7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Perawatan Rambut

Selama ini kita mengenal madu sebagai asupan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Madu berupa cairan yang menyerupai sirup tetapi lebih kental. Rasa manis dari madu ini dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Sehingga madu juga sering dijadikan campuran bahan minuman maupun makanan. Madu tidak hanya baik dikonsumsi sehari-hari, tetapi juga baik untuk merawat kesehatan di luar tubuh kita, seperti untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya produk sampo yang menggunakan campuran madu di dalam komposisi produknya.

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, yaitu  beragam vitamin, protein, antioksidan alami, antibakteri, antiseptik dan nutrisi lainnya yang berkhasiat.  Maka tidak heran kalau bahan alami ini digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Jadi kalau Anda sudah biasa minum madu untuk menjaga kesehatn tubuh, Anda juga bisa memanfaatkan madu untuk merawat rambut Anda.

Adapun manfaat madu untuk rambut serta cara memakainya adalah :

  1. Madu dapat menyuburkan rambut

Madu mengandung antioksidan sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu madu juga mengandung emolien yang fungsinya untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut dapat cepat panjang dan terlihat lebat.

Caranya dengan membuat masker rambut dari madu adalah dengan mencampur 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak zaitun Oleskan campuran madu dan minyak zaitun tadi pada rambut dan kulit kelapa secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. (Baca juga : manfaat cuci rambut setiap harimanfaat selederi untuk rambut)

  1. Madu dapat melembabkan rambut

Madu dapat mencegah hilangnya kelembaban dari kulit kepala Anda. Selain itu dengan kandungan gulanya yang tinggi dapat membantu mempertahankan kelembaban rambut sehingga tidak kering dan kusam.

Rambut kering bisa diatasi dengan membuat masker madu dengan cara mencampur madu dengan yogurt atau madu dengan santan kelapa. Gunakan campuran masker ini di rambut secara merata sebelum keramas.  Cara lainnya adalah dengan mencampur 2 sendok makan madu, 1 sendok makan jus lemon dan 3 sendok makan minyak zaitun. Panaskan ramuan tersebut dan aduk hingga merata. Setelah ramuan itu dingin oleskan di kulit kepala hingga ke ujung rambut sambil dipijat-pijat dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu. (Baca juga : manfaat air beras untuk rambut)

  1. Madu dapat mengatasi ketombe

Ketombe yang ada di rambut akan mengganggu penampilan kita, karena rambut akan menjadi kotor dan kulit kepala terasa gatal.  Madu memiliki antibakteri dan antiseptik sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat menjaga kulit kepala kita bersih dan bebas bakteri.

Sponsors Link

Maka masalah ketombe bisa diatasi dengan menggunakan madu. Caranya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis yang dipotong menjadi dua, lalu dilumuri dengan madu. Gosokkan jeruk nipis dan madu tersebut pada kulit kepala secara merata. Sambil dipijat-pijat agar meresap ke dalam kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu keramas dengan sampo. Bilas hingga bersih dan tidak tersisa bekas samponya karena sisa sampo ini juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. (Baca juga : cara menghilangkan ketombemanfaat jeruk nipis untuk rambut)

  1. Madu dapat mengatasi rambut rontok

Kandungan antioksidan pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut terutama mencegah rambut dari kerontokan. Kalau kerontokkan rambut dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya kebotakkan. Buat Anda yang mengalami kerontokan, tentu tidak ingin hal ini dibiarkan terus.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat masker madu yang dicampur dengan minyak zaitun dan bubuk kayu manis. Caranya siapkan panci kecil dan masukkan1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan bubuk kayu manis. Panaskan ketiga bahan tersebut di atas api kecil sampai tercampur rata. Setelah dingin oleskan campuran tadi pada kulit kepala secara merata sebelum mandi. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan sampo hingga bersih. (Baca juga : manfaat buah apel untuk kesehatan rambutmanfaat ginseng untuk rambut)

  1. Madu dapat mengatasi rambut patah dan bercabang

Masalah rambut patah maupun bercabang seringkali dialami oleh orang yang berambut panjang. Hal ini tentu saja dapat merusak keindahan rambut. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan masker madu di rambut. Sebab madu mengandung beragam vitamin yang dapat menutrisi rambut kuat, tidak mudah patah dan tidak bercabang.

Cara membuatnya adalah campurkan 3 sendok makan madu ke dalam putih telur dari 1 butir telur yang telah dipisahkan dari kuning telur. Kemudian aduk ramuan tersebut hingga merata. Setelah itu oleskan masker campuran madu dan putih telur itu ke seluruh bagian rambut hingga merata sambil dipijat-pijat agar meresap. Kemudian diamkan selama 30 menit dan setelah itu bilas rambut dengan menggunakan sampo. (Baca juga : penyebab rambut bercabangcara merawat rambut agar tidak bercabang)

  1. Madu dapat menjadikan rambut berkilau dan bercahaya.

Aktivitas di luar rumah menyebabkan rambut sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari inilah yang dapat meyebabkan rambut mudah rusak dan kehilangan kilaunya. Tapi dengan menggunakan madu sebagai kondisioner alami, rambut Anda dapat terjaga kilaunya.

Cara untuk membuat kondisioner dari madu yaitu campurkan 1 sendok makan madu, satu buah jeruk nipis yang diperas, dan air hangat secukupnya. Taruh di wadah yang bersih lalu aduk semua bahan hingga rata. Sebelum memakai ramuan tadi, keramas dahulu dengan sampo seperti biasa. Setelah itu rambut dibilas dengan air bersih. Dengan kondisi rambut yang masih basah, segera siram campuran tadi pada rambut sampai rata sambil dipijat-pijat di kulit kepalanya. Biarkan kondisioner alami dari madu itu di rambut tidak perlu dibilas lagi hingga rambut kering. (Baca juga : manfaat kulit apel untuk rambutmanfaat anggur untuk rambut)

  1. Madu membuat rambut lebih bersih.

ads
Pada saat keramas seringkali sampo masih kurang bersih dibilas. Sisa sampo yang tertinggal di rambut bisa membuat rambut tidak sehat, seperti timbulnya ketombe. Oleh sebab itu untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan membuat air madu. Caranya, sediakan segelas air putih dan campurkan 1 sendok teh madu ke dalam gelas tersebut. Lalu diaduk hingga rata. Gunakan air madu ini sesudah keramas dengan sampo. Setelah air madu dioleskan pada rambut keringkan dengan handuk.

(Baca juga : cara melembutkan rambutmanfaat mengkudu untuk rambut)

Cara Memilih Madu Asli

Dengan banyaknya khasiat madu membuat permintaan konsumen akan madu pun semakin meningkat. Tetapi sayangnya semakin banyak juga pemalsuan madu untuk mendapatkan keuntungan. Untuk itu kita  perlu mengetahui mana madu yang asli dan yang palsu. Madu palsu dalam arti komposisi madu aslinya sedikit dicampur dengan gula dan bahan-bahan lainnya sehingga terkesan madu asli 100%. Apabila kita terlanjur membeli mdu palsu tentu saja khasiatnya sudah berkurang bahkan juga bisa membahayakan tubuh. Karena dalam pembuatannya madu palsu dengan proses pemanasan, yang menyebabkan unsur-unsur baik di dalam madu menjadi berkurang.

Cara membedakan madu asli atau palsu bisa dengan melakukan salah satu metode pengetesan berikut :

  1. Tuang sedikit madu ke sendok, lalu panaskan sendok tersebut di atas lilin. Ciri madu yang asli adalah madu asli akan berbuih dan meluber hingga keluar sendok. Sedangkan madu palsu meskipun bergejolak tapi tidak akan pernah luber dari sendok.
  1. Tuang madu ke dalam gelas sebanyak 1/4 gelas lalu masukkan kuning telor saja yang telah dipisahkan dari putihnya ke dalam gelas tersebut. Kalau madu asli kuning telur akan terlihat seperti matang dan menggumpal. Kalau madu palsu kuning telur tidak berubah sama sekali sama seperti saat dimasukkan ke dalam gelas.
  1. Merasakan rasa madu. Ciri madu yang asli adalah selain rasanya manis tapi terasa asamnya juga. Rasa asam dari madu asli akibat dari adanya tingkat keasaman di dalam madu asli yaitu sekitar 3,4-6,1 pH. Tapi kalau madu palsu rasanya lebih manis dibanding rasa asamnya, karena madu palsu biasanya menambahkan gula biasa.
  1. Menguji madu dengan cara memasukkan ikan mentah ke dalam botol berisi madu dan tutup supaya tidak ada udara yang masuk ke botol. Setelah 2 minggu periksa ikan di dalam botol tersebut. Kalau madunya asli maka ikan berubah bentuknya menjadi lebih kecil dan warnapun menjadi pucat, tapi ikan tidak menimbulkan bau busuk. Tetapi bila madunya palsu akan terlihat ukuran ikan tidak mengalami perubahan tetapi warnanya menjadi agak kehitaman dan mengeluarkan bau yang busuk.

Penggunaan madu asli untuk perawatan kesehatan rambut tidak memberi dampak negatif terhadap tubuh kita. Oleh karena itu saat membeli madu ada baiknya membeli di tempat peternakan madu, atau melakukan metode pengetesan madu seperti telah disebutkan di atas.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 22nd, May 2016 / 05:25 Oleh :
Kategori : Rambut