5 Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe

Siapa sih yang tidak tahu garam? Pastinya semua sudah tahu yang namanya garam, yang dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap untuk masakan kita sehari-hari. Garam ini adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin karena mengandung natrium klorida (NaC1) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya dalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

Dengan rasa asin yang dihasilkan ini, maka garam dipakai untuk membuat rasa makanan yang dimasak menjadi ada rasa asin. Selain itu garam juga dapat berfungsi sebagai pengawet makanan yang alami, seperti untuk ikan menjadi ikan asin. Bahkan dari segi kesehatan, garam yang mengandung yodium ini dapat mencegah penyakit gondok.

Kegunaan Garam untuk Rambut

Tapi siapa sangka, garam ini ternyata punya khasiat juga untuk kecantikan wajah dan rambut, karena garam berfungsi sebagai exfolitor atau pembersih alami. Penggunaan garam untuk perawatan kulit wajah yaitu bisa untuk scrub wajah, menghilangkan jerawat, bahkan sebagai pelembab bibir. Sedangkan untuk perawatan rambut, garam bisa dipakai untuk membersihkan ketombe di rambut. Dari segi kesehatan, ketombe adalah serpihan atau sisik yang berasal dari sel kulit mati pada kulit kepala yang kemudian rontok atau melekat pada rambut. Yang memicu timbulnya ketombe di rambut adalah jamur yang disebut pityrosporum ovale.

(Baca juga : manfaat air teh untuk rambut, manfaat seledri untuk rambut)

Pada dasarnya kulit kepala setiap orang memiliki jamur jenis ini. Tapi pada kadar normal keberadaan jamur tidak akan merugikan kita. Tapi bila jumlahnya berlebihan, maka itulah yang menimbulkan tumbuhnya ketombe di rambut. Tumbuhnya ketombe di rambut seringkali mengganggu penampilan kita. Sebab ketombe seringkali menyebabkan gatal dan rambut pun juga terlihat ada bintik-bintik putihnya. Sehingga untuk mengatasi rambut yang berketombe, banyak orang yang membeli produk shampo khusus untuk rambut ketombe.

(Baca juga : manfaat telur untuk rambut, manfaat jeruk nipis untuk rambut

Tapi kalau anda mau coba mengatasi ketombe secara alami, bisa menggunakan garam yang pastinya selalu ada di dapur. Sebab garam mengandung kristal abrasive yang bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Maka manfaat garam untuk rambut berketombe adalah :

1. Dapat menyerap kelebihan minyak di rambut

Salah satu penyebab timbulnya ketombe adalah karena rambut yang mengeluarkan minyak secara berlebihan. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat menjadi kering, menebal dan jadi fragmen dalam bentuk ketombe. Selain itu keringat yang keluar secara berlebihan akibat aktivitas fisik atau cuaca panas, dapat menyebabkan timbulnya ketombe, apalagi bila Anda tidak keramas sesering mungkin.

Sponsors Link

Garam mempunyai kandungan mineral yang dapat menyerap kelebihan minyak, termasuk di rambut juga. Jadi pemakaian garam di rambut tidak hanya menyerap kelebihan minyak di rambut, tapi juga dapat menghilangkan ketombe.

2. Untuk menjaga kelembaban di rambut

Kulit kepala yang terlalu kering akan membuat sel-sel kulit mati dan mengalami pengelupasan yang berlebihan. Hal inilah yang bisa membuat timbulnya ketombe di rambut. Garam yang didiamkan di udara terbuka makin lama makin berair. Sehingga bila garam dioleskan di kulit kepala, maka garam akan mengeluarkan cairan juga. Sehingga cairan dari garam inilah yang akan membantu menjaga kelembaban kulit kepala sehingga tidak berketombe.

3. Untuk meningkatkan sirkulasi kulit kepala

Kulit kepala yang sehat adalah kulit kepala yang sirkulasinya lancar. Sebab bila sirkulasi kurang baik maka akan terjadi penumpukan sel-sel kulit mati yang mengelupas dan menimbulkan ketombe.

Garam mengandung banyak sekali mineral, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Mineral sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. Sehingga pemakaian garam di rambut dapat memberi nutrisi untuk kulit kepala sehingga memperlancar sirkulasinya. Dengan sirkulasi yang baik di kulit kepala, maka dapat membantu mengatasi ketombe di rambut.

4. Dapat mencegah pertumbuhan jamur di kepala

Salah satu yang memicu timbulnya ketombe adalah jamur yang disebut Pityrosporum Ovale. Jamur ini sebenarnya terdapat pada kulit kepala setiap orang. Pada kadar yang normal keberadaan jamur ini tidak akan merugikan kita, tetapi pada  pada jumlah yang berlebihan akibat beberapa hal seperti kurang menjaga kebersihan rambut atau produksi minyak yang terlalu banyak maka ketombe bisa timbul.

Kandungan mineral yang ada di dalam garam dapat mencegah pertumbuhan jamur ini secara berlebih di kulit kepala. Sehingga bisa mencegah berkembangnya ketombe di rambut.

5. Mempercepat pengelupasan sel kulit mati

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa sel-sel kulit mati yang menumpuk di kuli kepala inilah yang dapat menimbulkan terjadinya ketombe.

Garam yang dioleskn di kulit kepala dapat membantu mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga bisa terhindar dari ketombe di rambut.

(Baca juga : manfaat cuka apel untuk rambut)

Cara menghilangkan ketombe di rambut secara permanen dengan menggunakan garam adalah :

  1. Basahi rambut terlebih dahulu.
  2. Sediakan garam yang telah dibuat scrub dan ambil secukupnya kira-kira segenggam tangan.
  3. Lalu digosokkan pada kulit kepala secara merata dan perlahan sambil dipijat-pijat secara lembut.
  4. Diamkan selama 10-15 menit supaya kandungan garamnya bisa meresap ke dalam kulit kepala.
  5. Setelah itu cuci rambut sampai bersih dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan gunakan shampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala anda serta jangan lupa untuk menggunakan kondisioner. Bilas rambut sampai bersih dari sisa-sisa shampo dan kondisioner.

ads
Untuk menghilangkan ketombe di rambut ini selain dengan garam saja, juga bisa dibuat ramuan garam yang dicampur dengan air kelapa hijau. Caranya adalah :

  1. Siapkan sebuah kelapa hijau dan satu sendok teh garam
  2. Ambil kelapa hijau dan buatlah lubang di atas pada buahnya seperti anda hendak meminum air kelapanya.
  3. Kemudian masukkan satu sendok teh garam ke dalam air kelapa melalui lubang tersebut.
  4. Diamkan di luar ruangan selama semalaman.
  5. Setelah semalaman, air garam yang telah bercampur dengan air kelapa telah siap digunakan.
  6. Pada malam menjelang tidur, oleskan pada kulit kepala anda hingga ujung rambut secara merata
  7. Pijat-pijat dengan lembut kulit kepala anda yang telah diolesi ramuan tadi kemudian bungkus kepala dengan handuk yang bersih.
  8. Biarkan semalaman dan keesokkan paginya baru rambut bisa dicuci bersih dengan shampo dan gunakan juga kondisioner untuk mendapatkan hasil rambut yang lembut.

(Baca juga : cara menghilangkan ketombe)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya lakukan perawatan rambut dengan garam ini secara rutin hingga rambut bersih dari ketombe. Setelah rambut terbebas dari ketombe, bisa melakukan hal ini sekali-kali saja sekitar sebulan sekali atau dua kali saja hanya untuk menjaga kebersihan kulit kepala. (Baca juga : manfaat alkohol untuk rambut, manfaat buah alpukat untuk rambut)

Tips menghindari Ketombe Rambut

Tapi ketombe yang telah bersih biasanya bisa muncul lagi bila faktor-faktor penyebabnya tidak dihindari.  Jadi yang paling penting kita juga harus tahu apa yang menyebabkan timbulnya ketombe itu, yaitu :

  • Banyaknya penggunaan produk rambut

Banyaknya merk dan jenis shampo, kondisioner maupun produk perawatan rambut lainnya yang beredar di pasaran sering kali tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala kita. Karena tiap merk produk memiliki kandungan bahan yang berbeda-beda yang mungkin ada salah satu bahan pembuatnya tidak cocok dengan kulit kepala kita. Bahkan banyaknya produk shampo, kondisioner dan produk perawatan rambut sering kali membuat kita ingin mencoba-coba setiap produk yang baru keluar di pasaran, sehingga hal ini pun bisa memicu timbulnya ketombe.

(Baca juga : bahaya cat rambut)

  • Kepanasan

Penggunaan hair dryer atau kerudung kepala akan membuat kondisi kulit kepala menjadi panas yang bisa membuat sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer dan gunakan kerudung berbahan yang lembut dan nyaman di kulit kepala.

  • Cuaca panas

Sama seperti faktor karena kepanasan seperti di atas, cuaca yang panas terik juga bisa memicu munculnya ketombe

  • Adanya sisa shampoo

Pada saat keramas jangan lupa untuk membilas rambut sampai benar-benar bersih dari sisa shampo, karena sisa shampoo ini yang bisa berkembang menjadi ketombe

  • Makanan

Ternyata makanan pun mempengaruhi kondisi kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B untuk menjaga kesehatan kepala.

  • Stres

Kondisi psikologis ternyata tidak hanya berpengaruh pada kesehatan badan tetapi juga pada kecantikan rambut. Keadaan stres ini bisa memicu timbulnya ketombe di rambut. Maka dari itu bila anda tindak ingin ketombe muncul lagi, cobalah untuk menghindari faktor-faktor penyebabnya seperti di atas. (Baca juga : cara merawat rambut agar cepat panjang)

Jadi buat yang ingin tampil cantik dengan rambut tanpa ketombe bisa dicoba ramuan alami dengan garam ini. Selain murah dan bahan selalu ada di rumah, pastinya juga mudah untuk dicoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 07:18 Oleh :
Kategori : Rambut