hitam dengan  air panas, lalu didinginkan kira-kira 30 menit. Setelah dingin, gunakan sebagai shampo sambil melakukan pijatan-pijatan lembut. Lalu bilas dengan air bersih.

(baca juga : manfaat air teh untuk rambut)

  • Bir

 Protein gandum yang terkandung di dalam bir dapat melapisi, menumbuhkan dan memperbaiki rambut yang rusak.

(baca juga : manfaat alkohol untuk rambut)

Caranya :

Panaskan bir terlebih dahulu, diamkan sampai suhu hangat. Basahi rambut dengan air, lalu tuangkan bir hangat dan gunakan sebagai sampo. Setelah itu, bilas rambut dengan air suam-suam kuku.

  • Cuka apel

Cuka apel dapat meremajakan rambut dan mengembalikn kilau alami rambut.

(baca juga : manfaat cuka apel untuk rambut)

Caranya :

campur 1/3 cangkir cuka apel dengan 950 ml air ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan rambut dengan campuran cuka apel sampai habis. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

(baca juga : manfaat telur untuk rambutmanfaat seledri untuk rambut)

Jadi buat Anda yang punya masalah dengan rambut seperti yang telah diulas di atas, Anda harus mencuci rambut setiap hari. Tapi bila tidak ada masalah dengan rambut, sebaiknya Anda mencuci rambut dua hari sekali saja, agar kelembaban alami di rambut tetap terjaga dan rambut juga tidak mudah rusak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 05:42 Oleh :
Kategori : Rambut