5 Cara Membuat Masker Coklat Bubuk Untuk Wajah Dengan Cepat

Mendengar kata coklat, pasti yang terbayang adalah penganan manis berwarna coklat dan berbentuk batang, atau minuman hangat yang enak disantap saat cuaca dingin. Orang memang lebih mengenal coklat sebagai suatu bahan makanan atau minuman lezat untuk dikonsumsi dan memiliki manfaat bagus untuk kesehatan jantung dan tekanan darah, namun sedikit yang mengetahui jika ada manfaat coklat untuk kulit misalnya manfaat lulur coklat untuk kulit. Coklat kaya akan kandungan antioksidan yang memberi kulit perlindungan ekstra untuk melawan radikal bebas dan menutrisi kulit.

Manfaat cokelat untuk kulit dalam bentuk bubuk adalah bahan yang digunakan dalam rutinitas perawatan kecantikan. Bubuk coklat adalah bubuk berwarna coklat gelap tanpa pemanis yang diekstrak dari buah coklat. Buah coklat tersebut tumbuh di pohon coklat, dan untuk mendapatkan bubuknya, buah coklat dikeringkan, difermentasi, dipanggang dan dipecahkan. Hasilnya adalah biji coklat yang kemudian digiling dan menghasilkan dua substansi yaitu cocoa butter dan pasta berwarna coklat yang disebut chocolate liquor. Setelah memeras lemaknya, kemudian chocolate liquor dikeringkan lagi dan digiling sampai menjadi coklat bubuk.

Membuat Coklat Bubuk Menjadi Masker Wajah

Ada dua jenis coklat bubuk yaitu coklat bubuk alami dan coklat bubuk dutch processed yang menggunakan alkali dalam proses pembuatan coklat bubuk tersebut untuk mengurangi tingkat keasamannya dan menghilangkan rasa asam. Anda bisa menggunakan jenis coklat bubuk yang manapun dalam cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah berikut ini.

1. Coklat Bubuk dan Krim Kental

Ini adalah masker wajah yang sangat menutrisi dan menghidrasi bagi kulit dan cocok digunakan untuk semua tipe kulit untuk menenangkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal dan juga menghaluskan.

  • Siapkan satu sendok makan coklat bubuk tanpa pemanis dan krim kental atau heavy cream.
  • Campur kedua bahan dan aduk menggunakan sendok sampai merata dan membentuk pasta yang halus tanpa bongkahan.
  • Oleskan pada kulit wajah yang kering dan biarkan sekitar 15 menit.
  • Bersihkan masker dengan waslap bersih dan bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan.

2. Coklat Bubuk dan Yogurt

Cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah ini bisa berguna untuk kulit yang rawan berjerawat tanpa harus membuat kulit menjadi kering. Yogurt dapat digunakan sebagai bahan untuk cara mencerahkan kulit wajah yang bagus.

  • Siapkan satu sendok teh coklat bubuk, satu sendok teh yogurt dan satu sendok teh madu.
  • Campur coklat bubuk dan madu serta yogurt. Bubuk coklat bisa sulit dibaurkan, jadi Anda perlu bersabar pada tahap ini. Tetap mencampur sampai terlihat seperti coklat leleh.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, keringkan lalu oleskan masker secara merata di wajah kecuali area bibir dan mata.
  • Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

3. Coklat Bubuk dan Kayu Manis

Coklat dan madu memiliki kandungan antioksidan yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa membuat kulit wajah menjadi kering, membuat kulit tetap halus dan kenyal. Manfaat bubuk kayu manis untuk wajah dicampur dengan coklat bubuk akan menjadi masker yang bagus, namun waspadai efek samping kayu manis untuk wajah jika digunakan berlebihan.

  • Siapkan satu sendok makan coklat bubuk dan sejumput kayu manis serta satu sendok makan madu murni
  • Campur semua bahan di dalam mangkuk bersih sampai menjadi pasta. Jika terlalu kental, tambahkan lagi madu secukupnya.
  • Oleskan pada wajah dan leher Anda.
  • Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Coklat Bubuk dan Fuller’s Earth

Air perasan lemon dan yogurt akan mencerahkan kulit dan membuka sumbatan pada pori – pori kulit. Coklat bubuk yang dikombinasikan dengan minyak kelapa dan clay, akan meremajakan kulit.

  • Siapkan seperempat cangkir coklat bubuk, dua sendok makan Fuller’s Earth, dua sendok makan yogurt tawar, satu sendok makan air perasan lemon, dan satu sendok teh minyak kelapa.
  • Campur semua bahan sampai merata.
  • Oleskan ramuan pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan.
  • Bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan dua kali dalam seminggu.

5. Coklat Bubuk dan Kopi Bubuk

Cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah ini tidak hanya akan menutrisi kulit namun juga akan memberikan manfaat eksfoliasi wajah. Minyak kelapa akan menjaga kulit tetap terhidrasi, sedangkan produk susu akan melembabkannya.

  • Siapkan empat sendok makan bubuk coklat, empat sendok makan bubuk kopi, delapan sendok makan krim kental (Anda bisa menggantinya dengan susu almond atau yogurt) dan dua sendok makan santan.
  • Campur semua bahan dan aduk merata
  • Oleskan pada wajah dan leher Anda
  • Biarkan selama 20 – 30 menit
  • Bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

Kulit kita tentunya membutuhkan sedikit perawatan dan dimanjakan setelah berbagai make up, kotoran dan polusi yang diterima sepanjang hari dan setiap hari. Coklat merupakan cara yang tepat untuk merawat kulit wajah dan leher. Sebelum melakukan cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah, Anda sebaiknya membersihkan wajah dan leher dari semua bekas kotoran dan debu serta make up. Kondisi kulit yang bersih akan memudahkan penyerapan bahan masker pada wajah dan leher. Jangan pernah membiarkan masker coklat bubuk menjadi kering sepenuhnya karena Anda akan harus menggosok dengan keras untuk membersihkannya yang pada akhirnya akan merusak kulit. Bersihkan masker yang setengah kering dengan cara menggosok pelan dalam gerakan melingkar. Hindari area mata dan hidung serta mulut ketika menggunakan masker.