17 Merk Sampo Anti Ketombe yang Ampuh dan Efektif

Pengelupasan kulit kepala tidak akan menjadi masalah apabila hal tersebut hanya terjadi sesekali dan dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya, jika pengelupasan tersebut terjadi dalam jumlah banyak dan terus menerus, maka itu adalah pertanda bahwa seseorang sedang mengalami masalah ketombe. Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang paling mengganggu, sebab seringkali muncul terus menerus walaupun sudah menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk masalah ketombe. Ketombe tentu saja mengganggu karena menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol, serpihan kulit kepala yang berjatuhan ke berbagai arah akan membuat penderitanya malu.

Belum lagi kesan yang timbul bahwa orang yang berketombe adalah orang yang kurang peduli kebersihan. Penyebab rambut ketombe dan penyebab ketombe berkerak seringkali sulit ditentukan karena banyaknya kemungkinan, maka bagi seseorang yang berketombe biasanya upaya untuk menghilangkan ketombe dengan tuntas hanya berupa usaha yang coba – coba. solusi yang paling praktis memang menggunakan sampo anti ketombe. Akan tetapi, tidak semua sampo anti ketombe cocok untuk setiap orang.

Menghilangkan Ketombe dengan Sampo

Agar Anda dapat menghilangkan ketombe dengan sukses, maka Anda perlu memilih sampo anti ketombe yang tepat. Berikut ini adalah beberapa merk sampo anti ketombe yang bisa dipertimbangkan untuk menghilangkan ketombe dengan efektif:

1. Davines Natural Tech Purifying Shampoo

Merk ini merupakan produk sampo yang berasal dari Italia dan secara khusus dibuat dari beberapa bahan alami seperti dandelion phytoceuticals yang mengandung anti bakteri dan antioksidan yang dapat merawat kulit kepala agar kembali sehat. Bahaya kandungan paraben pada kosmetik tidak ada di dalam sampo ini, begitu juga kandungan sodium lauryl sulfate yang dapat menghilangkan kelembaban pada kulit.

2. Seba Med Antri Dandruff Shampo

Kandungan sampo ini berupa bahan aktif yang berkualitas tinggi dan PH 5.5 didalamnya yang dapat menyeimbangkan kadar keasaman kulit kepala. Sampo seba med yang bebas deterjen dan alkali bisa membersihkan rambut Anda termasuk kulit kepala, dan bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Seba Med cocok untuk cara menghilangkan ketombe dan juga cara menghilangkan ketombe membandel dengan menggunakannya selama 14 hari berturut  – turut untuk ketombe yang sangat parah.

3. L’Occitane Anti Dandruff Shampo

Merk sampo anti ketombe ini dapat menjadi cara menghilangkan ketombe yang ampuh terutama jika Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif pada kulit kepala. Selain mencegah timbulnya ketombe, sampo ini dapat menyejukkan kulit kepala dan menyehatkan serta memberi kilau pada rambut. Merk L’Occitane juga memiliki jenis shampo yang bagus untuk rambut rontok.

4. L’Oreal Instant Clear Nutrition Shampoo

Sampo ini khusus diformulasikan untuk rambut yang berketombe dan juga merupakan bagian dari perawatan rambut berwarna. Anda tidak akan sulit untuk mencari produk ini di toko terdekat, karena distribusinya sudah meluas hingga ke mana – mana. Selain untuk rambut berketombe dan berwarna, L’Oreal juga memiliki varian antara lain sampo untuk rambut mengembang.

5. Kiehl’s Scalp Purifying Pyrithione Zinc Dandruff Shampoo

Satu lagi sampo anti ketombe kelas atas dan berharga lumayan tinggi adalah Kiehl. Anda dapat mengatasi masalah ketombe yang membandel pada kulit kepala dengan menggunakan produk ini. Selain itu, Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan ketombe dengan bahan alam, misalnya cara menghilangkan ketombe dengan garam.

6. Schwarzkopf Extra Care Anti Dandruff Shampoo

Sampo ini dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dan  juga membersihkan kotoran, minyak dan ketombe yang menempel di kulit kepala. Sampo anti ketombe ini mengandung keratin dan zinc yang efektif untuk cara menghilangkan ketombe di kulit kepala.

7. Green Angelica Hair Shampoo

Kandungan shampo ini berupa bahan alami yang terdiri dari apple stem cell dari Swiss, daun ashitaba keiskei, gluthatione dan aloe vera. Khasiatnya dapat meregenerasi akar rambut lebih cepat, menyuburkan rambut dan mengatasi masalah rambut rontok dan berminyak, juga mengatasi penyebab rambut mati.

8. Mane n Tail Anti Dandruff

Sampo anti ketombe ini juga dapat mengatasi masalah rambut yang rontok dan berminyak. Sampo yang juga dikenal dengan sebutan sampo kuda ini  akan menjadi cara menghilangkan ketombe parah dan kulit kepala yang gatal – gatal.

9. Rudy Hadisuwarno Dandruff Defense

Merk sampo anti ketombe dari salah satu pakar perawatan rambut ini dapat menjadi pilihan Anda. Keahlian Rudy Hadisuwarno sudah tidak diragukan lagi dalam urusan perawatan rambut, sehingga sampo ini akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Produk ini mengandung ekstrak tea tree oil untuk mengatasi iritasi pada kulit kepala. Anda juga dapat melakukan cara alami menghilangkan ketombe dengan cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun.

10. Clear Sampo Anti Ketombe

Banyak orang yang sebenarnya mengalami beberapa masalah rambut sekaligus dan sayangnya jarang sampo yang dapat mengakomodasi kebutuhan untuk mengatasi masalah tersebut dengan efektif. Misalnya, orang yang mengalami rambut rontok sekaligus juga ketombe, atau rambut berketombe yang berminyak, dan lain sebagainya. Clear merupakan salah satu produk yang dapat menangani keduanya sekaligus, berkat bahan dasarnya sebagai sampo anti ketombe yang dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk mengatasi masalah rambut yang datang bersamaan dengan ketombe.

11. Rejoice 3 in 1 Shampoo Anti Dandruff

Produk sampo ini juga menawarkan beberapa manfaat yang bisa mengatasi masalah rambut lain selain ketombe. Rejoice telah lama dikenal sebagai salah satu merk sampo yang bertahan di pasaran Indonesia, dan harganya pun sangat terjangkau. Rejoice mengandung ZPT yang efektif untuk mengatasi ketombe, dan juga creambath essence yang dapat membuat rambut terasa lembut serta mudah diatur, dan kandungan mentol untuk menghilangkan gatal dan menyejukkan kulit kepala. Anda juga dapat mencoba cara menghilangkan busik di kulit kepala secara alami misalnya menggunakan cara menghilangkan ketombe dengan cuka.

12. Tresemme Scalp Care Shampoo

Produk ini dikenal karena direkomendasikan oleh banyak penata rambut profesional, dan juga banyak digunakan dalam perawatan salon untuk rambut rontok dan berketombe.  Kandungan vitamin E dan zinc essence didalamnya berfungsi untuk merawat kulit kepala dan mencegah ketombe kembali muncul dan mengganggu. Sampo ini digunakan untuk rambut yang kering dan berketombe sedang dengan merawat akar sampai ujung rambut.

13. Sunsilk Hijab Recharge Anti Dandruff 

Cara merawat rambut berjilbab dimungkinkan dengan adanya sampo khusus untuk wanita berjilbab yang diproduksi oleh Sunsilk. Seperti kita ketahui, sunsilk adalah merk sampo yang telah lama ada di pasaran dan digunakan oleh banyak wanita. Sampo ini bermanfaat salah satunya sebagai cara menghilangkan ketombe pada rambut berhijab dengan kandungan citrus dan zinc pyrithione.

14. Pantene Shampo Anti Dandruff

Pantene adalah salah satu merk shampo yang menguasai pasaran dan digunakan oleh banyak wanita di Indonesia. Varian pantene sampo anti dandruff akan membuat rambut Anda bebas ketombe dan aman untuk digunakan sehari – hari. Sampo ini dapat digunakan pada wanita dan pria, dengan kandungan zinc pyrithione untuk mencegah kembalinya ketombe pada rambut Anda.

15. Head and Shoulders Shampoo

Satu lagi produk sampo yang dapat mengatasi beberapa masalah rambut selain ketombe dalam satu produk sekaligus. Head and shoulder dapat mencegah rambut rontok sekaligus ketombe dan berbagai masalah rambut lain yang dialami bersamaan dengan ketombe.

16. Dove Shampoo Dandruff Care

Anda yang memiliki masalah dengan ketombe yang membandel bisa mencoba merk ini. Dove mengklaim produknya dapat menjadi cara untuk mengatasi ketombe yang membandel dan sulit hilang walaupun Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mencoba menghilangkannya.

17. Syoss Anti Dandruff Control

Anda yang mengalami ketombe parah dan mengganggu penampilan bisa mencoba shampo ini. Kandungan zinc pyrithione didalamnya sangat ampuh untuk membasmi ketombe sejak pertama kali digunakan untuk keramas. Sampo anti ketombe ini perlu digunakan selama enam minggu hingga ketombe benar – benar hilang.

Cara Memilih Sampo Anti Ketombe

Selain beberapa merk sampo anti ketombe diatas, masih sangat banyak produk lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu, dan kemungkinan Anda akan menemukannya saat sedang berbelanja di toko obat atau supermarket. Untuk memudahkan pemilihan sampo yang tepat, Anda dapat melakukan tips – tips berikut ini:

  • Memilih bahan dasar sampo

Usahakan untuk memilih sampo yang berbahan lembut, sebab bahan ini akan aman untuk kulit kepala Anda. Kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) yang cukup tinggi pada satu produk sampo, dapat mengeringkan dan menghilangkan kelembaban kulit kepala. Carilah sampo anti ketombe yang mengandung SLS rendah. Selain itum bahan dasar ZPT atau zinc pyrithione merupakan zat anti jamur yang dapat menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

  • Sesuaikan kondisi kulit kepala

Ketombe biasanya muncul pada kulit kepala yang kering, karena itu Anda perlu memilih sampo yang dapat melembabkan. Carilah sampo anti ketombe yang bersifat melembabkan, hindari sampo yang berlaber strengthening, fortifying, dan volumizing karena akan mengandung bahan yang membuat kulit kepala menjadi kering. Sebaliknya apabila Anda memiliki kulit kepala yang berminyak, hindari sampo yang berlabel moisturizing karena akan membuat rambut menjadi semakin lembab. Intinya, Anda perlu menyesuaikan pemilihan sampo anti ketombe dengan kondisi kulit kepala Anda sendiri.

  • Memilih bahan yang aman

Anda perlu mencari sampo yang mengandung asam amino dan yang mencantumkan bahan non silikon. Kandungan asam amino berarti sampo ini tidak mengandung detergen dalam jumlah banyak yang dapat mengiritasi kulit kepala, dengan demikian tidak akan mengganggu regenerasi kulit dan dapat mencegah ketombe. Sedangkan kandungan non silikon artinya dapat membuat rambut menjadi lembut serta efektif untuk mengatasi ketombe. Namun Anda juga perlu memperhatikan kandungan lainnya agar tidak membuat kulit kepala menjadi kasar.

Pemilihan sampo anti ketombe terkadang akan menjadi suatu proses yang lumayan panjang, karena seringnya Anda tidak akan menemukan sampo yang cocok hanya dengan sekali pemakaian. Mungkin Anda akan harus mencoba berbagai produk sebelum menemukan salah satu yang paling cocok dengan kondisi rambut Anda. Namun, beberapa cara memilih sampo anti ketombe diatas seharusnya dapat mengurangi waktu yang Anda gunakan untuk menemukan sampo yang tepat. Jika Anda alergi dengan bahan kimia, Anda bisa mencoba cara menghilangkan ketombe dengan baking soda dan cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya atau cara keramas dengan air garam untuk menghilangkan ketombe.