7 Efek Samping Masker Spirulina yang Harus Diwaspadai

Spirulina adalah tanaman ganggang berwarna hijau agak kebiruan dengan banyak kegunaan didalamnya. Spirulina mengandung protein dan antioksidan tinggi sehingga sangat sering digunakan sebagai suplemen gizi. Spirulina juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya seperti vitamin B Kompleks, vitamin E, seng, tembaga, beta karoten, zat besi, asam lemak dan berbagai nutrisi lain yang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Spirulina sebenarnya aman untuk dikonsumsi dan juga sangat baik digunakan sebagai masker serta cara menggunakan masker spirulina yang terbilang cukup mudah dilakukan. Akan tetapi jika spirulina yang anda beli adalah palsu atau sudah terkontaminasi, maka ini tentu bisa berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai masalah untuk wajah anda. Berikut akan kami jelaskan apa saja efek samping masker spirulina palsu yang sangat penting untuk anda ketahui.

  1. Menimbulkan Rasa Perih

Apabila masker spirulina yang anda beli palsu, maka akan terasa perih ketika digunakan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan yang ada dalam masker tersebut bukan terbuat dari spirulina asli sehingga akan menimbulkan rasa perih dan penyebab wajah terasa panas ketika digunakan pada wajah anda.

  1. Terasa Gatal

Rasa gatal ketika memakai sebuah produk termasuk masker spirulina asli memang sangat wajar karena wajah sedang beradaptasi dan bereaksi dengan bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Akan tetapi ketika anda menggunakan masker spirulina palsu, maka tidak hanya menjadi penyebab wajah gatal sekaligus menjadi penyebab alergi kulit wajah yang akan terasa sangat kuat yang bahkan bisa membuat wajah anda iritasi dan memerah.

  1. Memperbanyak Jerawat

Umumnya, segala produk perawatan wajah termasuk manfaat masker spirulina ketika pertama kali digunakan, maka akan terjadi proses detoksifikasi sekitar 7 hari sesudah pemakaian. Detoksifikasi tersebut merupakan proses pembuangan kotoran dari dalam kulit sehingga umumnya kulit akan berjerawat. Namun ketika anda menggunakan masker spirulina yang palsu, maka nantinya bisa menyebabkan kulit anda berjerawat semakin banyak.

  1. Membuat Tekstur Kulit Kering

Untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif, menggunakan masker spirulina palsu bisa menjadi penyebab kulit kering dan kusam. Hal ini juga akan terjadi ketika anda salah mencampur masker spirulina asli dengan berbagai bahan yang tidak cocok dengan jenis kulit anda sehingga sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli sebelum anda menggunakan masker spirulina bagi wajah anda.

  1. Menyebabkan Kulit Berminyak

Masker spirulina asli sebenarnya sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit dari mulai kering hingga normal dan berminyak. Namun sebaiknya jika anda memiliki jenis kulit berminyak, maka sebaiknya pilih masker chitosan yang lebih aman dan tidak menjadi penyebab wajah berminyak dan berjerawat.

  1. Menyebabkan Kulit Iritasi

Masker spirulina asli sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kulit dan bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti garis halus, menyamakan warna kulit, mengencangkan, melembutkan dan menutrisi. Akan tetapi ketika anda menggunakan masker spirulina palsu, maka akan memberikan efek yang berlawanan yakni membuat kulit anda teriritasi. 

  1. Menyebabkan Kulit Terlihat Kusam

Efek samping lain yang bisa anda rasakan ketika anda menggunakan masker spirulina palsu adalah kulit yang terlihat semakin kusam dan penyebab wajah terlihat tua. Hal ini bisa terjadi karena dalam masker tersebut bukan mengandung spirulina asli namun sudah ditambahkan dengan berbagai bahan kimia lain yang sangat berbahaya untuk wajah sehingga bisa membuat tampilan wajah anda terlihat semakin kusam.

Efek samping masker spirulina palsu tentunya bisa menyebabkan banyak masalah untuk wajah anda melebihi dari yang sudah kami jelaskan diatas. Untuk menghindari efek buruk dari masker spirulina palsu tersebut, maka ada baiknya anda membeli masker spirulina di toko toko yang sudah terpercaya.