10 Manfaat Mengkudu Untuk Perawatan Rambut

Tanaman mengkudu, atau noni, pace atau nama latinnya morinda citrifolia berasal dari daerah Asia Tenggara. Selain bermanfaat untuk bahan obat – obatan, biasanya juga digunakan untuk sayur dan rujak di beberapa daerah kita. Buah yang penampilannya kurang menarik dan sering dianggap berbau tak sedap karena baunya yang menyengat ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat dalam kesehatan dan kecantikan.
Dalam buah mengkudu terdapat banyak sekali nutrisi yang berguna bagi tubuh, karena mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi dan kerusakan tubuh, agar fungsi sistem tubuh dapat bekerja secara semestinya. Dengan tubuh sehat, aliran darah lancar, demikian pula dengan kondisi kulit dan rambut kita.

1. Untuk mengatasi kerontokan rambut

Mengkudu bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya mengkudu dicampur dengan kuning telur bebek secara merata, oleskan ke rambut lalu diamkan selama beberapa menit lalu di keramas dengan sampo, hingga baunya hilang dan kepala bersih kembali. Campuran ini akan berbau kurang sedap. Jadi Anda harus membilasnya sengan seksama hingga aromanya hilang dari rambut.

(Cara mengatasi kerontokan rambut lainnya yaitu: manfaat jeruk nipis untuk rambut, manfaat hair mask untuk rambut, cara mencegah rambut rontok parah)

2. Untuk menghilangkan ketombe

Mengkudu yang sudah matang dihaluskan lalu di oleskan merata ke kulit kepala. Setelah beberapa menit, kemudian cuci dan bilas dengan sampo.

(Tips menghilangkan ketombe lainnya , baca juga: cara menghilangkan ketombe)

3. Untuk membasmi kutu

Rambut yang berkutu sangat mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Selain itu resiko tertular atau menularkan sangat tinggi, bahkan bisa membuat kulit kepala terluka karena digaruk. Khasiat anti bakteri dan anti virus dari buah mengkudu manjur untuk mengusir kutu dari kulit kepala. Buah mengkudu yang telah di jus bisa digunakan untuk keramas secara teratur hingga kepala bersih dari larva dan telur kutu.

(Baca juga: cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, manfaat alkohol untuk perawatan rambut)

4. Menghitamkan rambut

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut legam bak iklan sampo, mengkudu dapat dicampurkan dengan beberapa lembar daun pandan (7 lembar)  yang sudah direbus dengan air sampai mendidih. Setelah didiamkan semalam, lalu rebusan daun pandan baru dicampur dengan mengkudu dan aplikasikan ke rambut kemudian bersihkan dengan keramas setelah beberapa menit.

(Tips menghitamkan rambut lainnya, baca juga: cara menghitamkan rambut secara alami, manfaat seledri untuk rambut, cara menghitamkan rambut)

5. Digunakan untuk keramas

Buah mengkudu juga bisa digunakan pada rambut sebagai alternatif pengganti sampo untuk keramas. Ambil beberapa buah yang sudah matang, lalu diblender sampai halus dan peras airnya. Gunakan airnya untuk keramas. Lakukan secara berkala saja, sebagai selingan untuk perawatan rambut.

(Baca juga: manfaat cuci rambut setiap hari)

Kandungan Zat Dalam Mengkudu Yang Bermanfaat

1. Terpenoid

Yaitu zat yang berperan dalam membantu pemulihan sel – sel tubuh dan proses sintesa organik dalam tubuh. Dalam hubungannya dengan perawatan rambut, ini berarti khasiatnya dapat membantu perbaikan pertumbuhan rambut, karena juga akan memperbaiki kondisi sel pada kulit kepala yang bisa disebabkan karena sering terkena bahan kimia.

(Baca juga: cara merawat rambut rebonding agar awet, cara merawat rambut agar cepat panjang, )

2. Scopoletin

Berfungsi memperbaiki pembuluh darah yang menyempit, yaitu membuatnya kembali melebar seperti semestinya. Maka zat ini juga berperan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, khususnya ke kulit kepala, yang berguna untuk kelancaran pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Terutama kulit kepala yang sering menerima perawatan dengan bahan kimia.

(Baca juga: bahaya smoothing rambut, bahaya rebonding rambut, bahaya cat rambut)

3. Selenium

Zat anti oksidan yang ada di dalam buah mengkudu ini berfungsi melindungi tubuh dari serangan bakteri penyebab gangguan kesehatan, meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan tingkat kekebalan yang baik, tubuh akan mudah menangkal serangan radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Rambut yang merupakan bagian dari tubuh kita, juga bisa mempunyai kekebalan dari radikal bebas tersebut yang menyebabkan kerusakan.

(Baca juga: manfaat garam untuk rambut berketombe, manfaat almond untuk rambut)

4. Buah mengkudu juga memiliki manfaat antiseptik

Berasal dari kandungan zat anti bakterinya, salah satunya berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya, mengkudu berkhasiat mengobati peradangan kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur.

(Baca juga : penyebab kerusakan pada rambut, manfaat cuka apel untuk rambut)

5. Vitamin B3

Membantu memperlebar pembuluh darah kapiler sehingga aliran darah ke kulit kepala menjadi lancar.

(Baca juga: cara meluruskan rambut secara alami, penyebab rambut keriting)

Sebelum menggunakannya untuk perawatan rambut, ada kiat tertentu untuk memilih buah mengkudu yang tepat. Yang biasanya digunakan adalah buah yang sudah matang. Buah yang belum matang tidak mempunyai khasiat yang maksimal. Tanda buah yang sudah matang yaitu warna buah kuning atau keputih-putihan dan mengilap, bulatan-bulatan yang terdapat di kulit buah sudah tidak terlalu menonjol dan hampir rata dengan kulit buahnya.

Efek Samping Mengkudu

Jika Anda ingin memaksimalkan efek mengkudu bagi perawatan rambut, bisa saja dengan mengonsumsi buah mengkudu ini untuk diminum. Akan tetapi, di balik semua khasiatnya yang luar biasa, penggunaan mengkudu haruslah dalam batas aman sesuai dosis yang dianjurkan. Jika berlebihan, dapat menimbulkan efek samping seperti berikut ini:

  • Menaikkan tekanan darah
  • Menyebabkan penyakit ginjal, karena kandungan kaliumnya yang tinggi akan membebani kinerja organ ginjal.
  • Menyebabkan penyakit jantung dan hati
  • Kemungkinan dapat menyebabkan keguguran
  • Juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya bersamaan dengan obat – obatan medis.

Dosis yang tepat untuk penggunaan mengkudu ini sangat tergantung dengan berbagai faktor seperti usia, tingkat kesehatan, jenis penyakit yang diderita dan sebagainya. Sebaiknya jika ingin menggunakannya untuk perawatan dari dalam tubuh (diminum) tanyakan dosis yang tepat kepada dokter atau ahli herba, agar Anda terhindar dari efek samping seperti diatas. Selamat mencoba perawatan dengan mengkudu ini, ya.

Jangan lewatkan tips perawatan lainnya untuk tubuh : cara mengatasi betis besar, cara menjaga penampilan diri wanita, cara melembutkan telapak tangan yang kasar