15 Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Ketika kita keramas, mandi, atau menyisir, setiap hari pasti ada helaian rambut yang rontok dari kepala kita. Hal tersebut adalah proses yang normal. Tetapi, pernahkah kita memperhatikan jumlah rambut yang rontok tersebut, apakah terlihat masih dalam jumlah normal atau terlihat agak banyak daripada biasanya? Kerontokan yang tidak normal berkisar melebihi 100 helai per hari. Tentu saja tidak mungkin kita menghitung tiap helai rambut yang rontok. Yang bisa dilakukan adalah mengamati apakah rambut yang rontok setiap harinya terlihat bertambah banyak atau tidak, dan mencermati kondisi rambut kita, apakah terlihat menipis atau biasa saja.

Fase Pertumbuhan Rambut

Pertumbuhan rambut dimulai dari bagian folikel rambut. Folikel adalah akar rambut yang terletak dalam kulit kepala dan mempunyai siklus pertumbuhan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tiga fase siklus pertumbuhan rambut ini yaitu:

  • Anagen – Anagen adalah fase pertumbuhan rambut aktif yang berlangsung selama rata – rata 3-5 tahun. Pada fase anagen ini terjadi pertumbuhan rambut baru yang akan menggantikan rambut lama yang telah rontok. Sekitar 90% rambut sehat biasanya merupakan rambut dalam fase anagen.
  • Catagen – Catagen adalah fase yang disebut sebagai masa transisi  yang berlangsung dari fase anagen. Yang terjadi pada fase ini adalah penyusutan akar rambut, karena itu rambut mulai berhenti tumbuh. Sekitar 3 persen dari seluruh rambut berada dalam fase ini.
  • Telogen – Pada fase ini disebut fase istirahat, yaitu di masa ini rambut tidak tumbuh. Lama fase ini sekitar 100 hari. Setelah fase ini, fase anagen akan dimulai lagi dan pada akhir fase inilah biasanya rambut rontok, karena rambut di fase telogen akan terdorong lepas digantikan rambut baru.

Jenis Kerontokan Rambut

Pada pria, ada beberapa jenis kerontokan rambut yang bisa terjadi. Sebenarnya jenisnya sama dengan yang bisa menyerang rambut wanita juga. Jenis – jenisnya yaitu:

  • Alopecia Involusional – Rambut yang rontok masih dalam tahap normal, yaitu kerontokan rambut yang disebabkan karena sebab yang alami yaitu seiring bertambahnya usia. Para pria jangan khawatir, ada banyak cara alami menebalkan rambut yang menjadi tipis akibat kerontokan normal ini.
  • Alopecia Androgenik – Pada jenis ini rambut rontok karena kondisi genetik. Pada pria yang memiliki kondisi ini, rambut bisa mulai rontok pada usia remaja atau awal 20 tahunan.
  • Alopecia Areata – Terjadi rambut rontok pada usia anak – anak atau awal usia dewasa, dan kerontokan ini terjadi secara tiba – tiba di area tertentu pada kepala. Akibatnya bisa terjadi kebotakan menyeluruh, namun sebagian besar kasus rambut bisa ditumbuhkan kembali.
  • Alopecia Universalis – Kerontokan yang terjadi pada seluruh rambut di tubuh, biasanya diawali dengan rasa gatal atau sakit dan terdapat pitak – pitak kecil di beberapa bagian yang berlanjut kepada kerontokan seluruh bulu atau rambut di tubuh. Kerontokan menyeluruh di kepala disebut alopecia totalis.
  • Trikotilomania – Ini adalah kelainan psikologis yang membuat penderita mencabuti rambutnya sendiri, biasanya terjadi pada anak – anak.
  • Telogen Efluvium – Ini adalah kerontokan yang biasanya terjadi sesudah menderita sakit atau stres. Pada kerontokan ini yang terjadi adalah penipisan rambut secara keseluruhan dan bukan berupa pitak. Biasanya rambut terlihat rontok jika keramas atau disisir. Untuk jenis kerontokan ini, manfaat air teh untuk rambut, manfaat pepaya untuk rambut.
  • Traction Alopecia – Kerontokan ini terjadi karena pemakaian satu gaya rambut dalam waktu lama. Misalnya sering diikat ekor kuda, memakai roll rambut, dikepang atau dikonde, apa saja yang membuat rambut sering ditarik kencang – kencang.

Mengapa Rambut Pria Bisa Rontok?

ads
Rambut rontok bisa terjadi pada semua orang, termasuk pria. Bahkan tidak jarang kita melihat pria yang rambutnya terlihat sudah menipis padahal ia masih muda. Jenis Androgenetic Alopecia adalah yang paling sering terjadi pada pria. Kerontokan ini bahkan bisa bersifat permanen. Pada pria, pertanda dimulainya kerontokan rambut ini adalah garis rambut di dahi yang menurun, kebotakan pada pelipis dan puncak kepala atau ubun-ubun. Lalu apa sajakah faktor yang menyebabkan rambut pria mengalami kerontokan? Jawabannya ada pada beberapa hal berikut ini:

1. Genetika

Penyebab kerusakan rambut berupa kerontokan ini berasal dari faktor keturunan yang artinya, bila salah satu keluarga mempunyai sejarah rambut botak di usia muda, maka kemungkinan besar seseorang yang berasal dari keturunan seperti itu akan mengalami masalah kerontokan rambut yang mengarah kepada kebotakan juga.

2. Hormon

Tidak jauh berbeda dengan wanita, pria juga memiliki masalah hormon yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Kandungan hormon Dihidrotestosteron (DHT) yang tinggi memicu kerontokan rambut pada pria karena folikel rambut sensitif terhadap hormon ini.

3. Obat-obatan

Konsumsi obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Pengobatan yang bisa menyebabkan rontok adalah yang dipakai untuk antara lain penyakit artritis, depresi, gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Juga pengobatan yang dilakukan dengan metode kemoterapi.

4. Penyakit

Kerontokan rambut pada pria juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti anemia berat, diabetes, penyakit kulit, penyakit autoimun, dan kanker. Pada penyakit anemia, kekurangan darah akut tentunya akan mempengaruhi suplai oksigen dan nutrisi ke kulit kepala, karena kedua hal itu dibawa oleh darah ke seluruh tubuh termasuk ke kepala.

5. Infeksi Bakteri dan Jamur

Penyebab rambut rontok pada pria juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur di kulit kepala, terlebih bila tidak segera ditangani dengan pengobatan yang tepat. Infeksi ini bisa terjadi karena kulit kepala kotor yang jarang dibersihkan atau sering terlalu lama memakai tutup kepala sehingga kulit kepala menjadi lembab, yang memudahkan bakteri dan jamur untuk bersarang. Bila sudah diobati, rambut akan tumbuh kembali seperti biasa. Manfaat buah apel untuk kesehatan rambut berguna untuk mengatasi kerontokan ringan pada rambut pria.

6. Stres

Tekanan psikologis atau stress tingkat tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada pria. Jika penyebabnya adalah stres, biasanya kerontokan rambut akan berkurang dengan sendirinya ketika pikiran sudah tenang dan rileks kembali. Pria yang senang minum kopi bisa merawat rambutnya menggunakan manfaat ampas kopi untuk rambut.

7. Diet

Tidak hanya kaum wanita yang ingin berat badannya ideal, tetapi kaum pria juga. Diet dilakukan kaum pria dengan tujuan antara lain menghilangkan lemak di perut. Namun tidak menutup kemungkinan kalau diet yang dilakukan malah cenderung salah dan menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Padahal, ada cara menghilangkan lemak di perut secara alami. Akibatnya, suplai nutrisi ke akar rambut pun berkurang dan menyebabkan kerontokan, karena tubuh juga kehilangan daya tahan yang disebabkan kekurangan protein, zat gizi, zat besi dan nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh.

8. Proses Kimia

Pada jaman sekarang tidak hanya wanita saja yang senang menata rambut, kaum pria pun ada yang demikian. Banyak juga pria yang suka mencoba jenis perawatan rambut di salon. Namun akibatnya rambut yang terlalu sering terkena bahan kimia akan menjadi mudah rontok. Pria dapat merawat rambut dengan manfaat bahan alami seperti manfaat timun untuk rambut, manfaat lemon untuk rambut, dan manfaat kopi untuk rambut.

9.  Usia

Sejalan dengan bertambahnya usia, rambut memang akan mulai menipis. Proses penipisan rambut ini akan dimulai dari kerontokan yang bertahap. Saat mencapai usia 30 an tahun, pertumbuhan rambut mulai melambat. Beberapa folikel rambut juga akan menjadi tidak aktif sehingga ketika memasuki usia 50 tahunan jumlah folikel yang aktif di kepala akan tinggal setengahnya. Jika ini yang terjadi, cara memanjangkan rambut pria dengan cepat juga tidak akan efektif untuk dilakukan.

Perawatan Rambut Rontok Pada Pria

Seperti wanita, pria juga menganggap kerontokan rambut adalah masalah yang serius. Mereka juga merasa tidak percaya diri jika tampil dengan rambut menipis atau yang botak sebelum waktunya. Cara mencegah rambut rontok parah dan cara mengatasi rambut rontok dengan mudah pastilah dicari para pria juga untuk memelihara penampilan mereka.

Sponsors Link

Perawatan Medis

Jika kerontokan rambut pria sudah mencapai tahap yang parah dan gawat, pemilihan pengobatan medis memang yang paling cocok karena mempunyai efek lebih cepat dibandingkan perawatan alami, namun harus melalui konsultasi dengan dokter ahli terlebih dulu.

  • Lotion Minoxidil

Pengobatan untuk kerontokan ini biasanya harus dipakai selama beberapa bulan dan akan kembali botak bila perawatan dihentikan. Rambut yang baru tumbuh pun juga akan mengalami kerontokan kembali. Walaupun ditujukan bagi pria dan wanita, namun obat ini cenderung lebih efektif pada wanita dan biasanya agak mahal.

  • Tablet Finasteride

Obat ini secara spesifik menghambat produksi salah satu hormon testosteron, karena itu sangat tepat bagi pria yang mengalami kerontokan rambut. Efek samping yang sangat jarang terjadi adalah disfungsi ereksi dan menurunnya gairah seks. Obat ini harus dikonsumsi setiap hari dan hasilnya akan terlihat sekitar 4-6 bulan, tetapi jika dihentikan akan membuat penyebab rambut rontok pada pria tersebut kembali.

  • Steroid

Untuk kerontokan jenis Alopecia Areata, steroid menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan penyakit auto imun yang menimbulkan kerontokan jenis ini menyerang sistem tubuh penderitanya, maka terapi steroid bertujuan untuk menekan kinerja kekebalan tubuh penderita. Terapi ini dapat berjalan dengan dua cara, yaitu dengan suntikan atau olesan pada kulit. Akan tetapi terapi ini hanya efektif selama pengobatan dilakukan saja.

  • Transplantasi Rambut

Sebagian kecil kulit kepala yang masih penuh rambut akan diambil lalu dicangkok ke bagian yang botak, dengan melalui proses operasi yang berjeda 9 bulan hingga 1 tahun per tahap operasi. Biasanya rambut cangkokan akan tumbuh 6 bulan setelah semua proses selesai. Biaya operasi ini tergolong tinggi dan mempunyai resiko sama dengan operasi lainnya.

Perawatan Alami

Perawatan ini bisa diterapkan kepada pria yang kasus kerontokan rambutnya tidak terlalu parah, karena efek dari perawatan alami memang tidak akan terjadi secara instan melainkan perlahan dan bertahap.

  • Minyak Hangat

Perawatan ini menggunakan minyak herbal yang dipanaskan. Minyak yang bisa digunakan adalah minyak zaitun, minyak almond, minyak kemiri atau minyak kelapa. Tunggu sampai hangat, lalu pijatkan lembut ke kulit kepala secara merata. Lalu tutup kepala dengan banduk atau shower cap, kemudian bilas sampai bersih dengan cara keramas. Ada cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak bila ingin menggunakan minyak kemiri buatan sendiri. Manfaat minyak kelapa untuk alis yang berkhasiat untuk menebalkan, manfaat minyak zaitun untuk rambut anak yang akan membantu pertumbuhannya, dan manfaat almond untuk rambut yang bisa memperbaiki kerusakan.

  • Masker Rambut

Manfaat hair mask untuk rambut juga bisa mengatasi kerontokan pada rambut pria. Macam bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masker yang ditujukan untuk merawat rambut adalah beberapa bahan berikut:

Untuk mendapatkan hasil yang paling tepat, perawatan rambut rontok pada pria harus disesuaikan dengan penyebabnya yang pasti. Karena itu sebaiknya mencari tahu dulu pola kerontokan rambut yang dialami, kemudian mencari solusi perawatan yang cocok agar hasilnya juga bisa maksimal. Tidak disarankan untuk mencoba sembarang pengobatan kimia jika tidak mengetahui penyebab yang pasti dari rontoknya rambut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 16th, August 2016 / 05:05 Oleh :
Kategori : Rambut