7 Ciri-Ciri Sel Kulit Mati Pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Kondisi kulit wajah adalah salah satu hal yang dapat mempengaruhi penampilan. Sehingga perlu dilakukan perawatan wajah, agar wajah terhindar dari masalah kulit wajah. Masalah kulit biasanya timbul karena kurangnya perawatan dan kebersihan. Dari sekian masalah kulit, sel kulit mati bisa menjadi salah satu pemicunya. Adanya kondisi wajah tertentu karena tumpukan sel kulit mati menunjukkan, bahwa wajah kurang dan harus mendapatkan perawatan. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri kulit mati pada wajah:

1. Kulit wajah kusam

Sel kulit mati di wajah dapat menjadi penyebab wajah kusam tak bercahaya. Kurangnya perawatan pada kulit wajah dapat mengakibatkan sel kulit mati menumpuk dan tidak ternutrisi. Akibatnya regenerasi kulit dapat terhambat, kulit wajah akan terlihat kusam dan tidak sehat.

2. Kulit wajah kering dan kasar

Sel kulit mati dapat menumpuk karena faktor lingkungan. Kondisi lingkungan yang kering atau dingin dapat membuat kulit kehilangan kelembabannya, sehingga kulit menjadi kering atau kasar. Apabila hal ini terjadi, sel kulit mati akan terperangkap di bawah kulit dan tidak bisa dikeluarkan. Cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar adalah melakukan eksfoliasi kulit wajah dan dilanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab yang cocok untuk kulit wajah. Selain menjaga kelembaban, pelembab juga dapat mencegah tertumpuknya sel kulit mati pada wajah.

3. Muncul kerutan atau garis halus di wajah

Ciri-ciri sel kulit mati pada wajah salah satunya adalah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis halus di wajah. Semakin bertambah usia, proses regenerasi kulit akan semakin melambat sehingga pergantian sel kulit mati dengan sel kulit menurun. Tidak hanya itu, tanda penuaan juga bisa muncul di usia muda. Penyebab kulit keriput dengan cepat di usia dini  salah satunya adalah karena penggunaan skincare yang tidak tepat atau tidak cocok. Sehingga sel kulit mati tidak bersih sempurna dan menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus di wajah.

4. Flek hitam pada wajah

Penyebab bintik hitam pada wajah adalah karena kurangnya perawatan dan kebersihan wajah. Sehingga sel kulit mati akan terus bertumpuk dan berubah menjadi bintika atau flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dapat dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi akan membuat sel kulit mati terkelupas sedikit demi sedikit, sehingga jika dilakukan secara rutin flek hitam dapat hilang dengan sempurna.

5. Muncul jerawat dan komedo

Apabila sel kulit mati menumpuk pada pori-pori, maka pori-pori wajah akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori membuat kulit tidak bisa bernafas dan tidak bisa mengeluarkan minyak dan kotoran. Sehingga muncul jerawat atau komedo karena reaksi yang terjadi antara kotoran, minyak dan sel kulit mati pada pori-pori wajah. Untuk itu, membersihkan wajah setelah beraktivitas sangatlah dianjurkan karena untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah.

6. Bekas jerawat lama susah hilang

Jerawat dan bekasnya dapat membuat sel kulit cepat untuk mati. Bekas jerawat yang susah hilang biasanya disebabkan karena tumpukan sel kulit mati pada wajah yang kurang terawat. Sama halnya dengan flek hitam, penggunaan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan eksfoliasi wajah. Manfaat eksfoliasi untuk wajah dengan bekas jerawat adalah mengangkat lapisan kulit mati dan membantu mencerahkan warna kulit, sehingga bekas jerawat dapat berangsur hilang.

7. Skincare tidak mempan di wajah

Sel kulit mati yang menumpuk di kulit bisa menghalangi masuknya nutrisi skincare ke dalam kulit.  Hasilnya, tidak akan ada perubahan pada wajah setelah memakai skincare tersebut. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya eksfoliasi, walaupun skincare yang lain cukup lengkap. Eksfoliasi akan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kulit dapat bernafas dengan lega dan lebih bersih, sehingga kemampuannya untuk menyerap nutrisi kembali normal.

Berdasarkan ciri-ciri sel kulit mati pada wajah di atas, dapat disimpulkan bahwa eksfoliasi adalah perawatan wajah yang paling efektif untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk hasil yang maksimal, eksfoliasi wajah bisa dilakukan antara 1-2 kali dalam seminggu.