3 Cara Membersihkan Oli Di Baju Dengan Cepat

Orang – orang yang bekerja di industri otomotif tidak aneh lagi dengan sisa noda – noda oli pada bajunya. Apakah itu minyak dari sepeda motor atau minyak dari kegiatan memasak Anda, bahan – bahan yang mengandung minyak dapat meninggalkan noda yang terlihat jelas pada baju. Walaupun bukan seorang mekanik, terkadang kegiatan yang melibatkan oli tidak dapat kita hindari. Tentunya hal itu akan sangat menjengkelkan karena noda oli berminyak sulit dihilangkan, terlebih lagi jika  yang terkena noda oli adalah baju favorit. Berita baiknya adalah bahwa sedikit cipratan tidak berarti Anda harus berhenti mengenakan baju favorit tersebut.

Banyak anggapan bahwa tidak mungkin untuk menghilangkan minyak dan lemak dari noda oli di pakaian, tetapi hal ini tidak benar. Walaupun minyak dan pakaian bukan merupakan kombinasi yang bagus, Anda bisa belajar bagaimana menghilagkan minyak dan noda lemak pada pakaian dengan benar. Tipsnya adalah jangan panik dan justru melakukan hal – hal yang bisa membuatnya semakin buruk seperti menggosok dan menyebarkan nodanya lebih jauh pada baju. Minyak dan air memang tidak dapat menyatu, dan ketika dicuci maka sangat wajar jika noda minyak seperti oli di pakaian tidak akan mudah dihilangkan. Untuk membuat pakaian Anda bersih kembali, ada beberapa cara membersihkan oli di baju yang bisa dicoba.

1.Bedak Bayi

Manfaat bedak bayi untuk masker wajah dan cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi mungkin lebih dikenal daripada kegunaan bedak bayi untuk menghilangkan noda oli pada pakaian. Cobalah tips berikut ini untuk membersihkan noda tersebut dari pakaian Anda, karena inti dari penghilangan noda minyak adalah penyerapan yang bagus.

  • Tempelkan tisu pada noda oli yang berminyak dan coba untuk hilangkan sebanyak mungkin minyaknya dari pakaian sebelum menggunakan bedak bayi.
  • Tuangkan bedak bayi sebanyak mungkin sampai menutupi noda oli tersebut.
  • Seka bedak bayi menggunakan tisu atau sendok dengan hati – hati, hindari penyebaran noda ke bagian lain pakaian.
  • Teteskan sedikit sabun pencuci tangan dan air pada jempol Anda dan oleskan pada noda oli di baju. Ketika sudah berbusa, gunakan sikat gigi bekas dan gosok noda dengan gerakan melingkar.
  • Pastikan untuk mengerjakan cara membersihkan oli di baju pada kedua sisinya, bagian dalam dan bagian luar.
  • Cuci baju dengan sabun cuci pakaian dan jangan digabung dengan baju lainnya.
  • Keringkan baju di udara terbuka dan usahakan tidak menggunakan mesin pengering. Mengeringkan menggunakan suhu panas dapat menyebabkan sisa noda oli akan menempel dan berbekas pada pakaian.
  • Anda bisa mengganti bedak bayi dengan tepung maizena.

2. Sabun Cuci Piring, Sampo atau Sabun Batangan

Sabun cuci piring bisa Anda gunakan ketika akan melakukan cara membersihkan brush make up, cara membersihkan alat penyedot komedo dan cara membersihkan tas.

  • Tuangkan sabun cuci piring ke area noda oli di baju. Anda juga dapat menggunakan sampo atau sabun batangan yang tidak mengandung bahan tambahan apapun, atau menggunakan sabun laundry batangan.
  • Basahi baju dengan air atau amonia, lalu gosokkan sabun ke noda sampai menutupinya.
  • Anda juga bisa memarut sabun batangan dan aplikasikan pada noda di baju yang sudah dibasahi untuk cara membersihkan oli di baju.
  • Untuk noda oli yang sulit hilang, gunakan sikat gigi lama akan membantu untuk menghilangkan noda lebih baik daripada dengan tangan Anda.
  • Anda juga dapat mencampur semua bahan pada mangkuk, aduk sampai berbusa dan oleskan pada noda oli tersebut sampai tercampur rata.
  • Bilas area yang bernoda dengan air lebih dulu lalu Anda bisa menambahkan bilasan cuka putih alam prosesnya. Cuka adalah bahan pembersih alami yang digunakan dalam berbagai aplikasi. Tetapi cuka dapat mengurangi sifat alkali dari sabun atau deterjen sehingga kurang efektif, jadi jangan campurkan deterjen atau sabun apapun dengan cuka putih.
  • Cuci baju dengan sabun pencuci biasa dan biarkan kering di udara terbuka.
  • Ulangi langkah untuk cara membersihkan oli di baju yang sulit dihilangkan.

3. Pembersih Khusus

Pembersih khusus untuk menghilangkan noda oli pada pakaian juga dapat Anda gunakan seperti cara membersihkan jaket kulit dan cara membersihkan sepatu kulit yang memerlukan pembersih khusus untuk bahan kulit.

  • Gunakan WD-40 atau cairan lain yang lebih encer pada pakaian. WD 40 efektif dalam menghilangkan minyak dari beberapa permukaan termasuk untuk cara membersihkan oli di baju.
  • Lakukan tes pada bagian baju yang tidak mencolok sebelum melakukan cara membersihkan oli di baju dengan WD 40. Biarkan menyerap selama 20 menit.
  • Bilas dengan merendam baju seluruhnya dalam air hangat.
  • Cuci pakaian dengan sabun pencuci seperti biasa dan jangan dicampur dengan pakaian lain.

Tips Tambahan Menghilangkan Noda

  • Walaupun prosedur cara membersihkan oli di baju ini umumnya aman untuk digunakan pada semua jenis kain, tetapi sebaiknya Anda selalu membaca labelnya untuk menentukan cara pencucian yang benar.
  • Jika nodanya menempel pada kain yang lembut seperti sutra atau wol, sebaiknya pertimbangkan untuk membawanya pada pembersih profesional.
  • Menghilangkan noda oli baru seringkali lebih mudah daripada menghilangkan noda yang sudah lama menempel. Semakin cepat Anda mengurus nodanya, akan jauh lebih baik.
  • Jika Anda memiliki noda yang sudah menempel, coba semprotkan noda dengan WD 40 sedikit, gosok dan cuci baju seperti biasa. Lakukan tes pada area kain yang tidak terlihat untuk memastikan tidak ada noda yang tertinggal.

Kunci dari cara membersihkan oli di baju adalah kecepatan, jadi ketika baju Anda terkena noda oli maka segeralah untuk melakukan pembersihan awal. Lebih baik lagi, usahakan untuk tidak menggunakan baju favorit Anda ketika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan oli. Jangan pernah mencampur baju bernoda oli Anda dengan cucian baju yang lain, karena nodanya bisa berpindah dan mengotori pakaian lainnya. Cucilah baju bernoda oli secara terpisah dari jenis baju lainnya agar aman.