10 Tips Mewarnai Rambut yang Perlu Diperhatikan

Belakangan ini, sudah banyak yang berani mewarnai rambut dengan berbagai warna yang unik. Tidak hanya dengan warna cokelat saja, tapi juga warna lain yang cukup ekstrem, seperti abu-abu, hijau, maupun biru. Namun, beberapa orang yang mewarnai rambut mereka masih bingung dengan cara merawatnya. Akhirnya, rambut menjadi rusak dan menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka.

Pewarnaan rambut bisa dilakukan di rumah sendiri. Anda bisa melakukannya tanpa harus ke salon dan mengeluarkan banyak biaya. Namun, Anda perlu memperhatikan tips mewarnai rambut agar tidak mudah rusak. Dalam proses pewarnaan rambut, ada macam-macam produk yang bisa digunakan. Mewarnai rambut di rumah bisa menghemat biaya dan waktu.

Ada beberapa tips mewarnai rambut yang perlu Anda perhatikan:

1. Perhatikan tipe rambut Anda

Tipe atau tekstur rambut perlu Anda perhatikan. Tipe rambut yang tebal, ikal, dan kasar lebih cepat menyerap warna. Warna akan terlihat sedikit keabuan atau kebiruan. Berbeda dengan tipe rambut yang tipis. Rambut yang tipis lebih lambat menyerap warna. Warnanya akan berubah menjadi lebih hangat, yaitu sedikit coklat kemerahan atau orange.

2. Memilih warna yang tepat

Jika rambut Anda gelap dan Anda ingin memiliki rambut hijau terang, Anda bisa menggunakan hijau yang highlight supaya tidak menghilangkan pigmen Anda. Jika rambut Anda gelap atau sebelumnya pernah mewarnai rambut dengan warna yang gelap dan ingin memiliki rambut dengan warna terang, Anda bisa gunakan cat rambut dengan shade yang sangat terang. Contohnya, Anda ingin memiliki rambut dengan warna merah, maka Anda harus membeli cat rambut yang terangnya satu sampai dua tingkat di atas warna yang Anda harapkan. Warna rambut untuk kulit kuning langsat dan warna rambut untuk kulit gelap tentu saja berbeda.

3. Gunakan air dan conditioner

Kesalahan besar yang biasa dilakukan adalah tidak menggunakan conditioner. Padahal, conditioner itu penting untuk rambut. Gunanya, sebagai pelindung rambut yang berfungsi menutup kutikula rambut. Conditioner juga mampu membuat warna rambut Anda lebih fresh dan lebih berkilau.

Jika sudah mengaplikasikan pewarna rambut pada rambut Anda, segera berikan sedikit air pada kepala dengan cara memercikkannya sambil memijat-mijat kepala dengan perlahan. Kemudian, keramaslah rambut Anda. Lalu, pakailah conditioner yang ada di dalam kotak kemasan. Gunanya, untuk menjaga kondisi rambut Anda supaya pewarnanya bisa berhenti bekerja. Kalau Anda tidak memakai conditioner-nya, pewarna rambut tidak berhenti bekerja sehingga hasilnya lebih gelap dari yang Anda harapkan.

Paparan sinar matahari bisa memberi efek buruk bagi rambut Anda. Hal ini juga bisa diatasi dengan penggunaan conditioner. Gunanya, untuk membuat rambut selalu berkilau dan indah. Tips mewarnai rambut yang satu ini memang benar-benar perlu Anda perhatikan.

4. Melakukan toning

Toning bisa menjalankan fungsi yang sama seperti bleaching. Toning bisa membantu Anda memiliki rambut dengan warna yang sesuai.

5. Mengulangi pewarnaan pada akar rambut

Setelah beberapa minggu kemudian, rambut Anda bisa berubah menjadi belang karena rambut pada bagian akar akan tumbuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengulangi proses pewarnaannya. Yang diwarnai kembali hanya bagian akar saja, tidak usah bagian yang lain. Sebelum melakukan pewarnaan rambut kembali, Anda bisa mencampur cat pewarna rambut dengan 1 sendok teh tepung maizena supaya catnya tidak menetes da membuat rumah berantakan.

6. Sebelum mewarnai rambut, jangan cuci rambut dengan sampo

Kalau mau mewarnai rambut, usahakan untuk tidak cuci rambut satu hari sebelum mewarnai rambut Anda. Kondisi kulit yang natural dan ada minyaknya  bisa membantu rambut terlindungi dari bahan kimia cat pewarna rambut. Jika Anda cuci rambut satu hari sebelum mewarnai rambut Anda, maka perlindungan alami tersebut akan hilang. Jadi, lebih baik sebelum mewarnai rambut, disisir saja, tidak usah dikeramas dengan sampo.

7. Memakai sampo khusus pewarna rambut tidak menjadi patokan

Ada beberapa sampo yang dibuat khusus bagi orang yang mewarnai rambut karena sampo itu diklaim mengandung hair color protection yang berguna untuk rambut. Tapi, ini tidak menjadi patokan bagi Anda untuk memakai sampo pewarna rambut. Jadi, bukanlah masalah yang besar jika Anda akan tetap memakai sampo yang biasa Anda gunakan, disesuaikan dengan tipe rambut dan tipe kulit kepala.

8. Bersentuhan dengan laut tidak dilarang

Tidak masalah jika sebelum mewarnai rambut, Anda pergi ke pantai dan bersentuhan dengan laut. Sebelum rambut Anda diwarnai, cukup bilas rambut dengan air saja tanpa menggunakan sampo guna mempertahankan minyak alami yang ada di kepala.

Jika Anda sudah mewarnai rambut Anda, pergi ke pantai juga diperbolehkan. Namun, untuk warna-warna, seperti warna biru atau ungu yang sudah di-bleaching bisa memudar karena air laut. Namun, jika warna rambut Anda cokelat, pergi ke pantai dan laut tidak jadi masalah.

9. Tidak semua rambut yang disemir perlu di-bleaching

Bleaching memang tidak harus dilakukan. Tapi, jika Anda menginginkan rambut yang persis seperti yang tertera di buku panduan, Anda bisa melakukan bleaching. Rambut orang Asia cenderung berwarna gelap dan memiliki pigmen merah. Bleaching bisa berguna untuk menghilangkan pigmen merah. Terkadang rambut yang diberi warna cokelat bisa memudar, jika pigmen merah tersebut tidak dihilangkan.

Bleaching sebenarnya bisa merusak rambut Anda. Bleaching sebenarnya tidak harus dilakukan. Jika Anda tidak melakukan bleaching, warna rambut akan tahan lama. Rambut yang di-bleach lebih mudah pudar. Bleaching bisa membuat rambut Anda kering, bercabang, dan tipis. Bleaching juga bisa merusak pigmen rambut.

10. Setelah mewarnai rambut, hindarilah perming

Rambut yang sudah diwarnai biasanya mendapat bahan kimia seperti perming atau smoothing. Ini bisa membuat rambut jadi semakin kering. Alat catok boleh dilakukan namun jangan terlalu sering karena bisa merusak rambut Anda. Keratin complex infusion merupakan salah satu krim rambut untuk catok yang bagus dan recommended. Ketika mencatok rambut, gunakan juga heat protection untuk melindungi rambut dari panas.

Memakai cat pewarna rambut sebenarnya memiliki risiko, begitu pula dengan penggunaan catok. Ini bisa merusak kesehatan rambut Anda. Jika Anda memang harus menggunakan catokan, Anda harus memakai heat protector untuk meminimalkan kerusakan pada rambut Anda.

Itulah beberapa tips mewarnai rambut yang bisa Anda perhatikan. Jika Anda berminat untuk mewarnai rambut, jangan lupa menerapkan tips-tips yang telah dijabarkan. Jangan lupa menggunakan pewarna rambut yang bagus dan awet. Perawatan rambut berwarna harus selalu dilakukan agar rambut tidak rusak dan tetap terjaga keindahannya. Selamat mencoba!