9 Cara Melembutkan Telapak Tangan yang Kasar Secara Alami

Telapak tangan yang kasar adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat sering ditemui. Bagi kaum lelaki hal tersebut bisa jadi tidak menjadi permasalahan yang serius, namun bagi wanita, hal tersebut bisa dianggap sebagai salah satu masalah dan membuat wanita seringkali merasa tidak percaya diri. Apalagi ketika wanita harus berjabat tangan dengan orang lain. Mereka akan merasa tidak percaya diri karena telapak tangan mereka kasar. Perawatan telapak tangan memang seringkali terlewatkan karena kebanyakan orang menganggap bahwa telapak tangan adalah area yang tidak terlalu vital dalam segi penampilan. Namun, ketika telapak tangan kasar barulah orang-orang akan menyadari bahwa melakukan perawatan telapak tangan sangatlah penting.

Penyebab Telapak Tangan Kasar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan telapak tangan seseorang menjadi kasar, di antaranya:

  • Alergi terhadap deterjen – Alergi terhadap deterjen adalah faktor paling umum yang menyebabkan telapak tangan menjadi kasar. Tidak setiap orang yang memiliki telapak tangan yang kasar disebabkan oleh pemakaian deterjen. Beberapa tidak akan mengalami masalah apapun terhadap kulit mereka meskipun deterjen yang digunakan mengandung bahan kimia yang relatif keras. Namun, pada sebagian orang yang memiliki tingkat sensitifitas kulit yang tinggi biasanya akan mengalami gangguan terhadap jenis deterjen tertentu. Deterjen tersebut biasanya mengandung bahan aktif yang membuat kulit tangan terasa panas dan lama-kelamaan membuat telapak tangan menjadi kasar. Pada sebagian kasus, busa deterjen bahkan bisa membuat kulit tangan terkelupas secara perlahan.
  • Gesekan dengan benda yang keras – Gesekan dengan benda keras adalah faktor paling umum yang sering menjadi pemicu telapak tangan menjadi kasar. Kondisi semacam itu biasanya paling umum dialami oleh orang-orang yang melakukan pekerjaan berat seperti kuli bangunan, tukang kayu, atau berbagai jenis aktivitas fisik yang relatif berat lainnya. Gesekan dengan benda keras menuntut kulit untuk menyesuaikan diri. Biasanya lapisan kulit telapak tangan akan menebal seiring dengan beratnya aktivitas yang dilakukan. Kondisi tersebut terjadi sebagai bentuk adaptasi kulit telapak tangan agar kulit telapak tangan tidak terluka saat melakukan kinerja yang berat.
  • Kurang minum air putih – Kekurangan cairan juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit telapak tangan menjadi kasar. Saat tubuh kekurangan cairan, salah satu dampak negatif yang sangat mungkin muncul adalah kulit yang menjadi kering, tidak terkecuali kulit pada telapak tangan. Kekurangan minum air air putih akan menyebabkan tubuh dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering dan kasar. Untuk itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari.
  • Kondisi gen – Meskipun sangat jarang, kasus kulit telapak tangan yang kasar bisa jadi dipengaruhi oleh faktor genetik. Faktor gen bisa jadi adalah faktor yang paling mempengaruhi bagaimana setiap detail yang ada pada tubuh kita, tidak terkecuali pada tangan kita. Bisa jadi seseorang memiliki telapak tangan yang kasar karena adanya pengaruh gen, dengan kata lain, orang tersebut telah terlahir dengan jenis kulit tangan yang tebal akibat adanya faktor keturunan.
  • Tubuh kekurangan nutrisi – Anda mungkin pernah mengalami kondisi di mana kulit Anda terasa kering dan kusam. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena Anda kekurangan asupan nutrisi dan juga vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin E dan juga vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kedua jenis vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh termasuk kerusakan pada sel kulit. Jika kulit Anda terasa kering dan kasar, termasuk kulit pada bagian telapak tangan, bisa jadi Anda kekurangan beberapa jenis nutrisi dan juga vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika telapak tangan Anda kasar karena berbagai sebab seperti yang telah disebutkan di atas, maka Anda perlu melakukan perawatan untuk cara menghaluskan telapak tangan yang kasar. Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal di salon atau klinik kecantikan untuk memperoleh telapak tangan yang halus. Untuk memiliki telapak tangan yang halus dan lembut, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini :

1. Minyak Kelapa

Bahan alami yang pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghaluskan telapak tangan adalah minyak kelapa. Cara ini memang tergolong mudah namun bisa jadi merepotkan. Untuk menghaluskan telapak tangan, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada telapak tangan dan mendiamkannya selama Anda tidur di malam hari. Saat bangun tidur di pagi hari, Anda bisa segera membersihkannya menggunakan sabun.

(Minyak kelapa juga berguna untuk : cara menebalkan alis secara alami cara menghitamkan rambut secara alamicara menghilangkan bekas luka)

2. Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghaluskan telapak tangan adalah minyak zaitun. Sejak dahulu, minyak zaitun memang telah dimanfaatkan untuk bahan pada berbagai produk kecantikan. Minyak zaitun kaya akan vitamin, asam lemak tak jenuh, dan juga antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan juga kelembaban alami kulit. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga sangat efektif menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kulit kering.

Untuk memperoleh telapak tangan yang halus menggunakan minyak zaitun Anda bisa melakukan metode yang sama seperti penggunaan minyak kelapa. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada telak tangan kemudian didiamkan selama tidur malam dan dibersihkan pada pagi hari ketika bangun tidur.

(Baca juga : pelembab untuk kulit kering – cara mengatasi kulit mengelupas di tangan – cara meluruskan rambut secara alami)

3. Lotion Tangan dan Bedak Tabur

Cara selanjutnya untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar adalah dengan menggunakan lotion tangan dan juga bedak tabur. Caranya, oleskan bedak tabur ke seluruh permukaan tangan kemudian oleskan lotion secara merata ke telapak tangan Anda. Diamkan selama Anda tidur malam kemudian bersihkan di pagi hari.

4. Susu Cair

Bahan yang bisa digunakan untuk menghaluskan telapak tangan selanjutnya adalah susu cair. Susu cair mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Karena itulah, banyak produk-produk kecantikan dan juga perawatan kulit yang memanfaatkan ekstrak susu cair. Selain mencerahkan kulit, susu cair berguna untuk cara melembutkan telapak tangan yang kasar. Untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar, Anda bisa merendam tangan Anda di dalam susu cair hangat selama kurang lebih 15 menit.

Baca juga : tips agar kulit menjadi putih – cara memutihkan wajah secara alami

5. Bubuk Kopi

Untuk memanfaatkan bubuk kopi sebagai bahan penghalus telapak tangan, Anda bisa menggunakan bubuk kopi sebagai scrub. Caranya, campukan bubuk kopi dengan sedikit air kemudian jadikan campuran air dan bubuk kopi tersebut menjadi scrub. Gosokkan scrub tersebut pada telapak tangan yang kasar sehingga sel-sel kulit mati di telapak tangan dapat terangkat. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan nutrisi dalam bubuk kopi dapat meresap dan proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada telapak tangan lebih optimal. Hasilnya, telapak tangan semakin halus dan lebih lembut.

6. Jeruk Nipis

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar adalah menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah dengan menggosokkan potongan jeruk nipis pada telapak tangan yang kasar. Diamkan selama beberapa menit agar kandungan nutrisi dan juga vitamin dalam jeruk nipis dapat meresap dengan optimal pada kulit sehingga kulit lebih halus dan lembut. Menggosokkan potongan jeruk nipis pada telapak tangan berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan Anda. Alhasil, telapak tangan lama-kelamaan akan halus.

(Baca juga : manfaat jeruk nipis untuk rambutmanfaat jeruk lemon untuk wajah)

7. Garam

Garam ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan tambahan makanan saja. Garam ternyata juga berguna untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar. Caranya dengan mencampurkan garam dengan air hangat. Rendamlah tangan Anda pada air hangat yang sudah dicampur degan garam. Kandungan garam pada air hangat tersebut bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan yang kasar akibat kapalan. Setelah merendam tangan di air hangat, Anda bisa mengeringkan tangan menggunakan handuk. Karena air garam berpotensi menimbulkan kulit kering, maka ada baiknya Anda menggunakan lotion tangan setelah merendam tangan di dalam air garam.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan juga kaya akan cairan yang baik untuk meningkatkan kelembaban alami kulit. Kandungan vitamin A dan juga vitamin C dalam lidah buaya berguna sebagai antioksidan alami yang bermanfaat mencegah dampak negatif radikal bebas. Untuk memperoleh telapak tangan yang halus, oleskan daging daun lidah buaya pada telapak tangan Anda. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering agar kandungan vitamin dan juga nutrisi dalam lidah buaya dapat meresap secara optimal ke dalam kulit Anda. Setelah mengering, basuh tangan menggunakan air hangat.

(Baca juga : manfaat lidah buaya untuk kecantikan – manfaat lidah buaya untuk wajah – manfaat lidah buaya untuk kulit)

9. Kentang

Bahan alami yang berguna untuk menghaluskan telapak tangan selanjutnya adalah kentang. Untuk menghaluskan telapak tangan menggunakan kentang, Anda dapat mengoleskan parutan kentang di telapak tangan Anda. Diamkan hingga mengering kemudian basuhlah olesan parutan kentang tersebut menggunakan air jeruk lemon. Lakukan metode tersebut selama 2 minggu. Niscaya, telapak tangan Anda akan lebih halus dan juga lembut.

Itulah beberapa metode alami yang bisa Anda lakukan untuk menghaluskan telapak tangan yang kasar. Meskipun banyak metode yang bisa dilakukan, namun menerapkan metode secara alami sudah tentu lebih aman sekaligus memberikan hasil yang optimal pula.