6 Cara Menyimpan Emas Dengan Aman

Emas adalah investasi yang mudah dan aman yang banyak dipilih oleh orang – orang untuk menanamkan kekayaannya. Selain manfaat emas untuk kecantikan dalam cara mengetes kosmetik berbahaya, dan sebagai bahan masker dalam cara merawat wajah agar awet muda, emas juga bernilai tinggi sebagai barang investasi. Jika Anda termasuk orang yang menyimpan emas untuk investasi baik itu berupa perhiasan atau logam mulia, maka cara menyimpannya pun harus dipikirkan dengan baik. Secara naluriah kita mengetahui bahwa emas adalah barang berharga dan harus disimpan dengan aman. Jika kehilangan emas tersebut, tidak ada jaminan atau klaim yang bisa membuat kita mendapatkannya kembali. Itulah sebabnya cara menyimpan emas menjadi sangat penting. Mungkin sebagian orang takut untuk menyimpan emas di rumah, tetapi terkadang dalam beberapa kesempatan rumah bisa menjadi pilihan yang terbaik. Tetapi tergantung kepada situasi, rumah juga bisa menjadi tempat yang buruk untuk menyimpan emas Anda. Mengetahui bagaimana menyimpan emas dengan aman  untuk mencegah pencurian dan kehilangan akan sangat bermanfaat untuk menjaga nilai investasinya.

1. Pilih tempat yang tidak lazim

Usahakan untuk menghindari cara menyimpan emas di laci lemari pakaian Anda. Sebab itu adalah tempat pertama yang akan dicari oleh pencuri jika sampai masuk ke rumah. Lemari merupakan tempat penyimpanan harta berharga yang paling gampang ditebak. Anda bisa memilih tempat yang sama sekali tidak terduga dari sekian banyak lokasi di rumah untuk menyimpan emas dengan aman. Cari tempat yang tampaknya tidak berharga dan mudah diabaikan oleh pencuri. Dimana tempatnya, hanya Anda yang bisa memperkirakan lokasi yang cocok di rumah. Pastikan tempatnya aman, dan tidak akan terselip atau terbuang oleh orang lain di rumah tanpa sengaja.

2. Membeli brankas

Jika Anda memiliki dana lebih, gunakan brankas sebagai tempat penyimpanan emas yang aman. Pilih brankas baja yang tahan api dan bisa disimpan di dinding atau lantai, atau tempat lain yang cukup tersembunyi. Brankas akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki banyak simpanan emas di rumah dan enggan menitipkannya ke bank. Dengan menginvestasikan uang pada brankas, Anda tidak lagi perlu membayar biaya sewa deposit box di bank. Hanya saja semakin baik tingkat keamanan suatu brankas, maka harganya juga akan semakin mahal. Pastikan brankas Anda memiliki perlindungan dari api, air, tidak mudah dibawa, dan cocok untuk keperluan penyimpanan Anda. Jika Anda menggunakan kunci, simpan kuncinya terpisah dari brankas dan simpan di tempat yang tidak akan Anda lupakan.

3. Menjaga kerahasiaan

Memiliki simpanan berharga membutuhkan kerahasiaan yang harus dijaga. Anda tidak dapat memberitahukan lokasi penyimpanan harta Anda pada sembarang orang untuk menjaga keamanannya. Menyombongkan berapa banyak simpanan emas yang dimiliki akan sangat berbahaya bagi keamanan Anda sendiri. Bagikan informasi tersebut kepada pasangan atau seorang keluarga dekat saja sebagai pencegahan apabila Anda memerlukan bantuan di masa depan. Hindari memamerkan simpanan Anda terutama di media sosial. Pastikan koleksi emas Anda didapatkan dengan tips memilih emas dan tips memilih gelang emas sebagai perhiasan dengan tepat agar Anda mendapatkan koleksi yang bermutu terbaik.

4. Simpan berlapis

Kebanyakan pencuri akan mengambil barang – barang yang mudah dibawa lalu segera melarikan diri. Mereka biasanya tidak akan berani menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, jadi satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menyimpan emas Anda dengan cara berlapis sehingga sulit ditemukan. Contohnya, menyimpan di dalam lantai dan ditutupi dengan karpet serta lapisan lantai lainnya atau ditutupi dengan lemari di atasnya. Tentu saja cara menyimpan emas berlapis ini bisa Anda lakukan jika memiliki simpanan yang cukup banyak. Selain dapat digunakan sebagai alat tes cream yang mengandung merkuri, emas untuk investasi Anda layak diberikan perlindungan yang selayaknya dan paling aman.

5. Memasang alarm

Semakin banyak emas yang Anda simpan, semakin perlu mempertimbangan sistem keamanan yang mencakup rekaman video dan audio. Mungkin sistem keamanan tidak dapat mencegah pencuri tetapi secara ideal akan dapat memberi Anda respons polisi yang cepat dan bukti untuk menangkap pencurinya. Anda juga dapat mempertimbangkan memasang kamera sekuriti seperti nanny cam yang tidak terlalu mahal tetapi cukup untuk mengawasi simpanan berharga Anda. Ada kamera video yang dapat disamarkan seperti jam alarm, jam dinding, detektor asap, gantungan pakaian dan bahkan bohlam lampu. Kebanyakan bisa merekam banyak jam pengawasan dalam video dan memungkinkan Anda mengawasinya secara langsung melalui internet dari mana saja.

6. Menyewa deposit box

Apabila rumah Anda sering ditinggal dalam keadaan kosong dan simpanan emas yang dimiliki cukup banyak, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa tempat penyimpanan di bank atau di pegadaian. Namun tidak semua bank atau pegadaian akan mengganti kehilangan yang dialami ketika menitipkan emas di sana, sehingga resiko dan peraturannya harus Anda pahami dengan benar sebelum memutuskan untuk menitipkannya pada pihak bank atau pegadaian.

Diluar semua cara penyimpanan emas yang aman tersebut, ingatlah bahwa akan selalu ada resiko terhadap simpanan Anda. Misalnya, bencana alam. Emas yang disimpan dirumah tidak akan terlindung dari api, banjir, tornado, gempa bumi dan kejadian alam lainnya. Cara menyimpan emas di rumah akan praktis untuk jumlah emas yang sedikit misalnya hanya untuk jenis aksesoris wanita yang sering digunakan sehari – hari seperti cincin, kalung, anting atau gelang. Emas yang lebih banyak akan mengandung cukup banyak resiko dan tidak seharusnya disimpan di rumah. Karena itulah sebaiknya sesuaikan cara menyimpan emas Anda dengan jumlah emas yang dimiliki dan kebutuhan Anda agar tetap dapat menjaganya dengan aman.