9 Manfaat Kunyit Untuk Kulit Badan Secara Menyeluruh

Kunyit merupakan tanaman rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan dengan rasa pahit dan agak pedas berwarna kuning oranye. Selain menyedapkan masakan, kunyit juga memiliki manfaat luar biasa untuk menyembuhkan penyakit dan juga kecantikan tubuh. Dalam kunyit mengandung vitamin C tinggi dan juga antioksidan penting yang membuatnya menjadi obat mujarab berbagai penyakit. Ada banyak manfaat kunyit untuk kulit badan dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti ulasan yang akan kami berikan kali ini.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kegunaan pertama dari kunyit adalah untuk eksfoliasi karena kandungan dan tekstur kunyit yang sangat baik untuk mengelupas kulit mati tanpa menimbulkan iritasi sehingga melakukan scurb memakai kunyit ini akan memberikan tampilan kulit lebih cerah sekaligus bercahaya.

  1. Menyembuhkan Luka

Dalam kunyit mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat membantu untuk menyembuhkan luka pada kulit sekaligus mengurangi peradangan serta oksidasi. Dengan ini, maka luka di area tubuh akan sembuh lebih cepat tanpa menimbulkan infeksi. Selain itu, kunyit juga sangat berpengaruh positif pada jaringan serta kolagen yang membuat rempah ini sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan luka pada kulit dan juga sebagai cara menghilangkan bekas luka yang ampuh.

  1. Mengobati Psoriasis

Dari hasil penelitian dibuktikan jika kunyit membantu dalam penghambatan enzim peradangan yang berhubungan dengan psoriasis. Selain itu, kunyit juga berguna untuk menurunkan kadar sitokin yang menjadi penyebab radang pada sel dan akhirnya menyebabkan psoriasis karena sifat anti inflamasi kunyit tersebut. Untuk cara membuat masker kunyit selengkapnya bisa dilihat berikut ini.

  • Campur 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air sampai membentuk tekstur pasta.
  • Oleskan pasta kunyit ini  pada lesi psoriasis dan bungkus dengan kain kasa kemudian diamkan selama 1 malam.
  • Esok paginya, buka kain kasa dan bersihkan sampai bersih dengan air hangat.
  1. Mengatasi Stretch Mark

Selain bisa digunakan sebagai cara memutihkan ketiak dengan kunyit, jenis rempah ini juga ampuh dalam mengatasi masalah kulit tubuh yakni mengatasi stretch mark sebab kurkumin dalam kunyit bisa bekerja sampai menembus selaput sel dan mengubah sifat tersebut dan akhirnya stretch mark bisa diatasi dengan baik.

  • Campurkan kunyit dengan dadih sampai rata dan oleskan pasta ini ke bagian sretch mark seperti pangkal paha, perut dan juga bokong.
  • Diamkan selama 20 menit supaya meresak lalu bilas bersih dengan air.
  1. Mengatasi Luka Bakar

Kandungan sifat anti inflamasi sekaligus menenangkan luka bakar. Selain itu, sifat antioksidan dalam kunyit akan menyembuhkan luka bakar lebih cepat serta mengurangi jaringan parut yang mungkin terjadi pada luka bakar.

  1. Mengatasi Pigmentasi Kulit

Dibalik cara menghilangkan bulu ketiak dengan kunyit memang terbilang sangat ampuh, ternyata kunyit yang juga memiliki sifat membersihkan dan memutihkan sehingga sangat bagus digunakan untuk mengobati pigmentasi area kulit. Selain itu, kunyit akan melindungi kulit dari segala infeksi dan melindungi kulit dari sinar UV berbahaya matahari.

  • Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air lemon dan campur hingga rata membentuk pasta kental.
  • Oleskan pasta ini pada kulit yang terbakar matahari atau terkena pigmentasi dan diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan lakukan 1 kali sehari sebelum mandi.
  1. Menyembuhkan Kulit Pecah Pecah

Berbagai jenis antioksidan, vitamin dan mineral yang ada dalam kunyit juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah tubuh seperti pecah pecah yang umumnya terjadi di area tangan serta kaki. Cara membuat lulur kunyit dan penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan melarutkan sedikit kunyit bubuk dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit badan yang terkena dan diamkan 15 menit baru kemudian bilas dengan air dingin.

  1. Menghaluskan Siku dan Tumit

Selain berguna untuk cara memutihkan ketiak dan leher ternyata juga bermanfaat untuk ketiak dan leher.  Pada beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki seringkali membuat area tersebut terlihat berkerak, pecah pecah dan mengelupas. Untuk caranya adalah dengan mencampurkan kunyit dan minyak kelapa sampai rata dan lembut. Oleskan pasta ini pada siku serta tumit yang kasar dan lakukan pijatan ringan supaya semua nutrisi bisa terserap sempurna. Selain itu, kunyit juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit dengan kunyit khususnya area siku dan tumit yang menghitam tersebut.

  1. Mengurangi Bulu di Badan

Kunyit juga bisa anda gunakan untuk memperlambat pertumbuhan bulu pada tubuh dengan cara membuat masker kunyit atau lulur kunyit yang sudah di campur dengan kacang arab dan gunakan setidaknya 2 kali seminggu dalam waktu 1 bulan.

Demikian ulasan manfaat kunyit untuk kulit badan yang bisa kami berikan. Lakukan beberapa cara diatas dengan teratur agar kesehatan kulit bisa terjaga sekaligus mengatasi banyak masalah kulit lainnya.