5 Cara Membersihkan Cermin Hingga Tuntas

Cermin sangat berguna dalam kehidupan sehari – hari kita, terutama untuk para wanita yang lebih memedulikan penampilannya. Anda tentu sering menggunakan cermin untuk cara mempercantik alis, cara mengetahui warna kulit asli kita atau untuk cara menghilangkan flek hitam di hidung.  Kotoran yang menumpuk pada cermin tentu akan menyusahkan jika kita hendak menggunakannya untuk mengecek penampilan. Cermin bisa sangat mudah mengalami penumpukan kotoran, debu dan lainnya dimanapun Anda meletakkannya atau bagaimanapun seringnya dibersihkan. Masalah cermin kotor bisa menjadi tantangan yang paling menyebalkan bagi orang yang mengerjakan kegiatan rumah tangga. Kotoran seperti bekas jari dan sisa semprotan parfum atau produk kecantikan lainnya bisa menjadi sulit dibersihkan secara total dari cermin. Untuk itu diperlukan cara membersihkan cermin yang lebih cocok sehingga bisa membuat kaca cermin menjadi bening dan jernih untuk merefleksikan diri Anda ketika sedang berkaca.

1. Menyiapkan Peralatan

Alat – alat yang diperlukan untuk cara membersihkan cermin adalah lap mikrofiber, wadah, spons, alkohol, cuka putih atau air lemon dan air. Usahakan untuk menghindari menggunakan tisu kertas atau koran karena materialnya yang kasar bisa meninggalkan goresan di kaca cermin seiring waktu atau meninggalkan noda. Dahulu koran kerap menjadi cara ampuh untuk membersihkan cermin, tetapi tinta yang digunakan sekarang ini bisa meninggalkan residu di kaca cermin, karena tinta yang digunakan berganti dari tinta berbahan dasar petroleum menjadi tinta berbahan dasar kedelai. Pilihlah lap mikrofiber yang tipis agar mudah menyerap kotoran atau cairan pembersih.

2. Menyiapkan Pembersih

Anda bisa melakukan cara membersihkan cermin dengan pembersih siap pakai yang banyak tersedia di toko, tetapi pembersih buatan sendiri biasanya lebih murah dan aman untuk digunakan. Ada beberapa cara membersihkan cermin dengan menggunakan bahan – bahan berikut:

  • Cara membuat larutan cuka putih untuk membersihkan cermin yaitu dengan melarutkan satu bagian cuka putih setiap empat bagian air panas dalam wadah. Jadi untuk setiap empat cup air yang Anda gunakan, Anda akan membutuhkan satu cup cuka putih. Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan botol semprot agar lebih mudah.
  • Jika cermin tidak terlalu kotor, cara membersihkan cermin bisa berlangsung beberapa detik saja dengan air hangat dan lap mikrofiber. Apabila ada sedikit kotoran lain, cairkan larutan pembersih kaca dengan air hangat dan gunakan spons untuk menyeka permukaan kaca. Lalu seka sisa kotoran apapun dengan lap bersih berbahan mikrofiber.
  • Anda juga bisa menggunakan cairan pencuci piring dengan takaran tiga tetes cairan dengan satu galon air hangat. Hindari menggunakan terlalu banyak cairan pencuci piring karena bisa meninggalkan residu.
  • Anda bahkan bisa memanfaatkan shaving cream sebagai cara membersihkan cermin yang juga bisa sekaligus mencegah cermin menjadi berembun. Gosok sedikit krim pencukur di seluruh cermin Anda, lalu seka dengan lap sampai bersih.

3. Menggunakan Alkohol

Sebelum melakukan cara membersihkan cermin menggunakan cuka putih, gunakan alkohol lebih dulu. Basahi lap dengan alkohol dan gosok setiap titik kotoran satu persatu. Lakukan secepat mungkin karena alkohol sangat mudah menguap. Kemudian Anda bisa mulai menggunakan larutan cuka untuk cermin. Menghilangkan kerak dari cermin menggunakan alkohol akan memudahkan Anda untuk melakukan cara mengetahui jenis kulit tubuh atau cara mengukur bra dengan mudah.

4. Hindari Gerakan Melingkar

Jangan membersihkan dengan gerakan melingkar. Bersihkan dari sisi ke sisi serta arah atas ke bawah untuk mengurangi garis – garis pada cermin. Basahi permukaan cermin menggunakan lap yang sudah diberi larutan pembersih sedikit demi sedikit. Lipat lap Anda untuk memudahkan pemakaiannya. Jika Anda melihat satu sisi lap sudah kotor, maka sisi lainnya masih bisa digunakan. Anda juga bisa menggunakan lap untuk menyeka cermin dalam pola ‘S’ dari ujung ke ujung, atas ke bawah.

5. Perhatikan Sudut Tersembunyi

Perhatikan apakah ada retak, tekstur atau celah pada cermin Anda yang bisa menjadi tempat akumulasi kotoran yang tidak diketahui. Dengan cara membersihkan cermin mulai dari bagian atas hingga bawah, Anda juga bisa mencegah timbulnya noda tetesan pembersih. Ketika cermin sudah terlihat bersih, coba lihat dari sudut yang berbeda untuk melihat apakah ada area yang dilewatkan. Cermin yang bersih total akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa penyebab kulit keriput dengan berkaca secara seksama dan bagaimana cara merapikan alis yang berantakan dengan tepat.

Tips Membersihkan Cermin

  • Hindari menggunakan pembersih yang mengandung asam, alkali atau amonia karena bersifat terlalu abrasif dan bisa merusak permukaan cermin. Perhatikan kandungan bahan pada cairan pembersih Anda sebelum membeli.
  • Jauhkan cairan dari ujung cermin Anda, karena bisa menyebabkan ujung yang menghitam dan merusak bingkai atau alas cermin. Jika bagian ini tidak sengaja terkena, segera lap sampai kering dan pastikan tidak ada yang tersisa.
  • Hindari menyemprot langsung pada permukaan cermin untuk menghindari bagian ujung yang menghitam. Semprotkan pembersih pada lap terlebih dulu, baru seka lap pada permukaan kaca cermin.

Cara membersihkan cermin bisa memakan waktu lama terutama jika kotoran di permukaannya sudah mengerak. Belum lagi jika di rumah Anda terdapat banyak cermin di berbagai sudut. Karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang paling praktis dan mudah agar dapat menghemat waktu dan tenaga, serta dapat membuat cermin Anda kembali jernih hanya dalam hitungan menit saja. Menggunakan bahan – bahan alami juga akan memudahkan apabila suatu saat Anda kehabisan cairan pembersih kaca dan perlu membersihkan cermin secepatnya, selain itu bebas dari residu bahan kimia yang bisa saja berbahaya bagi kesehatan.