10 Penyebab Rambut Bercabang dan Rontok Parah Paling Penting

Ada begitu banyak masalah rambut yang bisa terjadi pada siapapun tanpa terkecuali. Beberapa masalah rambut yang sangat mengganggu diantaranya adalah rambut bercabang dan kerontokan parah. Ada banyak penyebab rambut bercabang dan rontok yang bisa terjadi karena gaya hidup tidak sehat, pola makan yang buruk dan juga beberapa faktor lingkungan yang menyebabkan kesehatan rambut mengalami gangguan. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawaran rambut, ada baiknya anda juga mengetahui dengan pasti hal apa saja yang menjadi penyebab masalah rambut tersebut sehingga bisa melakukan langkah pencegahan dan juga perawatan terbaik untuk mengatasi masalah rambut tersebut seperti ulasan lengkap yang akan kami berikan pada artikel kali ini.

  1. Terkena Sinar Matahari Berlebihan

Sinar ulltraviolet yang dihasilkan oleh matahari tidak hanya bisa menghitamkan warna kulit, menjadi penyebab penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit, namun juga berbahaya untuk rambut. Sinar ultraviolet terlalu berlebihan bisa merusak kutikula rambut dan menghilangkan kilau alami dari rambut dan menjadi penyebab rambu bercabang dan rusak. Selain itu, kelembaban alami kulit dan juga nutrisi rambut akan berkurang dengan drastis sehingga akhirnya menjadi penyebab rambut kering, merah, bercabang dan kemudian rontok.

  1. Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Berbagai bahan kimia yang terdapat dalam produk bleaching rambut, shampo, krim catok, krim keriting rambut dan juga cat rambut akan meningkatkan stres pada rambut sebab memaksa rambut untuk bisa beradaptasi dengan bahan kimia tersebut yang sebetulnya mengandung racun berbahaya. Ini mengakibatkan akar rambut semakin lemah dan menjalar ke seluruh bagian rambut sehingga menghilangkan warna hitam alami rambut, menyebabkan rambut patah, kering, bercabang dan juga rontok sehingga cara mencegah rambut bercabang harus segera dilakukan.

  1. Kebiasaan Menyisir Rambut Saat Basah

Salah satu hal yang sering dilakukan wanita khususnya yang selalu sibuk dalam keseharian adalah menyisir rambut yang sudah di keramas dalam keadaan rambut yang masih basah. Apabila ini termasuk kebiasaan yang sering anda lakukan, maka hasilnya rambut akan semakin kusut dan lebih gampang patah, penyebab rambut bercabang dan juga rontok.

  1. Panjang Rambut Terlalu Berlebihan

Rambut yang panjang terurai memang terlihat sangat indah, akan tetapi apabila ujung bagian rambut jarang di potong sebanyak 2 cm setiap 3 bulan sekali, maka ini yang menjadi penyebab rambut kering karena nutrisi yang di dapat pada akar rambut tidak bisa mengalir hingga ke bagian ujung rambut. Beban rambut yang terlalu berat tersebut juga akan mengakibatkan akar rambut semakin melemah dan akhirnya timbul kerontokan serta rambut bercabang.

  1. Mencuci Rambut Terlalu Sering

Mencuci rambut memang menjadi kebiasaan baik untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menempel pada rambut. Akan tetapi jika dilakukan terlalu sering seperti setiap hari, maka akan mengakibatkan kutikula rambut kehilangan kelembapan alami karena minyak alami pada rambut dan kulit kepala akan berkurang dan akhirnya menjadi penyebab hilangnya kilau alami rambut, meningkatkan risiko kerontokan rambut, penyebab rambut gatal, membuat ujung rambut bercabang dan juga menimbulkan gesekan batang rambut dengan zat kimia pada shampo yang mengakibatkan kekeringan rambut sehingga rentan pada rambut bercabang.

  1. Asupan Nutrisi Tidak Mencukupi

Apabila tubuh kekurangan berbagai nutrisi penting, maka tidak hanya kesehatan tubuh saja yang terganggu, namun juga terjadi pada rambut. Kekurangan asupan gizi yang terjadi terus menerus akan menghilangkan ketahanan rambut sehingga mudah rontok, penyebab kulit kepala gatal dan bercabang serta menghilangkan kilau alami rambut anda. Meningkatkan beberapa mineral dan vitamin seperti zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan juga protein menjadi solusi terbaik untuk mencegah kerusakan rambut.

  1. Tidak Memakai Vitamin Rambut

Hal ini sering disepelekan banyak wanita dalam urusan merawat rambut khususnya bagi wanita yang sering melakukan hair styling seperti catok, keriting, rebonding dan sebagainya. Tidak menggunakan vitamin rambut yang bagus ini juga menjadi penyebab beberapa kerusakan rambut seperti berketombe, bercabang, rontok dan juga patag.

  1. Berganti Merk Shampo

Berbagai iklan di media cetak, internet dan juga televisi dimana banyak produk shampo yang menawarkan atau menjanjikan kehebatan berbeda beda membuat banyak orang seringkali mengganti produk shampo yang sudah biasa mereka gunakan dengan produk baru karena tergiur dengan iklan tersebut. Namun perlu diketahui jika kebiasaan berganti shampo ini juga mengakibatkan penumpukan sisa shampo di kulit kepala yang akhirnya akan berubah menjadi ketombe dan merusak kesehatan rambut secara menyeluruh seperti bercabang, patah dan juga kerontokan parah.

  1. Kebiasaan Mengikat Rambut Saat Tidur

Entah karena terlalu lelah karena beraktivitas seharian penuh atau memang karena kebiasaan. Para wanita juga seringkali tidur di malam hari dengan keadaan rambut masih terikat. Kebiasaan buruk ini membuat rambut tidak bisa bernafas dengan bebas dan tidak punya kesempatan untuk memperbaiki tekstur serta kesehatan rambut itu sendiri. Tekanan terlalu keras karena ikatan rambut tersebut sehingga akhirnya menyiksa kutikula rambut dan timbul kerontokan, rambut bercabang dan mudah patah.

  1. Kurang Asupan Cairan

Kurang minum air putih tidak hanya mengganggu kinerja tubuh saja, namun dehirasi yang terjadi karena kurang minum air putih juga mengakibatkan keelastisitasan rambut semakin berkurang dan akhirnya timbul masalah pada rambut seperti rambut bercabang, kering, patah dan mudah rontok. Manfaat minum air putih sebelum tidur merupakan kebiasaan baik untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Beberapa penyebab rambut bercabang dan rontok yang sudah kami berikan diatas sebaiknya dihindari dan di cegah agar tidak menimbulkan banyak masalah rambut yang tentunya akan mengurangi keindahan tampilan anda secara menyeluruh. Selain menghindari beberapa kebiasaan buruk diatas, perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi untuk menjaga kesehatan rambut anda.