6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Memanjangkan Rambut Dengan Alami

Tanaman berwarna hijau dengan bentuk yang unik ini tentu sudah tidak asing lagi bukan? Terutama untuk para wanita yang sangat memperhatikan kesehatan dan kecantikan rambutnya dengan perawatan alami. Ya, lidah buaya memang sering dimanfaatkan untuk rambut. Lidah buaya  memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya manfaat lidah buaya untuk memanjangkan rambut. Selain itu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan pun cukup beragam.

Lidah buaya juga memiliki manfaat lainnya yang dapat membantu anda mewujudkan impian memiliki rambut indah. Apa saja itu? Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat lidah buaya, anda bisa langsung saja simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Mencegah Rambut Patah

Rambut panjang yang anda harapkan tidak bisa didapatkan jika rambut anda rontok atau mudah patah. Demi rambut panjang nan indah, tentunya anda harus mampu mencegah keadaan rambut patah. Cara alami yang bisa anda lakukan sebagai cara mencegah atau cara mengatasi rambut patah yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat membuat rambut awet muda dan teksturnya menjadi elastis. Sehingga jika teksturnya lebih elastis maka rambut pun tidak akan mudah patah.

2. Menyuburkan Rambut

Selain sehat dan indah, tentu anda juga ingin rambut subur bukan? Tidak perlu membeli vitamin mahal, untuk menyuburkan rambut anda bisa menggunakan lidah buaya. Menyuburkan rambut dengan menggunakan lidah buaya cukup simple dilakukan. Anda hanya tinggal menyiapkan lidah buaya secukupnya. Kemudian ambil bagian dagingnya saja dan buat jus. Oleskan jus lidah buaya pada rambut anda dengan merata. Tunggu sekitar 10 menit baru anda bisa mencuci rambut sampai bersih. Dengan begitu, selain mendapatkan manfaat lidah buaya untuk memanjangkan rambut, rambut anda juga akan lebat dan indah.

3. Menutrisi Kulit  Kepala dan Rambut

Lidah  buaya dapat menutrisi kulit kepala dan rambut. Untuk mendapatkan nutrisi lidah buaya bagi kulit kepala dan rambut, anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai masker atau kondisioner. Menggunakannya dengan teratur dapat membuat rambut lebih berkilau. Selain itu, lidah buaya juga tidak meninggalkan residu pada kulit  kepala. Setelah anda selesai mencuci rambut, cobalah gunakan gel lidah buaya untuk memijat rambut selama beberapa menit. Kemudian bilas rambut hingga benar-benar bersih.

4. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi permasalahan yang sering dialami oleh wanita.  Nah, agar rambut panjang anda tetap sehat dan indah, maka sangat penting untuk mencegah rambut rontok. Cara mencegah rambut rontok bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Selain mencegah rambut rontok, lidah buaya juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Dalam lidah  buaya terkandung enzim-enzim yang fungsinya sebagai stimulator pertumbuhan rambut.

5. Mengurangi Sebum

Sebum merupakan zat berminyak yang dengan alami dihasilkan oleh tubuh. Zat berminyak ini disekresikan oleh kelenjar rambut. Jika diproduksi dalam jumlah yang normal, sebum memiliki manfaat yang baik yaitu memberikan kelembaban alami pada kulit kepala. Hanya saja, jika produksinya berlebihan dan menyatu dengan kotoran yang terdapat pada kulit kepala maka akan membentuk ketombe. Ketombe dapat membuat folikel rambut rusak dan mengganggu pertumbuhan rambut.

Untuk mengurangi produksi sebum anda bisa memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya yan memiliki sifat antibakteri mampu membantu mengurangi produksi sebum dan membantu folikel rambut agar bebas dalam menghasilkan sel-sel baru yang berguna untuk pertumbuhan rambut baru.

6. Kesehatan Kulit Kepala

Selain memiliki manfaat lidah buaya untuk kulit, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Di dalam lidah buaya terkandung  asam amino dan enzim proteolitik yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan  proses pertumbuhan rambut menjadi lebih meningkat. Untuk mendapatkan rambut panjang yang indah, anda bisa memanfaatkan lidah buaya.  Enzim proteolitik juga dapat memperbaiki kerusakan sel kulit kepala. Jika kesehatan folikel dapat terjaga dengan baik, maka secara tidak langsung  pertumbuhan rambut juga akan meningkat.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk memanjangkan rambut. Dan di bawah ini adalah cara memanjangkan rambut dengan menggunakan lidah buaya.

  • Langkah pertama, silahkan siapkan lidah buaya secukupnya. Kemudian bersihkan duri lidah buaya dan ambil gelnya.
  • Setelah itu, oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata pada seluruh kulit kepala anda. Oleskan juga pada bagian rambut, lalu pijat perlahan.
  • Diamkan selama kurang lebih setengah jam. Jika sudah, anda bisa langsung membilasnya degan menggunakan air hingga bersih.

Selain cara di atas, anda bisa memanjangkan rambut dengan menggunakan lidah buaya dan campuran minyak zaitun agar lebih maksimal. Berikut ini cara membuat masker lidah buaya dan minyak zaitun untuk memanjangkan rambut.

  • Siapkan 3 buah lidah buaya segar. Lalu cuci sampai bersih.
  • Ambil bagian daging lidah buaya dengan menggunakan sendok.
  • Simpan lidah buaya pada wadah dan tambahkan minyak zaitun sekitar 3-4 sendok makan. Campurkan keduanya sampai merata. Jika sudah, masukan ke dalam kulkas agar dingin.
  • Setelah itu, cuci rambut anda sampai bersih dan tunggu hingga kering. Aplikasikan gel lidah buaya pada rambut dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Terakhir anda bisa membilas rambut hingga bersih.

Demikian cara mudah menggunakan lidah buaya untuk memanjangkan rambut. Agar hasilnya maksimal, anda bisa melakukan perawatan tersebut dengan rutin.