8 Manfaat Korset Wanita Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Wanita yang pertama kali memperkenalkan korset adalah Catherine de Medici, istri Raja Henry II dari Perancis pada abad ke 16. Ia melarang wanita berpenampilan tidak berpinggang dan mulai memaksa para wanita untuk menemukan solusi untuk tampil lebih langsing. Korset mulai berkembang pada awal tahun 1900an, pertama kali di Eropa lalu di Amerika. Wanita menggunakannya di luar pakaian mereka sebagai suatu pernyataan akan gaya fashion. Seiring waktu, para wanita mulai menggunakannya sebagai pakaian dalam karena mampu membuat tubuh tampak langsing dengan cepat. Korset menciptakan figur yang lebih lembut dan karena itu menjadi trend dalam fashion pada waktu itu. Korset telah menjadi item fashion yang keluar masuk trend selama ini, digunakan sebagai alat untuk membentuk pinggang. Pembatasan yang terus menerus pada area pinggang ini pada akhirnya akan bekerja untuk mengurangi ukuran pinggang alami Anda seiring waktu. Selain itu, ada banyak lagi manfaat korset wanita yang bisa didapatkan dengan pemakaiannya.

1. Mendapatkan bentuk tubuh jam pasir

Figur tubuh wanita seperti jam pasir telah dianggap sebagai bentuk yang paling proporsional yang bisa dimiliki seorang wanita. Banyak wanita mulai memakai korset karena menginginkan bentuk tubuh seperti ini. Korset akan membantu wanita membentuk badannya dengan menahan pinggang dan mengaksentuasi lekukan pada pinggul serta garis payudara. Jika Anda menggunakannya dengan benar, maka hasilnya akan terlihat dalam beberapa minggu sebagai cara mengencangkan perut dan cara mengencangkan tubuh wanita.

2. Mengontrol berat badan

Manfaat korset wanita hanya dapat membatasi jumlah makanan yang Anda makan, dan tidak membantu membakar lemak apapun di tubuh Anda atau menjadi cara menghilangkan lemak di perut secara alami. Jika Anda mengenakan korset sepanjang waktu, akan terasa bahwa sulit untuk mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Yang perlu diingat bahwa korset tidak akan membantu Anda untuk menghilangkan berat badan dengan sendirinya. Korset tidak menyebabkan seseorang kehilangan lemak di bagian tengah tubuhnya, hanya menyebabkan penyebaran lemak untuk memberi bentuk tubuh seperti jam pasir.

3. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dimulai sebagian dari kebiasaan yang buruk pula. Manfaat korset wanita akan membantu Anda mempertahankan postur tubuh yang baik ketika sedang berdiri dan duduk karena tulang logam di bagian belakangnya akan menyulitkan Anda untuk membungkuk. Korset memperbaiki posisi dengan menyediakan dukungan yang diperlukan pada punggung Anda. Sebagai hasilnya, banyak wanita mengklaim bahwa mereka merasa lebih percaya diri ketika melihat adanya perubahan pada garis pinggang setelah menggunakan korset.

4. Peralatan pasca melahirkan

Banyak wanita ingin kembali pada ukuran pinggang alami mereka setelah melahirkan. Manfaat korset wanita dapat membantu para ibu baru untuk memulihkan kekencangan otot perutnya dan menjadi cara cepat mengecilkan perut. Korset jika dipakai dengan benar akan berfungsi sebagai belat untuk sekitar dua setengah sudut perut. Walaupun korset tidak memperkuat otot perut atau menyembuhkan dinding perut yang terpisah dengan sendirinya, korset dapat menyokong dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Menyokong garis payudara

Selain menunjang garis payudara, korset juga dapat menyokongnya dengan benar. Payudara besar menjadi salah satu alasan wanita mengalami sakit punggung. Terlebih lagi jika menggunakan bra yang tidak nyaman. Manfaat korset wanita ini sangat penting khususnya bagi para wanita yang memiliki dada besar, karena dapat membantu mengurangi sakit pada punggung dan mengurangi tekanan yang dirasakan. Untuk menghindari cedera punggung karena bra, lakukan cara memakai bra yang sehat, cara mengukur bra, dan pahami bagaimana tips memilih bra yang sesuai.

6. Menghindari cedera punggung

Korset bukannya tidak nyaman, namun memang membatasi pergerakan pemakainya. Untuk Anda yang seringkali mengalami cedera tulang punggung seperti sering membungkuk ketika mengangkat barang, manfaat korset wanita bisa sangat berguna. Ketika memakai korset, tubuh bagian tengah akan dibatasi sehingga mencegah berbagai macam gerakan yang bisa menyebabkan cedera. Korset juga bisa membantu dengan sakit punggung yang kerap dirasakan pada bagian lumbar di punggung bawah. Korset memperbaiki kondisi ini dengan sokongan pada lumbar dengan cara yang paling efektif daripada produk lainnya.

7. Memperkuat otot

Ketika pertama kali memakai korset, mungkin Anda akan menyadari bahwa punggung dan otot pusat terasa sedikit lelah. Hal ini wajar dialami karena tubuh membiasakan diri pada cara duduk dan berdiri yang baru, serta posisi yang lebih baik. Ketika otot – otot ini mulai menguat seiring waktu, Anda juga akan merasakan peningkatan pada kekuatan dan postur tubuh.

8. Mencegah migren dan sakit kepala

Beberapa faktor penyebab dari migren dan sakit kepala adalah posisi bahu yang merosot, postur buruk dan payudara besar. Ketiga faktor ini bisa menyebabkan ketegangan yang berujung pada sakit kepala. Menggunakan korset akan menyelesaikan masalah ini bahkan sebelum dimulai dengan mengeliminasi semua faktor penyebabnya. Anda juga bisa melakukan cara mengecilkan perut secara alami misalnya menggunakan cara mengecilkan perut dengan serai atau cara mengecilkan perut dan paha dengan jeruk nipis.

Dengan semua manfaat korset wanita ini, mudah dilupakan bahwa korset adalah barang fashion yang menakjubkan. Apakah dipakai di bawah atau di luar pakaian, korset telah memberi manfaat kepada wanita yang tidak terhitung jumlahnya akan kepercayaan diri dan bentuk badan baru. Memakai korset tidak seharusnya mengenai mencapai tujuan yang mustahil dalam standar kecantikan, akan tetapi seharusnya memakai korset adalah tentang merasa baik, terlihat lebih baik dan memungkinkan Anda mengalami hidup yang luar biasa. Namun perlu juga diperhatikan bagaimana cara pemakaian yang patut, agar Anda tidak mengalami efek samping buruk dari pemakaian korset berlebihan.