22 Penyebab Rambut Berminyak dan Cara Mengatasinya

Rambut yang sehat dan indah membuat seorang wanita tampak semakin cantik memesona, terlebih lagi jika rambutnya berwarna hitam legam dan jatuh dengan sempurna. Dalam ritual perawatan kecantikan, selain merawat kulit wajah dan tubuh, rambut wanita juga mendapat perhatian utama. Masalah rambut seperti berketombe, rambut bercabang, dan berminyak sangat dihindari dan tidak diinginkan, karena rambut adalah salah satu faktor penting dari cara menjaga penampilan diri wanita.

Ciri – Ciri Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak ditandai dengan kondisi rambut yang tampak mengkilap. Hanya saja kondisi rambut yang mengkilap itu tidak berkilau dengan sehat, melainkan tampak kusam dan lengket. Walaupun sudah keramas, rambut akan tetap terasa licin dan lengket, sulit memisahkan helai – helainya dan selalu terasa lembab, tidak kering.

Mengapa Rambut Menjadi Berminyak ?

Rambut yang berminyak juga dapat mempengaruhi penampilan wajah. Kulit wajah juga bisa terlihat kusam dan berminyak karena minyak yang berasal dari rambut. Kotoran dan debu akan cepat menempel pada rambut yang lengket karena minyak. Kulit kepala mengeluarkan minyak berlebih karena terjadi ketidakseimbangan pada aktivitas kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum. Sebum yaitu lapisan lilin minyak pada kulit. Sebum yang berlebih inilah yang menyebabkan kulit kepala berminyak. Untuk merawat rambut berminyak dengan tepat, perlu diketahui dengan pasti apa saja penyebab rambut berminyak, seperti berikut :

1. Jarang Keramas

Jadwal keramas yang tidak teratur atau jarang akan membuat rambut semakin kotor dan malahan membuat minyak makin menumpuk di kulit kepala. Frekuensi keramas yang cukup adalah dua hari sekali, dan hal ini harus dilakukan secara rutin. Apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan atau memakai kerudung. Manfaat cuci rambut setiap hari juga bisa dilakukan, terlebih kalau aktivitas sedang tinggi.

2. Salah Memakai Sampo

Pemakaian sampo yang tidak cocok untuk rambut juga dapat memancing kondisi rambut menjadi berminyak. Pemilihan sampo yang tepat untuk rambut sangat penting karena bahan yang terkandung di dalamnya juga dicocokkan dengan keadaan rambut Anda.

3. Mengikat Rambut Saat Basah

Mungkin karena terburu – buru, Anda sering mengikat rambut saat masih basah sehabis keramas. Tindakan ini justru akan membuat minyak makin banyak timbul di kulit kepala, karena jika diikat rambut tidak bisa bernapas dan terkena udara segar supaya kering. Kulit kepala akan menjadi makin lembab dan berminyak.

4. Makanan Berlemak

Makan gorengan memang sangat menggugah selera, apalagi banyak pedagang yang menjual makanan ini di mana saja. Begitu pula dengan makanan yang bersantan atau berkadar lemak tinggi. Bila kondisi kulit asli sudah berminyak, makan makanan yang digoreng atau bersantan dan mengandung kolesterol tinggi hanya akan menambah produksi minyak pada tubuh. Kelebihan minyak ini akan dikeluarkan melalui pori – pori tubuh, termasuk kulit kepala.

5. Sering Mengecat Rambut

Sering terekspos bahan kimia dapat menjadikan rambut semakin berminyak, karena produk cat rambut biasanya mengandung bahan untuk melembabkan rambut. Namun jika jenis rambut pada dasarnya adalah berminyak, bahan yang berasal dari cat rambut itu hanya akan menambah minyak pada kulit kepala. Waspadalah pada bahaya cat rambut bagi kesehatan.

6. Proses Penataan Rambut

Sering menata rambut dengan suhu tinggi, misalnya mengeriting dan meluruskan, rebonding, smoothing, dan hair extension bisa juga memperparah kondisi minyak di kulit kepala. Hal itu terjadi larena kulit kepala bereaksi terhadap trauma kecil pada kulit kepala, misalnya karena banyak ditarik – tarik dan mengalami suhu panas tinggi. Penyebab rambut bercabang juga salah satunya karena terlalu banyak ditata menggunakan suhu tinggi. Kalau ingin melakukan proses penataan rambut, Anda perlu mempertimbangkan apa saja bahaya hair extension, bahaya rebonding rambut, dan bahaya smoothing rambut.

7. Sinar Matahari dan Polusi

Pakailah topi  atau pelindung kepala jika akan beraktivitas di tempat yang terpapar terik matahari dalam waktu lama. Kondisi rambut Anda akan menjadi makin berminyak karena kulit kepala akan berusaha melindungi rambut yang terkena panas matahari dengan mempertahankan kelembaban kulit kepala, yang artinya memproduksi minyak lebih banyak. Sinar matahari dan polusi adalah salah satu penyebab kerusakan pada rambut.

8. Memakai Produk Rambut

Jenis rambut yang sudah berminyak tidak bisa memakai produk rambut berlebihan, karena malahan akan memancing minyak di rambut semakin banyak. Bila ingin menggunakan produk rambut seperti kondisioner, gel atau mousse untuk menata rambut, gunakanlah hanya pada daerah tengah rambut hingga ke ujung rambut.

9. Hormon

Jika kondisi rambut berminyak muncul sesekali saja, kemungkinan hal itu disebabkan oleh pengaruh hormon. Misalnya ketika menjelang siklus menstruasi, masa pubertas, penggunaan alat kontrasepsi, pemakaian obat – obatan tertentu, dan kehamilan. Pada masa – masa itu, kondisi hormon sering kali tidak stabil dan meningkatkan produksi minyak di tubuh, termasuk kulit kepala sehingga rambut jadi berminyak. Masalah hormon juga bisa menimbulkan masalah pada kulit, seperti flek hitam. Ada cara menghilangkan flek hitam akibat kb suntik dan cara menghilangkan flek hitam di hidung, serta cara menghilangkan flek hitam di wajah untuk Anda yang memiliki masalah hormon.

10. Genetik

Kondisi rambut berminyak yang berdasarkan bawaan lahir atau keturunan dalam keluarga. Kalau orang tua dan keluarga lain mempunyai riwayat rambut berminyak, Anda juga mempunyai kemungkinan yang sama untuk mempunyai jenis rambut yang berminyak. Rambut berminyak mudah mengalami masalah ketombe dan kerontokan. Cara menghilangkan ketombe salah satunya adalah dengan menggunakan manfaat cuka apel untuk rambut.

11. Stress

Pikiran yang stress juga akan memicu ketidakstabilan hormon yang akan mempengaruhi aktivitas kelenjar sebaceous. Orang yang sedang stres juga biasanya mengabaikan pentingnya menjaga penampilan, karena pikirannya tidak fokus. Misalnya tidak memperhatikan kebersihan diri yaitu jarang mandi dan keramas, yang membuat rambut menjadi berminyak.

12. Terlalu Sering Menyisir

Hindari terlalu sering menyisir rambut. Sisiran rambut yang berlebihan misalnya diulang – ulang atau terlalu sering akan memicu kulit kepala memproduksi dan mengeluarkan minyak lebih banyak dari biasanya.

Perawatan Sehari – Hari

Penyebab rambut berminyak ini akan menjadi patokan bila kita ingin mengetahui cara merawatnya agar rambut menjadi normal kembali kondisinya. Cara -cara yang dapat dilakukan sehari – hari untuk mengatasi rambut berminyak adalah :

  • Keramas Secara Teratur

Kuncinya adalah jangan malas, karena ritual keramas sudah menjadi kebutuhan untuk menjaga rambut tetap dalam kondisi bersih. Apalagi kalau rambut kita sering tertutup karena memakai kerudung atau sering berkeringat karena aktivitas tinggi.

  • Jangan gunakan kondisioner

Hindari menggunakan kondisioner karena akan membuat rambut makin berminyak. Manfaat conditioner bagi rambut memiliki efek yang melembabkan, pemakaiannya malah akan menambah minyak pada kulit kepala. Kalaupun ingin menggunakannya, pakai mulai dari tengah rambut ke bagian ujung rambut saja.

  • Gunakan sisir bergigi jarang

Sering menyisir menyebabkan minyak pada rambut makin bertambah, seperti telah disebutkan pada poin diatas. Jika ingin menyisir rambut, gunakan sisir yang bentuknya bergigi jarang supaya rambut tidak makin berminyak.

  • Keringkan rambut secara alami

Kurangi penggunaan hair dryer jika bisa. Keringkan rambut dengan diangin- anginkan sampai setengah kering dan jangan menggosok rambut untuk mengeringkannya. Jika terpaksa memakai hair dryer, gunakan suhu rendah dan jaga jarak sekitar 15 cm dari rambut, hangan biarkan hair dryer berada pada satu posisi yang terlalu lama di rambut. Juga keringkan hanya pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.

  • Keramas dengan air dingin

Bilaslah rambut menggunakan air dingin ketika keramas, dan hindari penggunaan air hangat. Air yang hangat justru akan membuat kulit kepala makin berminyak dan merontokkan rambut. Namun demikian, air hangat mempunyai manfaat lain. Manfaat air hangat untuk wajah sangat baik dalam proses perawatan wajah.

  • Makan Makanan Bergizi

Cukupi kebutuhan nutrisi kulit kita dengan makanan yang bergizi dan sangat baik untuk perawatan rambut, misalnya kacang – kacangan, sayuran hijau, ikan, dan lain – lain. Jika makanan yang kita konsumsi sudah baik gizinya dan seimbang, maka kondisi kulit kita pun termasuk kulit kepala akan menjadi sehat.

Perawatan Bahan Alami

  • Strawberry

Buah stroberi bisa membantu mengendalikan sirkulasi minyak pada kulit kepala sehingga tidak akan terjadi minyak berlebih pada rambut. Kandungan vitamin C nya juga tinggi. Buah ini bisa mempunyai manfaat hair mask untuk rambut. Caranya dengan melumatkan buah stroberi sampai halus, lalu gunakan sebagai masker rambut terutama di bagian kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air dingin atau sampo yang ringan.

  • Teh Hijau

Manfaat teh untuk rambut selain dengan menggunakan teh biasa, juga bisa menggunakan teh hijau.  Manfaat teh hijau untuk rambut salah satunya bisa membantu mengatasi masalah rambut berminyak. Cara memakainya cukup dengan menyeduh teh hijau, lalu pakai di kulit kepala dan seluruh rambut setelah dingin. Untuk kulit wajah, ada manfaat teh basi untuk wajah.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera ini sangat mudah ditemukan di halaman rumah siapa saja. Manfaat aloe vera untuk rambut salah satunya untuk mengatasi masalah rambut berminyak, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya atau aloe vera ke kulit kepala. Tunggu beberapa menit, kemudian keramas dengan sampo yang berbahan ringan. Kulit kepala akan terasa segar dan rambut berkurang kadar minyaknya. Itulah antara lain manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

  • Jeruk Nipis dan Jeruk Lemon

Manfaat jeruk nipis untuk rambut sangat baik berkat kandungan asam dan vitamin C nya. Minyak di kulit kepala bisa berkurang dan teratasi dengan membalurkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ke kulit kepala. Lakukan perawatan ini sekali seminggu saja. Bila terlalu sering, justru dapat membuat rambut menjadi kering. Jeruk lemon juga dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di kaki.

Dengan berbagai jenis perawatan di atas, hasil yang didapat memang tidak akan instan atau segera melainkan bertahap. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk melakukan perawatan yang berulang agar rambut Anda tidak memiliki masalah rambut berminyak lagi, termasuk menghindari faktor – faktor yang bisa menjadi penyebabnya.