10 Manfaat Cuka Untuk Rambut – Cuka Apel dan Cuka Putih

Kalau Anda suka makan bakso, pasti Anda tak lupa untuk menambah rasa dengan menuangkan sedikit cuka ke dalam mangkok bakso. Sehingga rasa bakso kuah menjadi lebih sedikit asam segar. Memang selama ini kita mengenal cuka sebagai pemberi rasa asam dan aroma pada masakan. Tapi ternyata cuka yang ada di pasaran tidak hanya cuka putih yang banyak di jumpai di warung bakso. Jenis cuka sebenarnya banyak hanya saja cuka putih ini yang paling murah dan banyak dijual toko kelontong. Sedangkan jenis cuka yang lainnya tergolong mahal dan hanya dijual di tempat tertentu seperti supermarket, seperti cuka anggur merah, cuka anggur putih, dan cuka apel.

Cuka ini merupakan salah satu jenis asam karboksilat yang paling sederhana. Komposisi dari cuka adalah asam asetat atau asam cuka (acetic acid), asam amino (amino acid), zat gula (saccharides), vitamin B1 dan B2. Manfaat cuka ternyata tidak hanya sebagai pemberi rasa dan aroma pada masakan saja, tapi cuka bisa digunakan untuk bahan pengawet, antiseptik dan desinfektan. Selain itu dari segi kesehatan, cuka dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol, menormalkan gula darah bagi penderita diabetes, dan sebagai kontrol diet. Tapi siapa sangka kalau cuka juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut juga.

Cuka Putih

Cuka putih dibuat dengan cara penyulingan dari alkohol. Cuka ini memiliki tingkat keasaman sebesar 5%. Sehingga cuka putih rasanya keras dan tajam. Untuk perawatan rambut, cuka putih memiliki khasiat sebagai berikut :

  1. Membuat rambut menjadi halus dan berkilau

Anda pastinya menginginkan rambut yang halus dan berkilau. Tapi seringnya melakukan aktivitas di luar rumah membuat rambut sering terpapar sinar matahari, yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasi Anda bisa menggunakan cuka putih. Caranya, campur 1 sendok mkan cuka dan 2 sendok makan air putih ke dalam mangkok. Kemudian aduk hingga merata. Gunakan ramuan ini sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Diamkan selama 3 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Baca juga : manfaat anggur untuk rambut)

  1. Membersihkan rambut

Saat keramas seringkali kali kita kurang bersih saat membilas. Tapi dengan manfaat cuka untuk rambut bisa membuat rambut lebih bersih, karena cuka bisa membersihkan sisa sampo dan kotoran yang masih menempel di rambut. Caranya sama dengan di atas, yaitu dengan menambahkan cuka ke dalam air yang digunakan untuk membilas rambut setelah keramas dengan sampo.

  1. Membasmi telur kutu rambut

Kutu rambut yang menempel di rambut seringkali sulit dibersihkan. Telur-telur ini bila menetas akan menambah banyak kutu di rambut. Hal ini tentu saja mengganggu penampilan kita. Untuk mengatasinya, gunakan cuka putih untuk melepas telur-telur kutu yang menempel di rambut. Cuka ini juga berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membersihkan bakteri dan jamur di kulit kepala. Cara menggunakannya adalah :

  • balurkan cuka ke seluruh bagian kepala hingga merata
  • Lalu tutup kepala dengan shower cap agar kutu tidak loncat ke luar
  • Diamkan selama 30 menit
  • Kemudian buka shower cap dan sisir rambur dengan menggunakan sisir serit yaitu sisir khusus untuk kutu rambut
  • Telur-telur yang lengket di rambut dapat dengan mudah terlepas dari rambut
  • Kemudian keramas dengan sampo biasa hingga bersih
  • Lakukan ini secara rutin hingga kutu dan telurnya bersih dari rambut

(Baca juga : cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya)

  1. Cuka putih dapat menghilangkan ketombe

Cuka mengandung antiseptik dan anti jamur yang dapat menghilangkan ketombe di rambut. Caranya, campur cuka dengan air dengan perbandingan 2:1 (air lebih banyak dari cuka). Gunakan campuran ini sebagai sampo saat keramas. Setelah di ratakan di seluruh rambut, diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan seminggu sekali hingga ketombe hilang dari rambut. (Baca juga : manfaat pepaya untuk rambut)

  1. Cuka putih dapat mengatasi kulit kepala berminyak.

Cuka bisa menormalkan tingkat pH alami di kulit kepala, sehingga efektif bagi Anda yang memiliki jenis kulit kepala yang cenderung berminyak. Caranya sama dengan di atas yaitu dengan menggunakan campuran cuka dan air untuk keramas. (Baca juga : manfaat kulit apel untuk rambut)

Cuka Apel

Cuka apel tidak seperti cuka putih yang mudah didapat di toko-toko kelontong.  Cuka apel bisa didapat di supermarket tertentu. Dalam pemakaiannya cuka apel biasa dipakai untuk penambah rasa pada hidangan salad. Cuka apel ini merupakan hasil fermentasi dari sari apel. Pada saat proses fermentasi, sari apel diberi ragi. Ragi yang dipakai dalah ragi dengan bakteri baik yang menghasilkan alkohol. Air dari hasil fermentasi inilah yang digunakan untuk membuat cuka. Manfaat yang dikandung dari cuka apel ini lebih banyak daripada cuka putih biasa. Sebab selain asam asetat, cuka apel juga kaya akan berbagai nutrisi yaitu vitamin A, B, C, E, natrium, kalium, kalsium, fosfor, klorida, tembaga, magnesium, dan pektin. Sehingga cuka apel banyak dipakai untuk mengobati berbagai penyakit juga.

Untuk perawatan rambut, cuka apel dapat dimanfaatkan sebagai :

1. Dapat membuat rambut berkilau

Untuk menghasilkan rambut yang berkilau, setelah keramas cuci rambut dengan cuka apel juga. Caranya dengan mencampur ½ sendok makan cuka apel dan 1 gelas air dan bilas rambut dengan campuran cuka tersebut. Setelah itu bilas dengan air dingin. Anda juga bisa menggunakan campuran cuka apel dengan air hangat sebagai kondisioner alami untuk menghasilkan rambut yang lebih bersinar. (Baca juga : manfaat conditioner rambut)

2. Membuat rambut lebih halus

Asam alpha-hydroxy yang terkandung di dalam cuka apel dapat meningkatkan kualitas rambut Anda. Sehingga dengan mencuci rambut menggunakan cuka apel dapat membuat rambut lebih halus dan menutup kutikula rambut. (Baca juga : cara melembutkan rambut)

3. Membantu pertumbuhan rambut

Nutrisi yang terkandung di dalam cuka apel merangsang folikel rambut sehingga rambut menjadi cepat tumbuh. Oleh karena itu cucilah rambut dengan cuka apel yang dicampur dengan air untuk meningkatkan volume rambut. (Baca juga : manfaat alkohol untuk rambut)

4. Dapat mengatasi ketombe

Cuka apel yang memiliki sifat anti bakteri dan jamur ini dapat membantu mengatasi ketombe, gatal-gatal dan infeksi kulit. Anda bisa mencampur larutan cuka apel dengan air sebelum keramas dan melakukan pemijatan agar cuka apel meresap dalam kulit kepala. Bisa juga dengan cara mencampur satu sendok teh cuka apel ke dalam sampo untuk keramas. (Baca juga : penyebab kulit kepala gatal dan bentol)

5. Mengatasi rambut rontok

Rambut yang rontok bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati. Untuk itu Anda bisa menggunakan campuran cuka apel dengan gula merah. Lalu gunakan campuran cuka apel dengan air untuk membilasnya, dan setelah itu bersihkan rambut dengan air. Anda juga bisa memasukkan cuka apel yang dicampur air ke dalam alat penyemprot. Semprotkan cuka apel tersebut ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok ataupun rambut yang menipis. (Baca juga : cara mengatasi rambut rontok –  cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak)

Selama ini cuka apel juga banyak dipakai untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan cara mengonsumsinya setiap hari. Untuk menjaga kesehatan rambut pun, Anda tidak hanya menggunakan cuka apel di rambut tapi dapat juga meminumnya. Caranya minum segelas air putih yang dicampur dengan satu sendok makan cuka apel. Untuk mengurangi rasa asam bisa ditambahkan madu. Bila diminum secara teratur dapat meningkatkan stamina tubuh dan juga untuk meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat rambut.

Dengan mengetahui manfaat cuka terhadap rambut ini, jangan lupa gunakan cuka putih yang ada di dapur Anda untuk perawatan rambut. Atau bisa juga dengan menyediakan cuka apel untuk kesehatan rambut sekaligus kesehatan tubuh Anda.