4 Cara Membersihkan Cincin Perak Dengan Benar

Perhiasan sudah pasti menjadi bagian tidak terpisahkan dari aksesoris yang perlu dikenakan oleh wanita. Cincin perak sebagai jenis aksesoris wanita  akan memberikan nuansa berbeda dan sesuai untuk wanita yang kurang menyukai perhiasan emas. Terlebih lagi cincin emas terkadang memiliki desain yang lebih bervariasi daripada cincin emas. Perak adalah logam serbaguna dengan kilauan lembut yang akan menjadi perhiasan cantik, jika Anda bisa memadukannya dengan tips memilih gelang dan tips memilih anting sesuai bentuk wajah. Sayangnya sebagian besar orang kerap mengabaikan perhiasan yang kerap dipakainya dan lupa untuk merawat perhiasan tersebut. Jika memiliki perhiasan perak seperti cincin, untuk menjaganya tetap dalam kondisi kilap yang sempurna maka Anda harus membersihkan dan merawatnya secara teratur.

Hal itu disebabkan perak juga lumayan rentan jika dibandingkan dengan banyak logam lain yang biasa digunakan, bisa cepat terkena noda atau goresan yang jelas terlihat. Cara membersihkan cincin perak mungkin bisa membuat Anda sedikit ragu karena kondisinya yan lunak, namun bukannya tidak mungkin untuk dibersihkan sendiri. Ada produk pembersih khusus yang bisa Anda beli di toko, tetapi harganya bisa menjadi mahal dan terkadang terlalu keras untuk perawatan sehari – hari. Salah satu keunggulan dari perhiasan perak adalah bisa dibersihkan menggunakan peralatan rumah tangga umum dan produk rumah tangga biasa.

Membersihkan Perhiasan Perak

Jika tidak dibersihkan, pada perhiasan perak akan terbentuk lapisan tipis korosi cepat menghasilkan lapisan gelap yang tidak menyenangkan untuk dilihat. Pada dasarnya noda itu adalah hasil reaksi antara hidrogen sulfida atau sulfur yang ada di udara. Dalam banyak kasus, dipercaya bahwa noda pada perhiasan perak adalah hasil oksidasi. Namun hal itu tidak benar karena perak tidak bereaksi terhadap oksigen atau air dalam suhu rata – rata. Itulah sebabnya mengapa perak kerap disimpan dalam tempat yang memiliki aliran udara terbatas, walaupun hanya bisa memperlambat timbulnya noda dan tidak dapat mencegahnya sama sekali. Selain dengan udara, perhiasan perak mungkin juga akan bereaksi dengan tingkat alkali kulit. Kehadiran sulfur dan asam amino yang bisa ditemukan pada deodorant juga bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit dan perhiasan. Cara membersihkan cincin perak secara teratur akan dapat menghindarkannya dari jenis perubahan warna ini.

1. Menggunakan Garam

  • Cara membersihkan cincin perak ini bekerja sebagai pembersih lembut untuk menghilangkan noda tanpa merusak peraknya.
  • Tuangkan dua cup air panas ke dalam baskom atau mangkok secukupnya untuk merendam cincin yang akan dibersihkan.
  • Aduk satu sendok makan garam ke dalam air panas dengan sendok sampai larut.
  • Ambil selembar alumunium foil dan robek beberapa potong lalu masukkan ke dalam baskom.
  • Kombinasi garam dan alumunium akan bereaksi dengan noda pada cincin perak untuk menciptakan permukaan yang mengkilap dan menghilangkan noda.
  • Rendam cincin perak ke dalam larutan dan biarkan selama 5 menit, aduk sedikit untuk melihat apakah nodanya menghilang. Keluarkan jika kilau peraknya sudah pulih dan bilas dibawah air mengalir lalu keringkan dengan handuk lembut.

2. Menggunakan Baking Soda

Anda bisa menggantikan garam dengan baking soda untuk cara membersihkan cincin perak.

  • Masukkan satu sendok makan baking soda per cangkir air mendidih. Larutan akan berbuih dan berbusa sedikit pada awalnya.
  • Tempatkan perhiasan Anda pada wadah, pastikan menyentuh alumunium foilnya agar terjadi reaksi kimia.
  • Tambahkan air mendidih dan baking soda ke dalam baskom yang sudah dialasi alumunium foil di dasarnya.
  • Biarkan selama 10 menit, tergantung pada kepekatan noda pada cincin perak Anda.
  • Bilas dan keringkan cincin setelah noda terangkat.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Cara membersihkan cincin perak juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan pasta gigi. Ambil pasta gigi seukuran kacang polong dan taruh ke wadah, lalu gosok cincin perak Anda dengan spons pencuci piring. Bilas dengan air hangat. Pasta gigi akan menghilangkan sebagian noda tetapi hanya sedikit dan tidak cukup untuk membuat perbedaan yang benar – benar nyata pada seluruh perhiasan. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan area yang sulit dijangkau pada cincin perak, tetapi berhati – hatilah karena akan menggores perhiasan Anda. Mengenakan perhiasan seperti cincin perak akan mengangkat nilai penampilan Anda secara keseluruhan jika dikombinasikan dengan tips memilih kacamata sesuai bentuk hidung, tips memilih jam tangan wanita sesuai warna kulit atau memilih jenis tas wanita dan jenis sepatu wanita yang serasi. 

4. Menggunakan Lemon dan Garam

Cara membersihkan cincin perak berikutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan campuran lemon dan garam. Peras sebuah lemon ke dalam baskom atau mangkuk. Tambahkan tiga sendok makan garam dan air panas. Masukkan cincin ke dalamnya selama lima menit, keluarkan dan lap dengan lap lembut sampai kering.

Selain melakukan cara membersihkan cincin perak dengan benar, Anda juga perlu melakukan pencegahan dengan penyimpanan yang benar. Simpan cincin dalam kantung anti noda di tempat yang kering dan sejuk. Taruh kapur putih di dalam kantong perhiasan untuk menghilangkan kelembapan, kenakan perhiasan setelah menggunakan parfum atau lotion. Semakin sering Anda menggunakan perhiasan tersebut, maka semakin berkurang resikonya untuk terkena noda atau karat. Jika pada cincin Anda terdapat batu, pastikan untuk tidak akan terpengaruh ketika direndam ke dalam larutan. Larutan pembersih kebanyakan tidak berbahaya untuk kebanyakan batu perhiasan, tetapi jika Anda membersihkan perhiasan dengan batu permata yang mahal maka sebaiknya jangan melakukannya sendiri di rumah.