27 Penyebab Rambut Kaku dan Kasar Wajib Dihindari

Rambut kaku dan kasar, tentu mengganggu penampilan karena rambut terlihat tidak sehat. Terutama wanita, tentunya kondisi rambut sehat serta indah merupakan sesuatu yang didambakan. Mengingat rambut merupakan mahkota buat wanita serta sangat menunjang penampilan mereka. Sehingga jangan heran jika para wanita akan panik dan segera mencari cara untuk mengatasi permasalahan pada rambutnya. Bahkan tidak jarang para wanita berani mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan rambut yag indah. Tapi tentunya perawatan yang salah justru akan menajadi penyebab rambut kaku dan kasar. Berikut penyebab lainnya yang akan membuat rambut menjadi kaku serta kasar

1.Polusi

Polusi ternyata tidak hanya tidak baik untuk kesehatan tapi juga berdampak buruk buat kesehatan rambut. Mengingat polusi yang semakin hari semakin meningkat membuat rambut akan terpapar polusi begitu saat kalian keluar dari rumah. Salah satu yang paling sering terjadi jika kalian terlalu lama berada di luar rumah yaitu membuat rambut menjadi kasar dan kaku. Sehingga sangat disarankan untuk memakai vitamin jika sering keluar rumah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Uban Dengan Kulit KentangCC Cream Untuk Kulit Berminyak

2. Sering Terpapar Sinar Matahari

Sering terpapar sinar matahari di siang hari ternyata tidak hanya tidak baik untuk kesehatan tapi juga berdampak buruk buat kesehatan rambut. Mengingat lapisan ozon yang semakin hari semakin menipis membuat rambut yang terlalu sering terpapar matahari akan merusak rambut. Salah satu yang paling sering terjadi jika kalian terlalu lama berada di luar rumah yaitu membuat rambut menjadi kasar dan kaku. Sehingga sangat disarankan untuk memakai vitamin jika sering keluar rumah.

3. Pengaruh Genetik

Penyebab selanjutnya yang paling sering menjadi penyebab ambut beruban di usia dini yaitu faktor genetik. Faktor genetik bisa menjadi penyebab timbulnya uban di usia 20an. Jika kalian mengalami hal ini, ada baiknya untuk bertanya mengenai riwayat didala keluarga. Apakah orangtua mengalami rambut beruban diusia muda, atau kake nenek karena bisa saja penyebabnya adalah faktor genetik.  Jika kalian telah mengetahui kondisi ini sejak dini, kalian bisa melakukan berbagai macam perawatan serta pencegahan untuk mencegah banyaknya uban yang muncul di usia 20an.(Baca Juga : Penyebab Wajah KusamCara Mengatasi Kulit Kusam)

4. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya bagi kesehatan rambut, merokok juga sangat tidak baik bagi tubuh kita. Merokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Dengan merokok, sama saja kita memasukkan racun-racun radikal bebas ke dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan menurunkan produksi melanin sehingga uban lebih cepat muncul. Maka tidak heran, pada kebanyakan perokok, rambut mereka akan lebih cepat beruban bila dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Namun, bagi Anda yang tidak merokok, ada baiknya untuk menghindari lingkungan perokok. Anda berpotensi menjadi perokok pasif yang ikut menghirup asap rokok yang dihasilkan oleh perokok aktif. Jadi, meskipun Anda tidak merokok tetapi ikut menghirup asap rokok sudah tentu resiko munculnya uban juga tinggi. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif.(Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok,  Manfaat Conditioner rambut)

5. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan asupan penting bagi tubuh. Tahukah Anda bahwa vitamin B12 penting untuk menjaga kesehatan kulit? Melanin yang berperan untuk mempertahankan warna rambut diproduksi di kulit. Karena itu, apabila kekurangan asupan vitamin B12 kemungkinan kesehatan kulit juga akan terganggu, dengan kata lain produksi melanin juga akan menurun. Namun perlu diketahui, kekurangan asupan vitamin B12 sangat jarang terjadi. Biasanya hati telah menyimpan cadangan vitamin B12 yang mencukupi bagi tubuh untuk digunakan beberapa tahun.(Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

7. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Hampir semua makanan cepat saji mengandung zat karsinogenik yang bersifat racun. Zat racun pada karsinogenik itulah yang akan menghambat produksi melanin dalam tubuh. Maka jangan heran, bila terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji kemungkinan besar akan lebih cepat memiliki uban.(Baca juga: Manfaat Beras Untuk Wajah)

8. Diet Tidak Seimbang

Kebanyakan orang dengan berat badan berlebih akan melakukan diet dengan cara yang salah. Biasanya mereka akan mengurangi asupan makanan secara berlebih. Akibatnya, asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh juga akan berkurang. Bahkan pada kasus tertentu, tingkatan gizi pada tubuh orang yang diet tidak seimbang akan cenderung buruk. Kurangnya asupan gizi tersebut akan berpengaruh pada rendahnya produksi melanin sehingga uban lebih cepat muncul. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Di Mata)

9. Kebiasaan Menggunakan dan Mengganti Pewarna Rambut

Sering mengganti warna rambut dan melakukan pengecatan dapat berakibat buruk pada kesehatan rambut. Bahkan, kebiasaan mengganti warna rambut juga dapat menyebabkan kulit kepala mengalami gangguan. Zat kimia yang ada dalam pewarna rambut akan merusak komposisi rambut dan juga mengikis melanin dalam rambut. Akibatnya, rambut akan cepat beruban. Tidak hanya itu, sering melakukan pengecatan pada rambut juga akan membuat rambut menjadi kusam dan bercabang.

10. Kurangnya Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Rambut dan kulit kepala yang kotor akan membuat bakteri dan kuman lebih nyaman bersarang dan berkembang. Akibatnya, rambut akan menjadi sarang berbagai organisme yang membuat kulit kepala dan rambut menjadi tidak sehat, sehingga produksi melanin juga menurun.(Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam , Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

11. Penggunaan Sampo yang Salah

Menggunakan sampo yang salah maksudnya ialah menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut. Sebelum melakukan pencucian dengan sampo, ada baiknya Anda mengetahui jenis rambut yang Anda miliki. Dengan menggunakan sampo yang sesuai, kesehatan rambut dan kulit kepala juga lebih terjaga sehingga munculnya uban dapat diperlambat. Menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut tidak hanya mempercepat tumbuhnya uban, kulit kepala juga akan lebih mudah berketombe, rambut juga lebih mudah berminyak. (Baca juga: Manfaat Eksfoliasi Wajah)

12. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa disebabkan oleh berbagai macam, seperti adanya gangguan tiroid, hamil, serta lain sebagainya. Berbagai faktor inilah yang membuat produksi hormon menjadi tidak menentu serta mengalami ketidakseimbangan. Saat hormon dalam keadaan tidak seimbang, maka produksi melanin pun akn ikut terganggu bahkan menurun. Inilah yang bisa menyebabkan rambut beruban di usia 20an.

13. Pencucian Rambut Terlalu Sering

Jarang mencuci rambut bisa membuat rambur rusak, tapi terlalu sering mencuci rambut juga akan merusak rambut. Mencuci rambut yang sangat sering akan membikin mineral alami didalam rambut terkikis. Salah satu yaitu mengurangi kelembaban rambut. Selain rambut yang menjadi cepat beruban, terlalu sering mencuci rambut juga bisa membuat rambut menjadi kering, kusam, serta bercabang.(Baca juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Wajah Sensitif)

14. Penggunaan Pengering Rambut Terlalu Sering

Mengeringkan rambut secara alami tentunya lebih baik daripada mengeringkan rambut memakai hair driyer. Mengingat hair dryer mengeluarkan panas yang bisa membuat rambut menjadi kering. Selain memakai pengering rambut, terlalu sering memakai catokan tidak baik buat kesehatan rambut. Baik pengering rambut atau catokan, keduanya menghasilkan panas yang akan membuat rambut kering serta berpotensi memperlemah batang rambut. Jadi lebih baik memakai vitamin sebelum menggunakan hair dryer atau catokan. (Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami)

15. Proses Rebonding serta Smoothing

Seringkali wanita maupun pria ingin terlihan prima dan tampil dengan sempurna. Salah satu cara mewujudkan dengan melakukan styling  pada rambut. Proses hair styling semacam rebonding rambut, smoothing rambut, serta memakai gel serta minyak rambut, catok rambut bahkan melakukan pewarnaan rambut menjadi beberapa andalan sebagian orang agar terlihat fresh dan gaya. Bahkan tidak jarang orang berani mengeluarkan banyak biaya untuk menata rambut.

Padahal penggunaan obat, perawatan serta alat-alat hair styling justru akan merusak rambut. Ini karena perawatan yang dilakukan tidak menggunakan bahan alami yang mengandung zat-zat yang bisa merusak bahkan membuat rambut kering. Ini karena seperti pengering rambut atau catokan, keduanya menghasilkan panas yang akan membuat rambut kering serta berpotensi memperlemah batang rambut. Jadi lebih baik memakai vitamin sebelum menggunakan hair dryer atau catokan.

Tapi lebih baik untuk melakukan  bahan-bahan alami untuk merawat rambut. Karena jauh lebih aman, dan sudah banyak bahan alami yang terbukti ampuh untuk merawat rambut.

16. Berenang

Hobi berenang tentu sangat baik buat menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit serta membuat tubuh menjadi sehat dan langsing. Tapi kandungan klorin didalam air kolam renang dapat menjadi pemicu yang menyebabkan rambut kering dan rusak. Ini dikarenakan klorin akan merusak jaringan rambut yang membuat rambut menjadi kusut serta rusak. Semakin sering kalian berenang, ini akan membuat rambut kalian semaking kering, rusak serta sulit diatur. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut , Manfaat Minyak Kelapa untuk Alis )

17. Kurang Minum Air Putih

Air putih berperan penting untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan rambut. Ini karena air merupakan pelembab yang paling penting buat menutrisi rambut serta melembabkan yang akan membuat rambut jatuh dengan alami dan lembut. Jadi jika kalian jarang minum air putih jangan heran jika rambut menjadi kering dan rusak.