5 Manfaat Gambir Untuk Organ Wanita Secara Alami

Sebagaimana memelihara kecantikan fisik dari wajah dan caranya berpenampilan, seorang wanita juga tidak boleh luput untuk memeriksakan kesehatan dirinya sendiri terutama untuk kesehatan organ wanita. Sebabnya tentu sudah jelas, yaitu jika tidak dirawat dengan baik maka kemampuan reproduksi wanita juga akan terganggu. Organ wanita yang tidak terawat bisa mengalami berbagai masalah dan penyakit yang bahkan bisa membahayakan nyawa pemiliknya. Wanita bahkan dapat melakukan cara memutihkan daerah kewanitaan atau cara menghilangkan bulu kemaluan dengan perawatan terkini. Bagi wanita yang memiliki banyak uang, mungkin tidak akan masalah untuk melakukan perawatan terkini dengan biaya mahal. Namun bagi yang memiliki anggaran terbatas, masih banyak pilihan bahan tradisional yang sangat alami bagi kesehatan organ wanita. Salah satunya adalah manfaat gambir untuk organ wanita. Sebelumnya gambir dikenal memiliki manfaat dalam cara menghilangkan flek hitam di kaki dan cara menghilangkan flek hitam di gigi.

Tanaman Gambir

Berdasarkan data dari LIPI pada tahun 2015 terdapat keanekaragaman hayati berupa spesies tanaman yang berjumlah lebih dari 30 ribu spesies. Dari jumlah itu, hanya sekitar 7500 yang dapat digunakan sebagai tanaman obat, dan berdasarkan database dari BPOM hanya ada sekitar 4.671 yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Salah satunya adalah gambir, yang merupakan ekstrak dari tanaman Gambir (uncaria gambir). Gambir mengandung senyawa fungsional yang termasuk dalam golongan polifenol yaitu katekin, kuersetin, zat samak katekin, merah katekin, dan banyak lagi. Proses ekstraksi gambir dilakukan dengan merebus daun dan ranting pokok gambir selama satu jam. Setelah daun dan ranting dikeluarkan air rebusan kemudian dituang ke dalam tapis yang diberi penyerap. Bahan kental yang tersisa lalu dimasukkan ke dalam bambu, dan dikeluarkan setelah kering. ekstrak gambir dipotong melintang agar menghasilkan ketulan yang berbentuk silinder seperti yang dijual di pasaran. Pengeringan dilakukan selama sepuluh hari secara tradisional saja.

Bentuk gambir ada beberapa seperti gambir bulat, gambir papan dan gambir paku. Gambir adalah pelengkap bagi kegiatan makan sirih atau nginang yang menyehatkan gusi, gigi dan tenggorokan. Bahkan beberapa penelitian menyimpulkan bahwa gambir dapat digunakan untuk astringent dan zat hemostatik yang menghambat pertumbuhan bakteri. Gambir juga banyak digunakan sebagai obat penahan sakit, sariawan, luka, dan lainnya. rata – rata aturan pakai untuk gambir adalah sebanyak satu ruas ibu jari terutama untuk menghentikan diare. Lebih dari itu, orang yang mengonsumsinya akan mengalami kesulitan buang air besar selama berhari – hari.

Manfaat Gambir Pada Reproduksi Wanita

Gambir juga ternyata memiliki manfaat bagi organ reproduksi wanita seperti berikut ini:

1. Menghilangkan nyeri haid

Sebagian wanita mengalami haid yang menyiksa dan ditandai dengan sakit perut seperti diremas – remas. Untuk mendapatkan manfaat gambir untuk organ wanita, Anda dapat menyiapkan sepotong gambir, dua potong kunir sebesar jari kelingking, dan 3 lembar daun sirih. Tumbuk kunyit menjadi halus bersama ramuan lainnya. Tambahkan 2 – 3 sendok makan air dan aduk merata lalu peras dalam kain halus. Minum sari minuman gambir dan seketika rasa sakit pada perut akan hilang. Mestruasi pun akan menjadi lebih lancar dengan darah yang tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Minumlah dua hari sebelum haid, maka Anda akan mendapatkan masa haid atau menstruasi yang lancar tanpa keluhan.

2. Menjaga kesehatan vagina

Gambir memiliki sifat anti virus, anti bakteri dan astringent. Untuk mendapatkan manfaat gambir untuk organ wanita Anda dapat menyiapkan setengah sendok teh ekstrak gambir yang dicampur dengan air suam kuku sampai hancur. Siram air tersebut pada vagina. Sifat astringen pada gambir konon mampu merapatkan otot vagina, sementara manfaat anti virus dan anti bakterinya dapat merawat vaginosis, sejenis infeksi bakteri pada vagina. Anda juga dapat mengonsumsi gambir 2 – 3 kali sehari sebagai minuman teh dengan takaran seperempat hingga setengah sendok teh yang dilarutkan dengan secangkir air suam – suam kuku.

3. Meredakan peradangan vagina

Selain menjaga kesehatan vagina dengan melawan infeksi bakteri dan merapatkan ototnya, manfaat gambir untuk organ wanita juga dapat mengatasi vaginitis. Vaginitis adalah peradangan pada vagina. Ekstrak gambir yang mengandung fitokimia seperti asam gallic, quercetin, acid ellagic, dan epicatechin bermanfaat sebagai anti peradangan.

4. Menghilangkan bau tidak sedap

Teh yang dibuat dari ekstrak gambir bisa menghilangkan bau tidak sedap dari organ wanita. Anda bisa menambahkan sejumput garam Himalaya dan perasan jeruk nipis ke dalam ramuan teh yang dibuat dari ekstrak gambir. Manfaat detox reproduksi wanita dan manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah sebagai salah satu perawatan sebelum menikah di rumah juga konon dapat mengatasi masalah bau tidak sedap tersebut.

5. Membuat vagina kesat

Kombinasi dari 10 lembar daun sirih, gambir dan kulit pinang muda memberikan manfaat gambir untuk organ wanita agar lebih kesat. Campurkan sobekan kecil dari kulit pinang, 3 buah gambir yang ditumbuk halus secukupnya, juga kapur sirih yang sudah diayak sampai bersih. Tumbuk gambir sampai halus lalu iris daun sirih dan kulit pinang muda. Rendam semua bahan dalam 2 liter air mendidih, biarkan mengendap dan dingin. Gunakan air ini untuk membasuh vagina terutama saat sedang mandi.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat gambir untuk organ wanita, perlu diperhatikan dengan seksama setiap petunjuk pemakaian. Jangan sampai memilih takaran gambir yang salah sehingga Anfa justru mengalami efek buruk dari pemakaian gambir tersebut. Selalu lakukan riset sebelum mencoba pengobatan atau ramuan tradisional terbaru agar efek yang didapatkan sesuai dengan yang diinginkan.