5 Manfaat Ratus Bagi Wanita Yang Belum Menikah Bagi Kesehatan

Tidak hanya merawat kecantikan, kaum wanita juga kerap menjaga area kewanitaannya selalu sehat. Misalnya dengan menjauhi sabun yang berpewangi, memakai pakaian dalam yang nyaman, melakukan pemeriksaan tahunan, melakukan cara memutihkan daerah kewanitaan, cara menghilangkan bulu kemaluan, cara tradisional memutihkan selangkangan dan lain sebagainya. Di Indonesia dikenal perawatan tradisional vagina yang disebut ratus yang sudah dilakukan sejak zaman dulu. Beberapa sumber bahkan menyatakan perawatan ini berasal dari Cina. Ratus adalah perawatan untuk vagina yang dipercaya dapat merawat kesehatan, kebersihan, kelancaran aliran darah dan juga mengurangi bau tidak sedap pada area kelamin wanita. Ratus juga dikatakan bisa memberi kepuasan seksual karena manfaatnya bisa mengencangkan otot vagina. Selain manfaat yang sudah disebutkan, ratus juga dianggap bisa mencegah keputihan dan menjaga kelembapan di area vagina sehingga tetap bersih dan sehat.

Cara Melakukan Ratus

Ratus dilakukan dengan cara menguapi vagina dengan asap hasil pembakaran rempah yang diletakkan di bawah vagina, dan posisi pengguna duduk atau berjongkok menggunakan kursi khusus yang ada lubangnya. Dibawah kursi tersebut diletakkan panci tanah berisi air rebusan ramuan ratus. Perawatan ratus biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Ramuan untuk ratus umumnya berisi kayu secang, kunyit, bunga mawar, temulawak, pala hingga akar wangi. Rempah – rempah alami ini dikombinasikan dengan uap hangat akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasinya, memberi  asupan oksigen, dan merileksasi otot panggul. Beberapa salon modern telah melakukan modifikasi dengan memadukan sinar infra merah langsung ke vagina dengan ramuan rempah ratus. Maksud sinar infra merah ini adalah untuk diserap oleh jaringan vagina untuk mendapatkan energi ekstra dan agar tampak awet muda.

Keuntungan Melakukan Ratus

Ratus biasanya dikenal sebagai perawatan sebelum menikah di rumah, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan oleh wanita yang belum menikah. Ada banyak jenis ratus yang tersedia di salon atau klinik spa dan kecantikan wanita untuk memberi manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah.

1. Membersihkan Organ Kewanitaan

Manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah akan membantu wanita membersihkan organ kewanitaan yang sangat rentan terkontaminasi bakteri. Ratus dapat menjaga dan membunuh semua bakteri jahat di area intim wanita dan relatif aman karena tidak dilakukan dengan memasukkan bahan rempah ke dalam vagina sebagaimana prosedur pada gurah vagina. Anda juga dapat melakukan cara menghilangkan daki di selangkangan paha seperti  cara memutihkan selangkangan dengan baby oil

2. Mengatasi Nyeri Haid

Hampir semua wanita mengetahui bagaimana rasanya nyeri haid, yang tingkatannya bervariasi pada setiap orang. Ada yang mengalami nyeri dalam tingkat ringan hingga parah setiap kalinya dengan gangguan nyeri perut selama beberapa hari. Melakukan ratus sebelum masa menstruasi akan dapat merasakan manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah berupa periode menstruasi yang lebih mudah. Itu disebabkan karena otot di sekitar vagina menjadi lebih rileks dan tidak tegang.

3. Melancarkan Aliran Darah

Bahan – bahan alami untuk ramuan ratus akan membantu tubuh mendapatkan aliran darah yang lancar di area sekitar organ kewanitaan sehingga membuat vagina menjadi lebih rileks. Maka Anda tidak perlu kaget atau khawatir ketika sedang melakukan ratus dan area vagina terasa berdenyut dan terasa seperti kesemutan. Itu tandanya aliran darah sedang menuju area vagina.

4. Mengatasi dan Mencegah Infeksi

Vagina memang rentan terkena infeksi. Bukan hanya wanita yang sudah menikah saja, infeksi juga bisa dialami oleh wanita yang belum menikah dan belum berhubungan intim seperti infeksi jamur atau bakteri pada vagina. Karena itu manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah juga dapat mengatasi masalah infeksi jamur dan bakteri pada vagina.Untuk itu frekuensi ratus yang direkomendasikan adalah enam bulan atau setahun sekali saja. Kebersihan organ kewanitaan yang dipelihara dengan benar juga akan menyehatkan kondisinya dengan baik sebagai alat reproduksi.

5. Menghilangkan Gatal

Gatal adalah gangguan yang sangat umum pada bagian organ kewanitaan karena mudah lembap dan terkena jamur, atau karena kondisi yang kurang bersih. Manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah bisa mengatasi gatal – gatal tersebut, mengurangi lendir dan menyehatkan vagina. Selain itu manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah juga dapat memberikan bau harum pada vagina secara alami. Wanita juga kerap merawat organ intimnya dengan cara menghilangkan varises secara alami yang bisa terjadi pada area vagina. [AdSense-C}

Ketahui Beberapa Hal Ini

Sebelum melakukan ratus, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh para wanita yaitu:

  • Jangan pernah melakukan ratus ketika sedang mengalami menstruasi. Ratus bisa menyebabkan gangguan pada proses menstruasi, karena itu sebaiknya dilakukan sebelum atau setelah menstruasi.
  • Sebaiknya ratus dilakukan pada wanita yang sudah berusia lebih dari 20 tahun, termasuk untuk wanita yang belum menikah.
  • Bagi wanita yang sama sekali tidak memiliki penyakit pada organ reproduksi atau organ bagian dalamnya, manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah akan bisa didapatkan dengan aman.

Selain mendapatkan manfaat ratus bagi wanita yang belum menikah, Anda juga perlu mewaspadai adanya efek samping yang bisa dialami dari ratus vagina. Apabila penguapan dilakukan terlalu panas, maka vagina, kandung kemih dan anus bisa mengalami luka bakar dan merusak jaringan kulitnya. Panas dari penguapan juga bisa memicu pertumbuhan ragi dan jamur sehingga mudah terasa gatal. Vagina sebenarnya memiliki sistem pembersihan sendiri, sehingga upaya pencucian dari luar bisa menghilangkan ekosistem baik pada vagina dan mengganggu keseimbangan bakteri baik di area tersebut.