5 Cara Memutihkan Badan dengan Baking Soda Paling Ampuh

Paparan sinar matahari yang berlebih, jerawat, iritasi, alergi, ruam, dan genetik adalah beberapa penyebab yang dapat berujung masalah kulit menghitam. Kulit yang menghitam kadang membuat tone warna kulit menjadi tidak seimbang, sehingga seseorang menjadi tidak percaya diri. Karena itu, seseorang yang mengalaminya seringkali menginginkan dan mencari solusi cepat untuk mengembalikan kondisi kulitnya kembali seperti semula. Bila Anda adalah salah di antara mereka, Anda sedang membaca artikel yang tepat karena kami akan memberikan beberapa cara terkait dengan memutihkan kulit dengan menggunakan baking soda.

Baca juga: Cara membuat masker baking soda untuk wajah – Cara Membuat Masker Buah Naga

Baking soda merupakan salah satu bahan yang kerap ada di dapur Anda, atau paling tidak mudah ditemukan, dan ternyata amat bermanfaat tidak hanya bagi kulit, namun juga bagi tubuh dan rambut. Zat alkaline satu ini mengandung antibakteri, antijamur, antikuman, dan antiperadangan, sehingga merupakan zat yang efektif untuk melawan banyak masalah yang menyerang tubuh, mulai dari demam hingga masalah kulit.

Berikut 10 manfaat baking soda bagi kulit, rambut, dan tubuh Anda:

1. Mengatasi rambut berminyak

Rambut yang beraroma tidak sedap merupakan masalah yang dapat membuat setiap orang tidak percaya diri, dan orang-orang yang memiliki rambut berminyak punya kecenderungan untuk mengalami hal ini. Polusi dari lingkungan lebih mudah menempel pada rambut yang berminyak. Baking soda dapat menyelesaikan problem ini dengan mudah karena ia dapat membantu mengurangi kadar minyak pada rambut sekaligus menetralkan aroma yang tidak sedap. Alkalin dalam baking soda pun dapat menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala sehingga terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Baca juga: Cara Membuat Rambut Tidak Kering – Cara Membuat Rambut Klimis

2. Menghilangkan noda/kekuningan pada kuku

Kemampuan pemutih dan pengelupasnya dapat membantu menghilangkan noda. Caranya cukup campurkan ½ cangkir air, 1 sendok teh hidrogen peroksida 3%, dan 1 sendok makan baking soda dalam mangkuk kecil hingga merata. Celupkan kuku Anda pada laruta tersebut selama 2-3 menit. Ulang setiap dua minggu sekali.

3. Mengatasi jerawat

Sebenarnya Anda tidak perlu mengguakan bahan-bahan kimia untuk menyingkirkan jerawat. Baking soda mampu melakukan pekerjaan yang satu ini karena ia mengandung komponen antiseptik dan antiperadangan, sehingga mampu membantu mengatasi penyebab jerawat sekaligus mengurangi gejala-gejalanya.

4. Menyembuhkan ruam dan gatal-gatal

Ruam dan gatal-gatal pada kulit dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Anda dapat mengatasi masalah kulit yang satu ini dengan menggunakan baking soda. Ia dapat merilekskan kulit karena kandungan antiperadangannya, sekaligus mencegah gatal-gatal dan bengkak pada kulit. Namun jangan menggunakan baking soda pada kulit yang sedang mengalami luka atau iritasi berat akibat terlalu intens menggaruk.

Baca juga: Cara Membuat Masker BibirCara Membuat Masker Alpukat Untuk Wajah

5. Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang amat sulit dihilangkan, terutama saat cuaca dingin dan kulit kepala cenderung kering. Namun bukan berarti hal ini tidak mungkin dilakukan. Dengan perawatan rambut yang teratur, Anda dapat menyingkirkan ketombe dengan mudah. Baking soda juga dapat berperan sebagai penghilang ketombe pada kulit kepala dan rambut. Kandungan alkalinnya dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala sekaligus menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

Baca juga: Cara menghilangkan ketomben dengan baking soda – Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya – Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

6. Meningkatkan corak/warna kulit

Warna kulit yang tidak merata merupakan masalah yang kerap dialami oleh sebagian orang. Bekas luka, sunburn, jerawat, dll dapat menyebabkan kulit menghitam dan nampak kusam. Bila Anda ingin kulit yang tonenya seimbang atau lebih cerah, gunakan baking soda sebagai solusi yang efektif dan murah. Baking soda merupakan agen pengelupas yang baik dan dapat menyingkirkan sel-sel mati, sekaligus menyeimbangkan kadar pH pada kulit yang bermanfaat untuk menjaga agar kulit tetap cerah dan seimbang.

Baca juga: Cara menghilangkan flek hitam di pipi –  Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

7. Mengatasi jamur pada kuku

Jamur yang biasanya ada pada kuku kaki ini dapat menyebabkan kuku nampak jelek sekaligus rasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi saat jamur mulai tumbuh di bawah kuku, sehingga kuku Anda menjadi kasar, tebal, berubah warna, hingga berbentuk jelek. Kandungan alkalin pada baking soda dapat mencegah tumbuhnya jamur tadi.

Baca juga: Perawatan Kuku Setelah Dicabut –

8. Memutihkan gigi

Baking soda merupakan perawatan yang baik untuk membuat gigi Anda putih berkilau. Ia bekerja sebagai abrasiv atau pengikis yang lembut guna menghilangkan noda kekuningan pada gigi Anda. Ditambah, baking soda dapat membantu menghilangkan plak dengan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di gigi. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan baking soda pada gigi karena dapat mengikis enamel yang merupakan pelindung alami gigi.

9. Meredakan kulit yang terbakar matahari

Bila Anda kerap beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, memiliki baking soda sebagai bahan cadangan perawatan kulit di dapur pasti bermanfaat. Kandungan alkaline alaminya memberikan efek menenangkan pada kulit yang terbakar sinar matahari, sehingga meredakan rasa gatal dan sensasi terbakar akibatnya. Kandungan antiseptiknya dan pengering dalam baking soda pun dapat membantu mengeringkan kulit yang melepuh akibat sunburn dengan cepat.

10. Mengatasi bau badan

Baking soda juga merupakan deodoran alami yang dapat membantu mengatasi bau badan yang ringan hingga berat. Ia menyerap kelembapan dan kering dari kulit, sehingga mengurangi bau badan yang tidak sedap. Sebagai antibakteri, baking soda juga mampu membunuh kuman yang merupakan penyebab bau badan.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa Untuk RambutManfaat Buah Kelapa Untuk Kecantikan

Nah, apakah Anda sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara memutihkan badan dengan baking soda? Baiklah, berikut kelima caranya yang dapat Anda praktikkan di rumah dengan bahan-bahan yang mayoritas pasti telah ada di dapur Anda:

1. Baking soda dan tomat
Gabungan baking soda dan tomat bermanfaat untk memberikan efek cerah pada kulit Anda. Caranya, siapkan air perasan tomat, tambahkan 1 sendok teh baking soda, lalu campurkan bahan-bahan ini hingga rata. Gunakan sebagai lulur atau masker pada bagian kulit badan yang diinginkan, biarkan selama paling tidak 15 menit hingga mengering. Setelah itu basuh kulit Anda dengan air biasa. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Baking soda dan lemon
Komponen pemutih (bleaching) yang ada pada lemon dan baking soda dapat mencerahkan kulit Anda. Ambil ½ cangkir baking soda dan campurkan dengan air perasan lemon. Campurkan keduanya hingga rata dan oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan. Biarkan selama beberapa menit. Setelah itu basuh dengan air biasa. Gunakan masker/lulur ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat lemon untuk kulit – Manfaat jeruk lemon untuk wajah

3. Baking soda dan tepung gandum
Kombinasi baking soda dan tepung gandum efektif dalam menyingkirkan sel-sel kulit mati dari kulit Anda. Sehingga dapat mengaktifkan sel-sel yang mencerahkan kulit. Untuk menyiapkannya, gunakan 2 sendok makan tepung gandum dan tambahkan 1 sendok teh baking soda. Campurkan keduanya hingga merata dan gunakan pada bagian tubuh yang diinginkan, biarkan hingga mengering selama beberapa saat. Setelah itu basuh kulit Anda dengan menggunakan air.

4. Baking soda dan stroberi
Baking soda dan stroberi amatlah efektif dalam menyingkirkan segala impuritas dan kotoran dari kulit. Kombinasinya juga dapat mencerahkan warna kulit Anda. Caranya, ambil satu buah stroberi dan satu sendok the baking soda. Campurkan keduanya hingga rata, lantas gunakan pada bagian kulit yang diinginkan. Pijat secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Lantas basuh dengan air dingin.

5. Baking soda dan madu
Baking soda amatlah efektif dalam mengurangi efek gelap pada kulit. Madu pun bekerja dengan amat baik dalam mengatasi sunburn alias kulit yang terbakar sinar matahari, sekaligus melindungi kulit dari segala kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Untuk membuat pasta/lulur yang satu ini, Anda bisa mencampurkan baking soda dan madu hingga rata. Gunakan pada bagian kulit yang diinginkan dan biarkan paling tidak selama 15 menit hingga mengering. Lantas basuh dengan air. Gunakan lulur ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya nampak.

Baca juga: Cara menghilangkan belang di wajah – cara memutihkan wajah secara alami – cara menghilangkan komedo secara alami

Baking soda memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena baking soda merupakan zat yang kuat dan dapat membuat kulit yang sensitif menjadi kering. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan baking soda. Jangan menggunakan baking soda untuk merawat kulit lebih dari 1-2 kali dalam seminggu guna menghindari efek sampingnya.

Setelah mengoleskan campuran baking soda pada kulit, bila Anda mengalami efek samping yang tidak biasa, segera basuh kulit Anda dengan air dingin dan hentikan penggunaan baking soda untuk mencerahkan kulit. Beberapa efek samping yang muncul pada kulit sensitif di antaranya: gatal, geli, bahkan rasa sakit. Beberapa orang mengatakan bahwa kulit mereka menjadi semakin kering bahkan iritasi. Sehingga ada baiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu, oleskan sedikit campuran baking soda pada kulit, sedikit saja. Bila kulit Anda tidak merasakan efek samping di atas, maka perawatan ini cenderung aman dilakukan pada kulit Anda. Selamat mencoba!

Artikel terkait: