7 Perbedaan BB Cream dan Concealer Pemula Wajib Tahu

BB cream merupakan salah satu produk make up untuk pemula yang menghasilkan makeup natural sehari-hari. Namun hasil pemakaian BB cream kadang kurang memuaskan karena berbagai cela di wajah seperti bekas jerawat atau bopeng masih terlihat dan hanya bisa ditutupi dengan concealer. Apa saja fungsi concealer? Apa bedanya dengan BB cream? Di bawah ini akan diulas mengenai beberapa perbedaan antara BB cream dan concealer.

1. Fungsi

Perbedaan paling utama dari BB cream dan concealer adalah fungsinya. Fungsi BB cream adalah sebagai esential cream, yang dapat digunakan untuk menutrisi sekaligus sebagai alas bedak ringan. Sedangkan fungsi utama concealer adalah sebagai menutup cela di wajah yang tidak bisa tertutupi dengan BB cream maupun foundation secara maksimal.

2. Kandungan

Pada umumnya BB cream tidak hanya berfungsi sebagai makeup, tapi juga memiliki manfaat skincare. BB cream sebagai pengganti foundation biasanya juga mengandung pelembab dan SPF, yang bisa menghaluskan dan mencegah kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak. BB cream yang bersifat ringan juga tidak baik digunakan untuk kulit bermasalah dan tidak menyumbat pori-pori kulit. Sedangkan concealer hanya berfungsi sebagai makeup untuk menutup kekurangan kulit saja.

3. Tekstur

Perbedaan BB cream dan concealer juga dapat dilihat dari teksturnya. BB cream memiliki tekstur yang lebih encer dan tidak bisa menutupi kekurangan di wajah cocok sebagai cara makeup natural. Sedangkan concealer memiliki tekstur yang lebih kental atau padat jika dibandingkan dengan BB cream maupun foundation. Hal ini membuat concealer lebih sempurna untuk menutupi bintik hitam, jerawat atau bekasnya atau kemerahan di wajah dan membuat wajah lebih tampak mulus.

4. Range warna

BB cream yang beredar di pasaran Indonesia pada umumnya hanya memiliki 1 sampai 3 varian warna saja. Sehingga terkadang untuk kulit yang gelap sulit untuk menemukan warna yang cocok untuk kulit. Sedangkan concealer biasanya tersedia dari warna yang sangat terang sampai gelap, bahkan ada beberapa warna lain seperti orange, ungu atau hijau. Setiap warna concealer memiliki fungsi yang berbeda untuk menutupi kekurangan di wajah.

5. Penggunaan warna

Untuk penggunaan BB cream, warna yang cocok digunakan adalah warna BB cream yang sesuai dengan warna kulit. Sedangkan pada concealer tidak hanya warna yang sesuai dengan warna kulit, concealer yang warnanya beberapa tingkat lebih terang cocok sebagai highlight atau cara memancungkan hidung dengan makeup. Sedangkan untuk warna yang lebih tua dapat digunakan sebagai shading dan warna lain seperti hijau dapat digunakan untuk menutupi kemerahan di wajah atau warna orange untuk menutupi kantung mata atau noda kehitaman.

6. Variasi

Salah satu perbedaan BB cream dan concealer lainnya varian bentuk dari keduanya. BB cream memiliki tekstur cair baik di kemasan pump, tube atau cushion. Sedangkan bentuk concealer memiliki bentuk yang lebih bervariasi. Concealer dapat berbentuk cair, padat seperti krim, stik maupun pensil.

7. Cara penggunaan

Dari segi cara menggunakan BB cream atau concealer sangatlah berbeda. BB cream digunakan sebagai alas bedak ringan dan natural, yang diaplikasikan ke seluruh wajah. Sedangkan concealer pada umumnya hanya digunakan pada area tertentu seperti bawah mata, batang hidung atau titik-titik dimana bintik hitam dan cela lain di wajah berada. Pemakaian concelaer biasa sampai merek concealer yang bagus pun di seluruh permukaan wajah, biasanya malah akan membuat wajah terlihat seperti topeng dan menor.

Demikian ulasan mengenai beberapa perbedaan BB cream dan concealer, semoga bermanfaat.