7 Cara Membuat Henna Bubuk Dari Daun Pacar

Setiap gadis di dunia ini, pasti mengidamkan suatu pernikahan dengan rangkaian acara yang menarik. Menggunakan gaun bagikan Cinderella, dengan kereta kudanya. Selain itu keinginan lainnya juga bisa seperti  membuat resepsi di gedung yang besar, ataupun membuat resepsi di luar ruangan seperti pantai misalnya. Tidak hanya itu bahkan setiap orang tua juga merayakan pernikahan anaknya, dengan menggunakan adat keluarga mereka. Acara tersebut biasanya di hadiri oleh keluarga dan teman dekat saja. Acara malam gadis misalnya, acara ini biasa di buat pada malam satu hari sebelum pernikahan di rumah calon pengantin wanita.

Malam inai atau malam henna misalnya, dalam acara tersebut para undangan yang hadir adalah keluarga dan teman-teman si calon pengantin wanita. Dalam acara ini dilakukan serangkaian acara, seperti menuangkan henna pada telapak tangan di calon pengantin wanita. Hal ini di lakukan karena di anggap memberikan berkat pada si calon pengantin. Selain itu tentu si pengantin juga menggunakan henna pada kuku, tangan, kaki dan bagian tubuh lainya. Menggunakan henna untuk pengantin juga tentu membutuhkan orang yang memiliki seni di bidangnya.

Baca Juga : Bahaya Cat Kuku

Biasanya para pembuat henna ini menerima request model atau bentuk henna yang di inginkan si pengantin. Pembuat henna juga menggunakan beberapa jenis henna, seperti bubuk, pasta dan beberapa lainnya. Henna bubuk juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut calon pengantin, agar terlihat lebih cantik. Menggunakan henna bubuk tentu proses yang paling alami, dan di nilai paling aman. Karena pasti tidak menggunakan bahan kimia, seperti bahan pewarna dan yang lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah

Membuat henna dengan bahan alami memang lebih sulit, karena kita harus benar-benar pandai dalam mengolahnya menjadi henna bubuk. Berbagai skill harus kita miliki, seperti misalnya memilih jenis daun yang baik dan cara mengeringkan nya. Jika kamu ingin membuat henna bubuk sendiri di rumah, ada beberapa cara yang harus kamu ketahui. Yuk simak yang berikut ini, bagaimana cara membuat henna bubuk sendiri di rumah.

Cara Mengolah Daun Pacar Menjadi Henna Bubuk

  1. Pilihlah Daun Pacar Yang Segar

Memilih daun pacar yang segar, adalah salah satu cara dalam membuat henna bubuk yang berwarna pekat. Hal ini harus benar-benar kamu perhatikan, karena cara memetik daun juga menjadi faktor pekatnya warna henna setelah menjadi bubuk nanti. Cara memilih daun pacar bisa kamu lakukan dengan cara seperti berikut.

  • Pilihlah daun pacar di pagi hari, karena jika kamu memilih daun pacar di siang hari maka hasilnya akan kurang maksimal.
  • Petiklah daun pacar dengan hati-hati.
  • Petik daun pacar yang masih segar.
  • Gunakan wadah kering untuk tempat daun henna saat memetik.

Baca Juga : Manfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan

  1. Buanglah Batang Daun Pacar

Memetik daun pacar / henna memang gampang-gampang susah, karena daun henna memang kecil-kecil. Biasanya orang akan memetik daun pacar dengan batangnya, karena mereka menganggap lebih cepat. Tapi jangan lupa jika usai memetik daun pacar dari pohonnya, kamu harus memisahkan antara daun dan batangnya sebelum di keringkan. Karena yang akan kita gunakan sebagai henna bubuk, hanyalah bagian daun nya saja. Cara membuang batang daun pacar, dapat kamu lakukan sebagai berikut.

  • Pisahkan antara daun pacar dan batangnya.
  • Petik daun pacar dari batangnya secara perlahan.
  • Tempatkan batang dan daun di tempat terpisah, agar tidak tercampur kembali.
  • Pastikan jika wadah daun pacar kering atau tidak basah.

Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

  1. Keringkan Daun Pacar Pada Tempat Yang Teduh

Pada umumnya jika orang mengeringkan sesuatu, pasti di tempat yang terkena sinar matahari. Namun tidak demikian dengan cara mengeringkan daun pacar, untuk di jadikan bubuk henna. Cara mengeringkan daun pacar harus benar-benar kita perhatikan, baik tempat maupun kondisi sekitarnya. Jangan mengeringkan daun pacar di bawah sinar mata hari, kenapa demikian ?? Hal ini harus kamu lakukan agar nantinya warna henna tetap pekat. Karena jika kita jemur di bawah sinar matahari, akan mengurangi warna merah dari daun pacar nantinya.

  • Gunakan alas plastik, kertas dan lain sebagainya untuk menjemur daun pacar.
  • Pastikan jika alas yang akan di gunakan untuk menjemur dalam keadaan bersih dan kering.
  • Keringkan daun di tempat yang teduh, jangan sampai terkena sinar matahari.
  • Pipihkan daun secara merata di atas alas yang sudah di siapkan tadi.
  • Jauhkan daun yang di jemur dari kemungkinan terkena cipratan air.
  1. Buanglah Tulang Daun Pacar

Jika daun pacar sudah mengering, kamu harus memisahkan antara daun dan tulang daunnya. Hal ini harus kamu lakukan agar kamu tidak mengalami kesulitan saat menghaluskan daun pacar menjadi bentuk bubuk. Memisahkan daun pacar memang harus penuh dengan ketelatenan, karena daun pacar yang memang berbentuk kecil. Cara memisahkannya bisa kamu lakukan dengan cara seperti berikut.

  • Pastikan jika daun pacar sudah mengering.
  • Pastikan jika tangan mu kering.
  • Pisahkan daun pacar dengan tulang daunnya dengan cara di remas-remas.
  • Pisahkan wadah daun pacar yang sudah tidak bertulang dengan yang masih bertulang.
  1. Menghaluskan Daun Pacar Dengan Cara Tradisional

Menghaluskan daun pacar bisa kamu lakukan dengan cara manual, kamu bisa menghaluskan daunnya dengan mengulek daun pada cobek batu. Cara ini cukup mudah karena tidak perlu repot-repot pergi ke tukang selep di pasar. Tapi jangan lupa untuk memastikan jika alat-alat yang kamu gunakan sudah kering, dan tidak lembab. Karena jika cobek yang kamu gunakan masih basah atau lembab, henna yang akan di hasilkan tidak akan memiliki warna yang pekat atau maksimal. Cara menghaluskan daun pacar bisa kamu lakukan dengan cara yang berikut ini.

  • Pastikan jika cobek sudah benar-benar kering atau tidak lembab.
  • Pastikan jika daun sudah terpisah dengan tulangnya, agar proses ini lebih mudah dilakukan.
  • Haluskan daun sedikit demi sedikit agar hasilnya maksimal.
  • Letakkan daun pacar yang sudah di haluskan pada wadah yang benar-benar kering.

Baca Juga : Cara Memutihkan Badan Secara Alami

  1. Menghaluskan Daun Pacar Dengan Mesin

Menghaluskan daun pacar tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cara tradisional saja. Kamu bisa menghaluskan daun pacar di tempat selep bubuk di pasar, atau kamu juga bisa memanfaatkan blender khusus bumbu kering. Sebelum menggunakan blender pastikan jika wadahnya sudah bersih dan tidak ada air satu tetespun. Blender harus bersih dan kering agar tidak mengurangi kualitas henna bubuk nantinya. Cara menghaluskan daun pacar kering dengan blender.

  • Pastikan jika daun sudah terpisah dengan tulangnya, agar proses ini lebih mudah dilakukan.
  • Pastikan jika blender sudah benar-benar bersih dan kering
  • Letakkan daun pacar yang sudah di haluskan pada wadah yang benar-benar kering.

Baca Juga : Bahaya Cat Rambut – Pewarna Rambut Alami

  1. Mengayak / Menyaring

Mengayak atau menyaring daun pacar yang sudah di haluskan wajib kamu lakukan. Setelah kamu mengaluskan daun henna, kamu harus menyaring atau mengayaknya dengan menggunakan kain atau alat lainnya. Cara ini harus kamu lakukan agar mendapatkan bubuk henna yang benar-benar halus seperti tepung, agar nantinya henna bisa di jadikan bentuk pasta dan mudah di gunakan atau di bentuk pada tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Cara mengayak atau menyaring daun pacar yang sudah di haluskan seperti berikut.

  • Gunakan kain atau alat penyaring yang bersih.
  • Pastikan jika kain atau alat tersebut tidak basah.
  • Pastikan jika bubuk hasil saringan di letakkan pada wadah yang bersih dan kering.

Info : Tahukah kamu jika henna bubuk juga bisa di gunakan untuk rambut ?? jika kamu ingin memiliki rambut berwarna, namun tidak menggunakan cat rambut karena takut rambut mu rusak. Kamu bisa menggunakan henna sebagai pewarna rambut alami, kamu juga bisa membuat sendiri henna bubuk untuk rambut dari daun pacar. Cara membuat henna rambut dari daun pacar, bisa kamu buat dengan cara seperti yang sudah di jelaskan di atas.