20 Perawatan Rambut Rusak Dengan Tepat

Bagi wanita rambut menjadi bagian dari tubuh yang harus dirawat agar selalu nampak indah. Sehingga perawatan rambut memerlukan perhatian khusus agar tidak rusak. Tetapi banyak juga orang yang tidak menyadari kalau kondisi rambutnya yang rusak. Dan pada saat kondisi kerusakan rambut yang dialami sudah dalam tahap parah, baru dilakukan perawatan secara intensif. Padahal rambut yang rusak bisa diketahui dari gejala awal yang ditimbulkannya.

Gejala rambut rusak biasanya ditandai dengan keadaan rambut yang kering, rambut yang mengalami kerontokan, ujung rambut yang bercabang, dan rambut yang tipis. Bila Anda mengalami gejala rambut rusak, sebaiknya Anda lakukan perawatan agar rambut tidak rusak semakin parah yang dapat mengganggu penampilan.

Baca Juga:

Penyebab Rambut Rusak

Sebelum kita melakukan perawatan, sebaiknya kita juga harus tahu apa saja penyebab kerusakan pada rambut. Berikut beberapa penyebab  rambut rusak yaitu :

  1. Mggunakan produk perawatan rambut secara berlebihan.Produk-produk perawatan rambut rata-rata menggunakan bahan kimia yang bisa memberi efek samping untuk rambut, yaitu membuat rambut menjadi rusak. Karena kadang kala bahan-bahan yang digunakan tidak cocok dengan jenis rambut kita.
  2. Kurang mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk rambut. Pola makan yang tidak sehat dengan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin dapat mengganggu kesehatan rambut juga.
  3. Menggunakan alat-alat kecantikan secara berlebihan. Terlalu sering menggunakan alat pengeriting rambut dan alat pengering rambut bisa memicu rambut cepat rusak. Akibat dari suhu panas yang dikeluarkan dari alat-alat pengeriting dan pengering rambut tersebut menjadi penyebab rambut kering.
  4. Mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dan merokok. Kandungan alcohol dan nikotin pada rokok secara tidak langsung tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tetapi dapat mengganggu keindahan rambut juga. (Baca Juga: Manfaat Alkohol untuk Rambut)
  5. Akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Kandungan bahan kimia dari obat yang dikonsumsi seseorang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. (Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut Pria)
  6. Pengaruh sinar matahari. Rambut yang secara langsung sering terpapar oleh sinar matahari dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. (Baca Juga: Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

Cara Merawat Rambut Rusak

Setelah mengetahui penyebab dari rambut rusak, barulah kita melakukan perawatan terhadap rambut yang rusak agar dapat kembali indah dan sehat. Berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat rambut rusak yaitu :

Baca Juga:

ads

1.Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat.

Saat ini banyak merk produk sampo dan kondisioner yang beredar di pasaran. Untuk itu pilihlah sampo dan kondisioner yang cocok dengan kondisi dan jenis rambut Anda. Bila tidak cocok, segera ganti dengan merk yang lainnya. Dengan pemilihan produk sampo dan kondisioner yang tepat menjadi salah satu cara mengatasi rambut agar tidak rontok juga.

2.Jangan keramas setiap hari.

Selain itu jangan keramas setiap hari, sebab produk sampo dan kondisioner mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan rambut rusak. Keramaslah setiap 2-3 hari untuk menjaga kelembaban dan minyak alami rambut.

3.Mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Perhatikan asupan gizi yang diperlukan untuk kesehatan rambut, dengan makan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E. Nutrisi ini sebenarnya tidak hanya baik untuk kesehatan rambut, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh juga.

(Baca Juga: Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami)

4.Gunakan sisir yang tepat.

Pakailah sisir yang ujungnya tidak tajam dan bergigi jarang, agar tidak merusak rambut saat menyisir. Selain itu hindari penggunaan sisir dengan bulu plastik agar terhindar dari kerusakan rambut dari listrik statis. Cara menyisir rambut yang baik adalah sisir dahulu bagian ujung-ujungnya untuk menghilangkan bagian rambut yang kusut. Setelah itu baru disisir dari akar rambut sampai ke ujung rambut untuk membantu penyebaran minyak alami dari rambut dan terhindar dari kerusakan rambut. (Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding)

5.Hindari menggunakan pengering rambut atau hair dryer.

Bila rambut sudah mengalami kerusakan, sebaiknya Anda menghindari penggunaan pengering rambut. Bila Anda ingin mengeringkan rambut sebaiknya keringkan secara alami dengan handuk atau diangin-anginkan saja sampai kering, baru setelah itu disisir rapi. Tapi kalaupun Anda harus menggunakan pengering rambut, atur suhunya tidak terlalu panas. (Baca Juga: Jenis Perawatan Rambut di Salon)

6.Jangan keramas dengan air panas.

Air panas dapat menghilangkan minyak pelindung di rambut, sehingga membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Kalaupun Anda ingin menggunakan air panas, atur suhu panas airnya agar jangan terlalu panas.

7.Minyak zaitun.

Kandungan vitamin A, C dan E yang ada di minyak zaitun bermanfaat untuk perawatan rambut. Dengan menggunakan minyak zaitun pada rambut secara rutin, maka masalah rambut yang rusak dapat teratasi dan sebagai cara melembutkan rambut kasar secara alami.

Cara menggunakannya :

  • Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut yang telah dicuci dan dikeringkan sebelumnya.
  • Lalu pijat secara perlahan selama 5-10 menit.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

8.Lidah buaya.

Lidah buaya sudah lama dikenal khasiatnya untuk perawatan rambut. Sehingga banyak produk sampo dan perawatan rambut lainnya yang menggunakan lidah buaya sebagai formula pembuatannya. Kandungan getah lidah buaya dapat melebatkan rambut, menghitamkan rambut serta membuat rambut lurus dan sehat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk merawat rambut rusak :

  • Belah bagian tengah lidah buaya.
  • Oleskan bagian getahnya ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Bila dilakukan rutin 2-3 kali seminggu, maka dalam waktu satu bulan Anda akan mendapatkan hasil rambut yang sehat dan tidak rusak lagi.

Khaasiat lidah buaya tidak hanya dipakai untuk perawatan rambut, tapi juga manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh.

9.Lindungi rambut dari sinar matahari.

Pengaruh dari sinar UV yang mengenai rambut secara langsung dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Karena itu bila Anda ingin melakukan aktivitas di luar rumah, lindungi rambut dan kepala dengan penutup kepala seperti topi dan payung.

10.Memotong sebagian panjang rambut.

Potonglah rambut setiap 6-8 minggu untuk membantu mengatasi rambut yang mudah rontok, ataupun sebagai cara merawat agar rambut tidak bercabang. Selain itu rambut dapat diberi kesempatan untuk tumbuh yang baru lagi. Tidak perlu selalu potong pendek, tetapi bila Anda masih menginginkan rambut panjang Anda cukup memotong sedikit ujung-ujungnya saja.

11.Putih telur.

Bila rambut rusak yang Anda alami berupa rambut kering atau rapuh, Anda bisa menggunakan manfaat putih telur untuk rambut rusak sehingga membantu melembabkan rambut Anda.

Cara menggunakan putih telur untuk rambut rusak :

  • Pisahkan putih telur ayam kampong dari kuningnya dan masukkan ke dalam wadah.
  • Basahkan rambut lalu oleskan cairan putih telur tadi ke rambut secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Lalu bilas dengan air dingin.

12.Terapi baking soda.

Terapi rambut dengan menggunakan baking soda ini berguna untuk membantu menghilangkan bekas-bekas sampo ataupun produk hair styling yang masih tertinggal di rambut. Bekas sampo yang tertinggal yang bisa menyebabkan rambut mengalami kerusakan. Selain itu baking soda juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan ketombe.

Cara melakukan terapi baking soda :

  • Campurkan 3 sendok makan soda dan air secukupnya.
  • Bilas rambut dengan menggunakan ramuan ini setelah Anda melakukan keramas dengan sampo.
  • Biarkan selama 5 menit.
  • Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Selain bermanfaat untuk rambut, baking soda juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka dan cara menghilangkan belang di wajah.

13.Madu.

Untuk merawat rambut yang rusak akibat pengaruh sinar matahari, Anda bisa menggunakan madu untuk menutrisi rambut Anda. Seperti kita tahu kandungan madu baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan. Begitu pula dengan manfaat madu untuk rambut yang dapat mengisi protein keratin pada rambut.

Cara menggunakan madu untuk rambut rusak :

  • Campurkan ½ cangkir madu dengan 1 sdm minyak zaitun dan kuning telur.
  • Oleskan campuran ini pada rambut secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit dengan menggunakan shower cap.
  • Setelah itu bilas dengan air hangat.
Sponsors Link

14.Minyak almond.

Untuk merawat rambut yang rusak karena sering mengalami kerontokan, Anda bisa mencoba menggunakan minyak almond. Manfaat almond untuk rambut terletak dari kandungan minyak almond, yang dapat memperkuat akar rambut dan menjaga kelembaban rambut.

Cara pemakaiannya :

  • Tuangkan minyak almond secukupnya ke wadah dan panaskan selama 40 detik.
  • Lalu oleskan secara merata ke rambut.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas rambut dengan sampo dan kondisioner seperti keramas biasa.

15.Jus lemon.

Khasiat lemon sangat baik untuk merawat rambut. Karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat memperbaiki rambut yang rusak.

Cara menggunakannya tidak sulit, Anda gunakan air perasan lemon ke rambut setelah bilasan akhir saat keramas. Setelah itu dikeringkan dengan handuk dan tidak perlu dibilas lagi.

Jus lemon tidak hanya baik digunakan di rambut, tapi bisa digunakan di kulit wajah sebagai cara mencegah kerutan di wajah.

16.Cuka apel.

Manfaat cuka apel untuk rambut adalah untuk rambut kering, kusam dan berketombe. Dengan cuka apel dapat membersihkan rambut dan membuat rambut menjadi halus. Cuka apel juga bisa dipakai sebagai cara mengatasi rambut bercabang.

Agar mendapatkan rambut yang melenting, Anda bisa menggunakan cuka apel yang dicampur

dengan air. Lalu bilas ke rambut secara merata. Setelah 5 menit, bilas dengan air mengalir untuk menyingkirkan bau dari cuka apel yang menyengat.

17.Beri rambut vitamin E.

Rambut memerlukan vitamin E yang cukup untuk merangsang rambut tumbuh sehat. Anda bisa menggunakan sampo yang khusus mengatasi rambut rusak atau sampo yang mengandung vitamin E. Anda juga bisa menambahkan kapsul vitamin E yang dioleskan pada rambut.

18.Gunakan kondisioner setelah keramas.

Manfaat conditioner bagi rambut adalah untuk menghaluskan rambut sehingga tidak kusut dan mudah disisir. Maka gunakan kondisioner setelah kermas dengan sampo. Diamkan dulu selama 15 menit lalu baru dibilas hingga bersih.

19.Minyak kelapa.

Terlalu banyak menggunakan bahan-bahan kimia pada rambut bisa membuat rambut rusak. Minyak kelapa dapat memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala, serta memperbaiki kerusakan pada rambut. Selain itu penggunaan minyak kelapa sebagai salah satu cara melembutkan rambut secara alami. Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa ke rambut yang rusak secara merata.

20.Siapkan rambut saat mau tidur.

Saat mau tidur perawatan rambut juga tetap dilakukan. Hal ini untuk menghindari rambut menjadi kusut. Sebelum tidur, sikat rambut dengan sisir sikat. Menyikat rambut ini juga dapat membantu menyebarkan minyak alami dari kulit kepala.

Jadi buat Anda yang memiliki masalah rambut yang rusak, cermati cara-cara di atas ya. Sehingga Anda bisa terbebas dari masalah rambut, dan memiliki rambut yang sehat dan indah bak mahkota.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 03:02 Oleh :
Kategori : Rambut