7 Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Agar Tahan Lama

Jam tangan berbahan karet memiliki daya tahan yang sangat baik dan karena itu menjadi pilihan banyak orang. Tips memilih jam tangan wanita juga kerap menyarankan penggunaan jam tangan karet. Banyak produsen merk jam tangan mewah memilih tali jam berbahan karet untuk pemakaian sehari – hari karena daya tahannya yang sangat baik tersebut. Karet juga merupakan bahan yang cukup terjangkau harganya dan bisa bertahan selama bertahun – tahun dengan penanganan yang tepat. Seperti juga tali jam yang berbahan kulit atau logam, tali jam karet juga memerlukan perawatan untuk menjaga bentuknya tetap terpelihara. Sayangnya pada jam tangan bagian tali karetnya tersebut ada bagian atau celah – celah yang sulit dibersihkan. Celah tersebut adalah bagian yang sangat mudah menjadi tempat menumpuknya kotoran. Anda tidak dapat menyekanya dengan satu sapuan mudah seperti bagian mesin jamnya saja. Bagian tali jam adalah yang paling dekat dengan kulit pemakainya, dan karena itu sangat mudah menyerap keringat, kotoran, serta minyak yang terekspos sepanjang hari. Perawatan dengan cara membersihkan jam tangan menjadi suatu hal yang perlu dilakukan dengan hati – hati.

Membersihkan Jam Tangan Karet

Sebelum mencoba metode cara membersihkan jam tangan karet manapun, sangat penting bahwa Anda mewaspadai bentuk apapun dari alergi kulit atau kondisi kulit sensitif yang mungkin dimiliki. Pilihlah bahan pembersih yang tidak akan menimbulkan reaksi pada kulit tangan Anda setelah melakukan tips memilih jam tangan wanita sesuai warna kulit.

1. Isopropil Alkohol

Ambil sedikit alkohol isopropil dan gosokkan pada area tali karet yang bernoda. Cara membersihkan jam tangan karet ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bagian lapisan atas yang teroksidasi. Menggunakan cara ini sesekali bisa membuat karet menyerap alkohol, dan melemahkan struktur dari dalam tali. Setelah beberapa lama Anda mungkin akan melihat retakan pada tali karetnya, dan itu adalah tanda bahwa masa pakai tali karet jam tangan Anda sudah hampir habis. Anda juga perlu mengetahui cara menghilangkan belang di tangan karena pemakaian jam tangan. Lakukan cara memutihkan tangan dengan lulur atau bahan alami lainnya untuk mencegah belang.

2. Aseton

Cara membersihkan jam tangan karet ini adalah metode penghilangan minyak yang lebih kuat daripada menggunakan alkohol. Aseton akan menghilangkan lapisan bagian atas lebih kuat daripada alkohol. Karena itu cara ini tidak bisa digunakan terlalu sering. Akibatnya akan membuat masa pakai tali karet jam tangan Anda menjadi jauh lebih pendek dan mudah rusak, dan tidak direkomendasikan untuk pemakaian teratur. Apabila Anda hanya membersihkan jam satu atau dua kali dalam setahun, maka Anda bisa menggunakan cara ini.

3. Clorox

Jam adalah salah satu jenis aksesoris wanita yang sering digunakan dan membutuhkan pembersihan secara teratur. Siapkan air dan clorox secukupnya, campur sampai merata dan celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan. Gosok bagian bernoda dari tali jam karet menggunakan sikat gigi. Ulangi sampai tampak tali karetnya sudah bersih. Bilas tali dengan air dan pastikan sudah kering benar sebelum digunakan kembali.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa menghilangkan noda yang membandel dari gigi. Jika digunakan secara teratur, sangat mungkin juga bisa menjadi cara membersihkan jam tangan karet. Pilih pasta gigi yang Anda anggap paling banyak mengandung bahan alami dan yang paling lembut. Jangan menggunakan pasta gigi putih karena fomulanya sangat tajam. Gosokkan pasta gigi menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau pada tali karet jam tangan.

5. Baking Soda

Baking soda bisa digunakan sebagai material abrasif untuk mengelupas bagian paling atas dari tali karet yang teroksidasi. Ambil selembar kain, celupkan sedikit bagian di dalam air. Dengan kain lembap, gosok baking soda pada bagian yang rusak dengan sedikit tekanan. Anda akan melihat bahwa lapisan baru segera akan terbentuk. Bilas tali jam, keringkan dan selesai. Cara menghaluskan telapak tangan dengan bahan – bahan alami juga dapat Anda lakukan setelah terekspos cairan pembersih kimia yang keras.

6. WD-40

Cara membersihkan jam tangan karet ini adalah yang paling akhir direkomendasikan karena bisa menjadi cara yang paling merusak jika dilakukan terlalu kasar. Prosedurnya sama dengan menggunakan alkohol namun WD-40 lebih kuat dari aseton atau alkohol dan bisa mematahkan tali jam karet Anda khususnya jika terbuat dari kualitas yang lebih rendah. Cara ini biasanya dilakukan sebagai pilihan terakhir. Untuk menghindari kerusakan akibat WD-40, gunakan hanya dalam takaran yang sangat sedikit. 

7. Sabun dan Air

Untuk menjaga agar kotoran tidak bertambah, bersihkan talinya setiap hari dengan sabun dan air.  Cara membersihkan jam tangan karet memerlukan air hangat dan sabun ringan, karena produk pembersih yang lebih kuat akan cenderung menurunkan kualitas dari struktur tali karet tersebut. Celupkan tali jam pada larutan air hangat dan sabun lalu digosok – gosok sampai bersih.

Tips Membersihkan Tali Karet

Mencegah kerusakan pada tali karet sama pentingnya dengan membersihkan dan memperbaikinya. Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa kerusakan umum tidak menghancurkan tali karet jam Anda.

  • Lap yang dibuat untuk membersihkan monitor komputer juga bekerja dengan baik untuk menghilangkan kotoran dari tali karetnya.
  • Hindari menggunakan sikat macam apapun setiap hari karena bisa membuat tali karet cepat rusak.
  • Walaupun Anda melakukan perawatan yang paling baik, tali jam karet biasanya hanya dapat bertahan selama maksimal 18 – 24 bulan.
  • Bilas tali karet dengan air dan keringkan dengan lap lembut setelah terekspos air asin atau klorin.
  • Hindari pemakaian langsung aftershave, parfum, atau cologne pada kulit tangan yang bisa menodai atau membuat tali karet menjadi kering.

Lakukan cara membersihkan jam tangan karet setiap kali Anda mengalami keringat berlebihan. Membersihkan tali karet jam tangan lebih mudah dilakukan daripada membersihkan jenis tali jam lainnya dengan cara yang sudah disebutkan di atas. Berhati – hatilah dengan penggunaan bahan pembersih yang Anda pilih. Pastikan untuk menggunakan bahan pembersih sesuai aturan untuk menghindari kerusakan lebih jauh pada tali jam karena bahan pembersih yang kasar.