5 Manfaat Lulur Temulawak Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat rempah Indonesia memang tidak perlu ditanyakan lagi. Temulawak adalah salah satu rempah alami yang memiliki segudang manfaat. Selain digunakan untuk jamu, temulawak juga bisa digunakan untuk tujuan kecantikan. Khasiat temulawak dapat digunakan untuk perawatan tubuh, dari ujung kepala hingga kaki. Lulur temulawak adalah lulur tradisional yang digunakan untuk merawat kulit tubuh. Karena terbuat dari bahan alami, lulur temulawak tidak akan menimbulkan efek samping, sehingga sangat aman digunakan. Manfaat lulur temulawak yang bisa kita dapatkan, antara lain:

1. Mengatasi masalah jerawat

Tidak hanya di kulit wajah, jerawat di tubuh bisa membuat kulit berbintik dan bisa sangat mengganggu penampilan. Lulur temulawak dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di badan, karena temulawak memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat. Asam pantotenat dapat menghambat dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Selain itu, kandungan antiseptik pada temulawak dapat membasmi bakteri dan kuman yang menempel pada kulit.

2. Menyamarkan keriput

Cara mengatasi kulit keriput adalah dengan kandungan minyak atsiri yang secara alami terdapat pada temulawak. Minyak atsiri ini berfungsi untuk mencegah dan menyamarkan tanda-tanpa penuaan, seperti keriput. Keriput dapat muncul karena kurangnya kolagen yang terkandung dalam kulit. Minyak atsiri dapat memicu produksi kolagen, sehingga keriput di kulit dapat berkurang dan kulit menjadi lebih kencang.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat lulur temulawak jika digunakan secara rutin adalah dapat membuat kulit tubuh menjadi cerah dan sebagai cara memutihkan badan secara alami. Scrub lulurnya berfungsi sebagai cara menghilangkan daki secara alami, dengan meluruhkan sel kulit mati dan debu yang menempel di permukaan kulit. Selain itu, lulur temulawak memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang kaya akan manfaat. Kandungan vitaminnya berfungsi untuk menutrisi kulit dan membantu sel kulit untuk beregenerasi. Sehingga kulit akan lebih sehat, cerah dan putih.

4. Mengatasi kulit bersisik

Kulit yang bersisik dapat membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Kulit yang terhidrasi dapat membuat sel kulit mati menumpuk dan membuat permukaan kulit menjadi kasar dan kering saat dipegang. Lulur temulawak mengandung pelembab alami yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami. Yaitu dengan menyeimbangkan pH kulit dan membasmi sel kulit mati yang menumpuk. Kulit akan menjadi lebih bersih, segar dan terjaga kelembabannya.

5. Mengatasi flek hitam

Flek hitam dapat muncul akibat terpapar sinar matahari terlalu sering atau karena penumpukan sel kulit mati. Temulawak memiliki kandungan vitamin dan antioksidan. Kandungan vitaminnya berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan flek hitam dan kulit belang. Sedangkan antioksidannya akan mencegah radikal bebas yang merusak kulit dan merangsang regenerasi kulit, sehingga sel kulit mati dapat digantikan dengan sel kulit yang sehat.

Cara membuat lulur temulawak

Produk lulur temulawak cukup sulit ditemukan di pasaran, namun rempah temulawak cukup mudah untuk ditemukan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk membuat lulur temulawak sendiri. Cara membuat lulur temulawak cukup mudah, yaitu:

  1. Pertama-tama siapkan bahan yang diperlukan seperti temulawak, air mawar, susu bubuk dan beras ketan. Air mawar dapat diganti dengan bahan lain seperti madu atau minyak zaitun.
  2. Haluskan beras ketan dan temulawak secara terpisah, dengan menggunakan blender.
  3. Campurkan ke dalam wadah susu bubuk, temulawak dan beras yang telah dihaluskan. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan air mawar secara bertahan hingga menjadi adonan lulur.
  5. Lulur temulawak siap digunakan. Gunakan secara rutin untuk mendapatan manfaat lulur temulawak secara maksimal.

Selamat mencoba dan semoga bemanfaat.