6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak dan Bayi

Rambut, mahkota di kepala kita. Merupakan kebanggaan apabila kita memiliki rambut yang sehat, tebal dan berkilau. Untuk mendapatkan kondisi tersebut harus dipelihara sejak masa kanak-kanak, agar rambut mendapat nutrisi yang cukup untuk tumbuh sehat dan bagus. Pertama-tama, faktor genetis menentukan warna serta tebal tipisnya rambut sejak kanak-kanak. Folikel atau selubung akar rambut sudah terbentuk sejak dalam kandungan. Sebelum usia setahun biasanya rambut bayi akan rontok dan berganti dengan rambut permanen.

Walaupun kondisi rambut anak ditentukan oleh faktor genetis, namun faktor luar juga dapat mampengaruhi kondisinya. Misalnya sinar matahari dan kekurangan gizi bisa menyebabkan rambut anak kering, tipis dan merah. Lalu bisa juga dari faktor hormon endrogen ibu, yang membuat bayi baru lahir memiliki rambut lebat. Namun setelah fase rambut sementara berakhir, rambut aslinya sendiri akan mulai tumbuh. Perawatan pada rambut dan kulit kepala sangat penting untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat.

Jenis-jenis Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah lama dikenal penggunaannya. Minyak ini didapat dari buah pohon zaitun (olea europaea) yang banyak tumbuh di mediterania dan sekitarnya. Warna buahnya bulat hijau ketika masih mentah, berubah kekuningan jika sudah mulai matang. Beberapa jenis minyak zaitun yaitu:

  1. Extra Virgin Olive Oil: dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun dan tanpa melalui proses kimia sehingga kandungan nutrisi dan vitaminnya masih tinggi.  Warnanya kehijauan, dengan aroma adn rasa yang jauh lebih tajam dari jenis lainnya. Mengandung antara lain vitamin A,C dan E.
  2. Virgin Olive Oil: hasil ekstraksi atau perasan kedua dari buah zaitun. Warnanya kuning kehijauan. Diambil dari buah yang mempunyai tingkat kematangan dan keasaman lebih tinggi.
  3. Refined Olive Oil: Minyak jenis ini dihasilkan dari olahan berbagai macam jenis minyak zaitun. Dalam proses pembuatannya menghilangkan semua rasa, warna dan aromanya sehingga memiliki kandungan asam lemak yang sangat rendah.  Aroma dan rasa lebih ringan daripada extra virgin.
  4. Pomace Olive Oil: Dihasilkan dari residu minyak yang tersisa saat proses pembuatan. Campuran dari refined dan virgin olive .

Khasiat umumnya dari  zaitun ini adalah:

  • Minyaknya digunakan untuk pijat
  • Daunnya bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika diminum karena mengandung polifenol dan oleic acid
  • Menghilangkan kerutan pada wajah
  • Mengurangi jerawat serta bekas jerawat
  • Untuk perawatan rambut, dll.

Yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi minyak zaitun sebagai perawatan rambut. Minyak zaitun sebagai sarana perawatan rambut sangat berguna. Seperti diketahui, walaupun faktor genetik lebih berperan menentukan kondisi rambut anak, namun perawatan eksternal juga menentukan kesehatan rambut anak. Rambut pun harus dirawat sejak dini agar tumbuh sehat. Anak – anak pun bisa mempunyai beberapa masalah pada rambutnya karena faktor-faktor eksternal tersebut. Minyak zaitun bisa mengatasi masalah rambut pada rambut anak, seperti:

Sponsors Link

1. Rambut rontok

Pada bayi usia sampai 6 bulan, biasanya rambut akan mengalami kerontokan karena berganti dengan rambut permanen. Kerontokan rambut masih normal jika di bawah 100 helai per hari. Jika melebihi itu, penyebabnya bisa macam – macam, antara lain karena anak tidak sehat, atau mengalami kekurangan gizi yang berpengaruh pada kekurangan nutrisi pada kulit kepalanya. Minyak zaitun mencegah produksi hormon DTH yang menyebabkan kerontokan karena mempengaruhi pembentukan folikel rambut dan menghalangi proses tumbuhnya rambut baru.

Cara mengatasinya : campur 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan minyak zaitun, oleskan ke kulit kepala,  lalu bilas. Untuk mengatasi rambut rontok secara umum, baca juga: cara mengatasi rambut rontok, cara merawat rambut rontok dan kering, manfaat hair mask untuk rambut)

2. Kerak pada kulit kepala

Biasanya terjadi pada bayi sebagai bawaan hormon androgen dari ibu selama dalam kandungan. Kerak ini akan rontok sendiri, namun untuk membantu perontokannya dapat mengoleskan sedikit minyak zaitun ke kepala bayi dan memijatnya perlahan sebelum dimandikan. (Baca juga: penyebab kulit kepala gatal dan bentol, manfaat alkohol untuk rambut)

3. Ketombe

Ketombe juga bisa terjadi pada anak. Terjadi karena keringat berlebih yang mengakibatkan penumpukan minyak serta kotoran di kulit kepala. Cara mengatasinya: minyak zaitun bisa dicampurkan dengan air dan perasan lemon secukupnya, lalu di pijatkan ke kulit kepala biarkan selama 20 menit baru di keramas. Lakukan beberapa minggu sekali. (Baca juga: cara menghilangkan ketombe, manfaat jeruk nipis untuk rambut)

4. Kutu rambut

Ini masalah yang lumayan sering terjadi pada tiap anak. Bisa terjadi karena tertular, karena itu hindari meminjam sisir ataupun peralatan rambut lainnya. Cara mengatasinya : cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit rambut lalu diamkan beberapa menit. Ini bertujuan untuk membasmi telur – telur kutu dan membuat kutu menjadi lemas. Sesudahnya bisa langsung dibilas. Bisa dilakukan setiap hari selama seminggu. (Baca juga: cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat, cara menghilangkan kutu)

Sponsors Link

5. Rambut bercabang dan kering

Kadang rambut anak tumbuh menjadi bercabang di ujungnya. Biasanya juga berwarna kemerahan. Cara merawatnya : yaitu cukup mengoleskan minyak ke kulit kepala hingga ujung rambut, biarkan beberapa menit lalu bilas. Bisa juga dicampur dengan telur. (Baca juga: penyebab rambut bercabang, cara merawat rambut agar tidak bercabang, cara melembutkan rambut, cara mengatasi rambut kering, manfaat telur untuk rambut)

6. Rambut tipis

Setelah rambut sementara rontok, terkadang rambut yang tumbuh lebih tipis daripada sebelumnya. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang bisa melindungi keratin, menghilangkan kotoran di kulit kepala yang menghalangi pertumbuhan sel rambut baru. Untuk mengatasinya: dilakukan hot oil treatment yaitu  dengan memanaskan minyak zaitun cukup hingga hangat saja, lalu bisa dicampurkan dengan minyak jarak atau tea tree oil. Pijatkan ke seluruh rambut dan kulit kepala, lalu bilas setelah 30 menit. (Baca juga: manfaat seledri untuk rambut, cara menghitamkan rambut)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai perawatan dengan minyak zaitun yaitu:

  1. Minyak zaitun yang digunakan adalah jenis Extra Virgin Olive Oil, karena kandungannya yang masih murni cocok untuk perawatan rambut.
  2. Minyak zaitun bisa menimbulkan noda. Pakai penutup kepala, kaus lama atau handuk untuk menutupi pakaian yang dikenakan agar tidak terkena tumpahan atau tetesannya.
  3. Gunakan secukupnya, tidak lebih dari beberapa sendok. Kelebihan pemakaian akan menyebabkan minyak sulit dibersihkan dari rambut.

(Untuk tips perawatan rambut lainnya, baca juga: cara merawat rambut smoothing agar tahan lama, cara merawat rambut agar cepat panjang, manfaat cuka apel untuk rambut, bahaya smoothing rambut)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 08:58 Oleh :
Kategori : Rambut