6 Perbedaan Foundation dan BB Cream yang Harus Diketahui Pemula

Seseorang yang sedang belajar dan memulai menggunakan makeup, terkadang bingung mengenai perbedaan antara foundation dan BB cream. Jika dilihat sekilas seperti tidak ada bedanya, juga keduanya memiliki fungsi yang sama untuk menyamarkan kekurangan di wajah. Apakah ada perbedaan foundation dan BB cream? Tentu saja ada. Walaupun tampak sama, ternyata foundation dan BB cream ini memiliki beberapa perbedaan yang akan diulas di bawah ini.

1. Tekstur

Foundation memiliki tekstur lebih kental jika dibandingkan dengan BB cream. Sehingga setelah pengaplikasian di wajah, biasanya foundation terasa lebih berat dan jika salah cara memakainya bisa terlihat seperti retak atau tidak halus. Walaupun begitu juga banyak merk foundation yang bagus untuk sehari-hari yang enteng dan mudah dibaurkan. Sedangkan BB cream memiliki tekstur yang lebih enteng, lebih mudah dibaurkan dan nyaman digunakan untuk sehari-hari.

2. Tingkat coverage

Untuk tingkat coverage atau menutupi kekurangan di wajah, tentunya foundation lebih baik jika dibandingkan dengan memakai BB cream. Foundation memiliki tingkat coverage dari sheer (tipis), medium dan full coverage. Sehingga Anda bisa memilih coverage yang diinginkan, tergantung dengan tujuan penggunaan foundation. Sedangkan untuk BB cream pada umumnya memiliki tingkat coverage yang sheer dan kurang menutup noda di wajah. Sehingga untuk pemakaian BB cream lebih cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan makeup natural.

3. Formula

Salah satu perbedaan foundation dan BB cream adalah pada formula atau kandungan di dalamnya. Selain memiliki fungsi sebagai alas bedak yang ringan, BB cream memiliki kandungan skincare yang dapat merawat kulit. Hal ini membuat BB cream lebih nyaman digunakan untuk kulit wajah bermasalah seperti kulit kering, beruntusan, berjerawat dan dapat digunakan sebagai cara melembabkan kulit. Sedangkan foundation lebih berfungsi untuk alas bedak saja dan kurang disarankan untuk penggunaan rutin pada kulit yang bermasalah.

4. Ketahanan

Foundation memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan BB cream. Selain coveragenya yang lebih baik, foundation lebih cocok digunakan untuk pemakaian dengan waktu lama atau untuk acara yang lebih formal dan penting seperti penggunaan foundation tahan lama untuk pengantin. Sedangkan BB cream kurang tahan lama, apalagi digunakan untuk acara formal yang membutuhkan tampilan makeup maksimal.

5. Cara pengaplikasian

Untuk pengaplikasian di wajah, foundation dan BB cream memang dapat cukup menggunakan jari. Namun untuk foundation, jika menggunakan jari saja terkadang hasil di wajah tidak rata dan tidal maksimal. Untuk itu akan lebih baik jika foundation diaplikasikan dengan alat seperti blender sponge atau brush, agar hasilnya lebih rata dan lebih halus. Sedangkan BB cream memiliki tekstur ringan, sehingga mudah diratakan hanya dengan jari saja.

6. Range warna

Bedanya foundation dan BB cream lainnya adalah range warna yang tersedia. Biasanya berbagai merk foundation memiliki range warna dari kulit putih hingga foundation untuk kulit sawo matang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Sedangkan pada umumnya BB cream memiliki range warna yang terbatas yaitu 1 hingga 3 varian warna saja. Ada beberapa merk luar yang memiliki banyak range warna BB cream, namun sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan, jika Anda ingin tampilan natural dapat menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation. Namun jika membutuhkan makeup full atau untuk acara tertentu dapat menggunakan foundation. Semoga bermanfaat.