10 Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mengatasinya

Ketiak yang gelap menjadi masalah tersendiri untuk wanita dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Memilki kulit yang putih dan bersih serta cerah menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi mereka yang dituntut untuk selalu tampil cantik dan sempurna setiap saat. Tidak hanya tubuh yang tinggi dan langsing, tetapi kulit ketiak yang bebas bulu dan juga cerah adalah mimpi bagi kebanyakan wanita. Tetapi dengan menghilangkan bulu ketiak dapat menyebabkan masalah lain, diantaranya iritasi atau bahkan menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Selain itu ada beberapa penyebebab yang dapat membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Penyebab Ketiak Hitam : 

1. Mencukur

Seperti telah disinggung sebelumnya, mencukur dapat menyebabkan masalah lain pada ketiak seperti iritasi dan juga menyebabkan kulit ketiak menghitam. Cara mencukur yang salah yang menyebabkan kedua masalah ini terjadi. Oleh sebab itu perhatikan terlebih dahulu alat alat yang digunakan dan cara mencukur dengan benar. ( Baca juga : cara memutihkan ketiak dengan tawas )

2. Mencabuti Bulu Ketiak 

Bagi anda yang sering mencabuti bulu ketiak maka anda jangan heran lagi karena mencabuti bulu ketiak juga akan menyebabkan kulit ketiak anda menjadi hitam. Warna hitam memang sangat mengganggu penampilan anda terutama bagi anda yang hobi dengan menggunakan fashion trendy. Anda juga harus mencari cara untuk mengembalikan kulit ketiak anda seperti dulu kala.

3. Memakai pakaian ketat

Memakai pakaian yang ketat di daerah sekitar ketiak ternyata dapat meningkatkan risiko ketiak menjadi lebih gelap. Ini dikarenakan kulit tidak dapat bernafas dan memilki ruang gerak yang terlalu sempit.  ( Baca juga : manfaat royal jelly jafra )

4. Infeksi bakteri

Ternyata bakteri yang ada di daerah ketiak tidak hanya menyebabkan bau badan yang tidak sedap tetapi juga dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Bakteri yang dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam ialah bakteri corynebacterium minutissimum. Bakteri ini dapat menyebabkan kulit menghitam dan juga dapat menyebabkan bercak coklat kemerahan yang dapat menimbulkan rasa gatal.  ( Baca juga : cara memancungkan hidung dalam 30 menit )

5. Kumpulan sel kulit mati

Hal selanjutnya yang mungkin dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam ialah karena jarang membersihkan bagian ketiak. Sehingga terjadi penumpukan sel sel kulit mati yang membuat ketiak menjadi terlihat hitam. Karena adanya tumpukan sel sel kulit mati, sel sel baru sulit untuk bergenerasi. ( Baca juga : cara menghilangkan bulu kaki dengan pepaya )

6. Merokok

Merokok jelas sangat tidak baik dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit dan tidak hanya itu merokok juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap. Ternyata tidak hanya bibir saja yang menghitam, tetapi kulit ketiak juga bisa jadi menggelap diakibatkan merokok. Jadi jauhilah rokok.  ( Baca juga : cara memutihkan wajah dengan beras )

7. Sel Kulit Mati 

Dengan adanya sel kulit mati merupakan salah satu penyebab ketiak hitam yang sering terjadi. Maka anda saat mandi bisa menggosok ketiak anda menggunakan sabun scrub atau lulur mandi scrub.

8. Hormon

Setiap orang memiliki tingkatan hormon yang berbeda beda. Jadi anda tidak usah takut, anda bisa mengatasinya dengan cara cara yang alami. Dengan cara alami anda bisa mengatasi kulit ketiak anda yang hitam akibat hormon. Untuk menyeimbangkan hormon maka anda juga harus mengkonsumsi makanan makanan yang sehat pula.

9. Deodorant

Bagi anda yang hobi menggunakan deodoran karena untuk menghindari bau badan maka anda juga harus pintar pintar memilih deodoran yang cocok dengan kulit anda. Jika anda salah dalam memilih deodoran maka akan menimbulkan ketiak hitam. Dalam kandungan deodorant yang memiliki bahan kimia berbeda beda sehingga membuat ketiak anda hitam.

10. Acanthosis nigricans

Ini bisa terjadi pada ketiak anda, selain ketiak Acanthosis nigricans ini bisa terjadi pada lipatan lipatan tubuh anda. Hal ini bisa terjadi karena produksi insulin. Acanthosis nigricans bisa terjadi pada orang orang yang memiliki kelebihan berat badan. Anda bisa mengatasi nya dengan  salicylic acid untuk mengurangi warna hitam yang terjadi pada ketiak anda.

11. Hiper-pigmentasi

Bagi anda yang memiliki pigmen melamin berlebihan maka ketiak anda akan memiliki warna yang hitam gelap, maka dengan adanya masalah ini, anda bisa mengunjunginya ke dokter untuk konsultasi dengan masalah yang sedang kamu alami.

Itulah hal hal yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Hindari penyebab penyebab diatas untuk dapat terhindar dari ketiak hitam. ( Baca juga : penyebab rambut berkutu )

Cara Mengatasi Ketiak Hitam

  1. Menggunakan lemon

Lemon dikenal sangat baik untuk memutihkan kulit tubuh. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan cara menggosok gosokan lemon ke daerah ketiak yang gelap.  ( Baca juga : cara memutihkan ketiak dengan baking soda )

  1. Kentang

Cara penggunaannya mirip dengan menggunakan lemon, hanya cukup digosokan saja ke daerah ketiak yang gelap.  ( Baca juga : penyebab rambut berkutu )

  1. Baby Oil

Saat ini kita akan membahas lebih dalam bagaimana baby oil dapat membantu mencerahkan kulit ketiak yang gelap.  ( Baca juga : penyebab kulit keriput )

Baby oil adalah produk yang memang dikhususkan untuk bayi. Baby oil digunakan untuk melembabkan kulit bayi yang sensitif agar tetap lembut dan tidak kering. Apa sih yang menyebabkan baby oil sangat berguna bagi bayi maupun orang dewasa. Karena baby oil tidak hanya digunakan untuk bayi saja tetapi orang dewasa pun gemar memakai produk ini. Baby oil memilki kandungan kandungan yang banyak manfaatnya yang membuat baby oil itu sendiri sangat bermanfaat.

Kandungan kandungan tersebut ialah:

  1. Mineral Oil

Dalam baby oil kandungan utamanya ialah mineral oil. Minyak jenis ini berasal dari petroleum yang sangat aman bagi kulit dan memilki sejuta manfaat. Wujud dari mineral oil ini sangat cerah dan cenderung tidak memilki warna serta tidak berbau.  ( Baca juga  : manfaat teh hijau untuk wajah )

  1. Vitamin A

Vitamin  A dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Baby oil mengandung banyak vitamin A yang dimasukkan ke dalam bentuk retinol. Ternyata retinol ini tidak hanya berguna bagi bayi dan aka melembutkan kulit bayi, tetapi berguna bagi orang dewasa karena ternyata retinol dapat membantu menghilangkan jerawat. Tidak salah kenapa orang dewasa gemar memakai baby oil.  ( Baca juga : rahasia awet muda )

  1. Madu

Madu telah dikenal sebagai bahan alami yang dapat membantu melembabkan kulit dan menjaganya agar tidak kering. Meskipun di dalam baby oil tidak terlalu banyak mengandung madu, tetapi kandungan madu ini cukup untuk nutrisi baby oil. Kandungan madu yang terdapat di baby oil dapat menjadi antiseptic bagi kulit bayi.  ( Baca juga : krim peeling wajah yang bagus )

  1. Ekstrak lidah buaya

Siapa sangka dalam baby oil terkandung ekstrak lidah buaya. Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk membantu menutri rabut tetapi dapat berguna pula bagi kulit manusia. Gel lidah buaya yang terdapat di baby oil pastinya sudah melalui berbagai proses yang khusus untuk menghilangkan bahan bahan beracun atau zat zat kimia yang berbahaya khususnya untuk bayi. Ekstra lidah buaya ini ternyata dapat membantu menghaluskan dan melembutkan kulit.   ( Baca juga : masker lumpur jafra )

Dengan kandungan kandungan yang terdapat di baby oil tersebut, tetapi tidak hanya berfokus untuk melembutkan kulit dan menghaluskan kulit. Terdapat berbagai macam kegunaan lainnya dari baby oil yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan ataupun kegiatan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan tubuh manusia. Kegunaan baby oil tersebut di antaranya :

  1. Membersihkan make up
  2. Perawatan kuku
  3. Perawatan tangan dan kaki
  4. Minyak cukur
  5. Menghilangkan stretch mark
  6. Menghilangkan kulit bersisik
  7. Menghilangkan kaki pecah pecah
  8. Membersihkan cat
  9. Membersihkan kotoran telinga
  10. Mencerahkan kulit ketiak

Hal yang sangat amat menganggu adalah kulit ketiak yang hitam. Ternyata baby oil dapat membantu mencerahkan kulit ketiak. Dengan kandungan kandungan yang terdapat pada baby oil maka memang benar seharusnya baby oil dapat membantu mengembalikan warna kulit ketiak yang gelap menjadi kembali lebih cerah. Bagaimana caranya ?

  1. Cara memutihkan ketiak dengan baby oil yang pertama sangat mudah dan dapat dilakukan ketika sedang bersantai santai dirumah. Cukup oleskan baby oil pada seluruh bagian ketiak secara merata. Diamkan 10 hingga 15 menit, lalu setelah itu jangan dibilas dengan air namun angkat dengan kapas sehingga kotoran kotoran diketiak dan sel sel kulit mati dapat terangkat dan kulit ketiak menjadi lebih bersih.  ( Baca juga : cara menghaluskan wajah bopeng )
  2. Cara yang kedua ialah dengan mencampurkan bahan bahan alami lainya dengan baby oil. Cara memutihkan ketiak dengan baby oil ini cukup efektif. Sebenarnya minyak zaitun maupun minyak kelapa bisa di substitusi dengan baby oil karena kandungannya yang mirip dan bermanfaat bagi kulit. Campukan bubuk kunyit dengan baby oil dan oleskan campuran ini ke daerah ketiak hingga merata dan bilas dengan air bersih.  ( Baca juga : cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya )
  3. Campuran antara baby oil dan beras akan membuat scrub alami yang dapat membantu mengangkat sel sel kulit mati yang menyebabkan kulit ketiak menghitam. Campurkan beras yang tentunya sudah dicuci bersih terlebih dahulu dan tambahkan beberapa tetes baby oil sesuai dengan kebutuhan. Gosokan scrub alami ke daerah ketiak dan bilas dengan air bersih sesudahnya.  ( Baca juga : cara merawat wajah dengan madu )

Itulah penyebab kulit ketiak yang menghitam dan beberapa tips mudah untuk mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Ternyata bahan bahan yang dapat digunakan untuk membantu mencerahkan kulit ketiak yang hitam sangat mudah ditemukan contohnya adalah dengan menggunakan baby oil. Dengan kandungan baby oil yang tinggi akan manfaat yang baik bagi kulit. Baby oil adalah bahan yang mudah dan aman untuk mencerahkan kulit ketiak. Selamat mencoba Ladies !