5 Manfaat Lulur Beras Kencur Untuk Kulit Tubuh

Beras kencur terkenal karena khasiatnya sebagai minuman atau jamu tradisional. Nah, selain jamu ternyata perpaduan beras dan kencur ini juga dapat digunakan untuk perawatan kulit tubuh, seperti lulur. Manfaat lulur beras kencur tidak kalah dengan versi jamunya. Beras kencur memiliki aroma segar yang khas, sehingga dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu kandungan yang ada dalam beras dan kencur sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat dari lulur beras kencur:

1. Mengencangkan kulit

Kurangnya nutrisi yang diterima oleh kulit bisa membuat kulit nampak kendur. Kulit yang kendur adalah akibat dari kurangnya pasokan kolagen di dalam kulit. Ekstrak beras dalam lulur beras kencur dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di pada kulit. Sehingga dengan menggunakan lulur beras kencur secara rutin, kulit yang kendor berangsur-angsur akan berubah menjadi sehat dan kencang.

2. Memutihkan kulit

Penyebab kulit susah putih dan cerah bisa jadi karena kebersihan kulit yang kurang. Luluran adalah perawatan kulit yang sangat efektif untuk membersihkan kulit. Butiran scrub dalam lulur akan membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit dan yang menumpuk di pori-pori kulit. Selain itu kandungan vitamin B dalam lulur beras kencur dapat menjadi cara memutihkan badan secara alami. Sehingga kulit akan terlihat cerah dan putih, jika lulur beras kencur digunakan dengan rutin.

3. Merevitalisasi kulit

Penyebab kulit kering dan kusam serta rusak bisa karena pengaruh lingkungan yaitu kondisi lingkungan yang kering, paparan radikal bebas dari polusi. Lulur beras kencur mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Antioksidan dan pelembab alami yang terkandung di dalam lulur beras kencur akan membantu memulihkan kondisi kulit seperti semula dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit

Manfaat lulur beras kencur salah satunya adalah sebagai cara mencegah penuaan dini, seperti munculnya keriput dan bercak hitam di wajah. Kurangnya perawatan untuk kulit dapat membuat tanda penuaan muncul lebih cepat. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada lulur beras dapat mengurangi tanda penuaan tersebut. Antioksidan akan membantu melancarkan produksi kolagen dan memicu regenerasi sel kulit. Manfaat vitamin E untuk kulit yaitu dapat membantu melancarkan produksi kolagen. Sehingga kulit akan tampak awet muda dan kulit terasa lebih kenyal.

5. Meratakan warna kulit

Banyaknya akivitas yang dilakukan, tidak dapat mencegah kulit terpapar sinar matahari dan polusi. Sehingga dapat mengakibatkan munculnya flek hitam dan membuat kulit menjadi belang. Lulur beras kencur bermanfaat untuk cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan mengikis dan membersihkan tumpukan sel kulit mati penyebab flek hitam dan mencegah kulit menghitam karena hiperpigmentasi. Maka, sangat disarankan untuk menggunakan lulur beras setelah berpanas-panasan.

Cara membuat dan menggunakan lulur beras kencur

Selain manfaat lulur beras kencur untuk kecantikan kulit sangat banyak, ternyata membuat lulur beras kencur ini tidaklah susah. Bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan di dapur. Berikut ini adalah cara membuat lulur beras kencur.

  1. Siapkan beras, kencur dan air secukupnya.
  2. Rendam beras dalam air sekitar 2-3 jam.
  3. Masukkan rendaman beras, kencur dan sedikit ait ke dalam blender. Blender hingga halus.
  4. Lulur beras kencur siap digunakan.

Cara pemakaian:

Balurkan lulur beras kencur di bagian tubuh yang diinginkan sepeti tangan, kaki atau punggung. Gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan lulur beras kencur 1-2 kali dalam seminggu.

Mudah bukan? Efek yang bisa dilihat setelah pemakaian lulur beras kencur adalah kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Semoga bermanfaat.