10 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Berjilbab Yang Harus Diketahui

Menggunakan jilbab sudah menjadi keharusan untuk setiap wanita muslim di seluruh dunia dan untungnya, sekarang ini banyak wanita muslim yang sudah mulai menyadari kewajiban mengenakan jilbab tersebut. Akan tetapi, ada masalah baru yang ditimbulkan bagi wanita yang mengenakan jilbab yakni rambut rontok, berketombe dan juga lembab sehingga membutuhkan perawatan khusus. Perawatan yang dibutuhkan untuk para wanita muslim berjilbab tentunya berbeda dengan wanita lain yang tidak berjilbab. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan wanita berjilbab adalah rambut rontok yang bisa terjadi karena keadaan kepala menjadi lebih lembab karena tertutup. Selain karena masalah kelembaban, masih ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab dan akan kami ulas selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Artikel terkait:

  1. Ciput Terlalu Ketat

Ciput merupakan inner atau dalaman jilbab yang sudah tidak asing lagi bagi para wanita muslim yang berjilbab. Ciput ini digunakan sebagai pelengkap jilbab yang akan membuat tampilan hijab semakin terlihat rapi dan tetap berada pada posisinya. Akan tetapi, dalam pemakaiannya, ciput ini sering dikenakan terlalu kencang atau terlalu keras dengan tujuan agar tidak mudah terlepas dan merusak tampilan jilbab wanita muslim.

Ciput yang dipakai terlalu ketat akan membuat keadaan rambut menjadi lebih lembab dan berminyak namun sering tidak dipedulikan para wanita berjilbab. Ciput yang dikenakan terlalu ketat ini akan membuat rambut lebih cepat rusak khususnya mengalami kerontokkan. Akar rambut akan semakin banyak terlepas karena tarikkan dan ciput yang anda gunakan dan akhirnya melemahkan rambut lalu muncul kerontokkan parah.

  1. Mengenakan Jilbab Saat Rambut Basah

Banyak hijabers yang terburu-buru saat beraktivitas sehingga tidak mungkin menunggu sampai rambut kering sesudah keramas. Apabila hanya dilakukan satu atau dua kali saja, mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika ini dilakukan terlalu sering bahkan sampai setiap hari, maka akan menyebabkan rambut rontok dan timbul ketombe. Langkah terbaik adalah menunggu sampai rambut benar-benar kering untuk mencegah timbulnya ketombe, rambut rontok dan juga lembab serta gatal.

  1. Ciput Tidak Menyerap Keringat

Material ciput atau dalaman kerudung yang tidak menyerap keringat seperti bahan sutra, satin atau bahan panas lainnya juga menjadi penyebab dari kerontokkan rambut sebab area kepala akan bertambah lembab. Keadaan lembab tersebut akan membuat rambut lebih cepat berminyak sehingga akhirnya membuat kerontokkan semakin parah dan timbul ketombe. Hindari membeli ciput atau dalaman kerudung dengan harga murah namun tidak menyerap keringat. Pilih material yang terbuat dari bahan katun untuk digunakan setiap hari.

Artikel terkait:

Sponsors Link

  1. Jarang Keramas

Banyak wanita berjilbab yang cukup jarang mencuci rambut karena alasan rutinitas padat atau tidak sempat. Jarang mencuci rambut akan membuat keadaan rambut semakin kering dan kotor sehingga lebih mudah rontok. Sangat disarankan untuk lebih sering mencuci rambut dengan memakai produk perawatan untuk jenis rambut kering dan juga rontok minimal dua hari sekali dan jangan lupa untuk menerapkan kondisioner supaya rambut bisa tetap kuat dan halus.

  1. Menyisir Rambut Saat Basah

Kebiasaan menyisir atau menyikat rambut saat masih basah adalah kebiasaan buruk dan tidak sehat yang akan membuat rambut mengalami kerontokkan parah. Sesudah di keramas, akan banyak rambut yang kusut dan wanita biasanya langsung ingin menyisir rambut untuk menyingkirkan rambut kusut tersebut. Rambut yang masih basah sangatlah lembab dan menyisir akan membuat kutikula rambut sedikit terangkat sehingga akan banyak rambut yang patah sekaligus rontok. Biarkan rambut mengering secara alami seperti memakai kipas angin baru di sisir secara perlahan.

ads
  1. Tidak Mengganti Inner

Ada banyak jenis inner atau ciput sekarang ini yang seringkali digunakan para wanita berjilbab seperti contohnya ciput Arab atau bandana, ciput pet atau topi, ciput ninja, ciput tuban, bergo pendek atau inner Syria. Masalah inner ini juga sering dianggap hal tidak penting oleh wanita berjilbab. Aktivitas padat akan membuat kepala lebih sering berkeringat dan berminyak sehingga akhirnya menempel pada inner. Apabila inner tidak sering diganti, maka bakteri, minyak dan kuman akan menumpuk yang lama kelamaan akan mengganggu kesehatan rambut seperti masalah kerontokkan.

  1. Ikatan Rambut Terlalu Kencang

Untuk para wanita berjilbab yang memiliki rambut panjang, tentunya akan selalu memakai ikat rambut sebelum mengenakan jilbab. Ikatan rambut yang terlalu kencang akan memberikan tekanan berlebihan pada folikel rambut sehingga memperburuk kesehatan folikel tersebut. Tekanan pada rambut yang terlalu berlebihan juga akan mengakibatkan luka yang diikuti dengan kerusakan rambut secara permanen dan akhirnya rambut yang sudah rontok tidak dapat tumbuh kembali. Alangkah lebih baik untuk menghindari mengikat rambut terlalu kencang khususnya saat rambut masih dalam keadaan yang basah karena juga akan memicu berkembangnya jamur penyebab infeksi kulit kepala sekaligus memperparah kerontokkan rambut anda.

Artikel terkait:

  1. Terlalu Sering Keramas

Mencuci rambut memang hal baik yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan kotoran serta keringat yang menempel di kulit kepala khususnya pada rambut tertutup seperti wanita berjilbab. Akan tetapi, terlalu sering keramas memakai shampo juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Keramas akan membuat minyak alami yang ada pada permukaan rambut banyak terbuang dan akhirnya akan membuat masalah rambut rontok tidak bisa dihindari. Namun, jika keramas memang tidak bisa dihindari, maka pilihlah produk shampo yang menggunakan bahan herbal atau alami dan juga bisa memakai shampo bayi yang terbilang aman dan minim bahan kimia berbahaya. 

Sponsors Link

  1. Memakai Banyak Produk Perawatan

Meskipun selalu tertutup, namun wanita berjilbab juga pastinya tidak melupakan perawatan rambut mereka seperti hair mask, vitamin rambut, conditioner, gel dan berbagai produk perawatan rambut lainnya. Akan tetapi, terlalu sering berganti produk perawatan rambut khususnya apabila ada produk baru yang menjanjikan tampilan rambut sehat baru saja muncul hanya akan membuat rambut semakin menipis karena rontok. Berbagai bahan kimia yang digunakan dalam produk perawatan rambut hanya akan memperburuk kesehatan rambut sehingga sangat disarankan untuk berganti produk perawatan rambut terlalu sering.

  1. Tidak Melepas Jilbab dan Ikat Rambut

Sehabis beraktivitas dan sampai di rumah, banyak wanita yang tidak langsung melepas jilbab mereka dan ini menjadi salah satu penyebab rambut rontok sebab tidak ada ruang bagi rambut untuk bernafas khususnya sesudah sekian lama beraktivitas di luar ruangan. Udara lembab bercampur keringat dan kotoran yang terperangkap sekian lama dalam jilbab juga membutuhkan istirahat atau rileksasi sebanyak mungkin. Usahakan untuk segera melepas jilbab anda saat selesai beraktivitas dan tiba di rumah, supaya rambut bisa digerai dan bernapas dengan baik.

Artikel terkait:

Beberapa penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab merupakan hal yang tidak kalah penting dan harus tetap diperhatikan terutama karena keadaan rambut tertutup membuat tingkat kelembaban rambut semakin bertambah dibandingkan dengan wanita yang tidak memakai jilbab. Sebisa mungkin, hindari beberapa penyebab rambut rontok yang sudah kami uraikan diatas supaya rambut anda bisa tetap terawat keindahannya meskipun dalam keadaan yang tertutup.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 08th, September 2017 / 10:26 Oleh :
Kategori : Rambut