8 Efek Samping Mencuci Muka dengan Air Es Ini Harus Anda Ketahui

Anda tentu sudah tahu khasiat mencuci muka dengan air es bukan? Mecuci muka dengan menggunakan air es memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain dapat menyegarkan muka, air es juga bisa mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit. Namun di  balik manfaatnya tersebut, es batu juga memiliki efek samping. Penting untuk mengetahui efek samping mencuci muka dengan air es  agar anda bisa lebih waspada. Namun sebelumnya, ketahui beberapa manfaat mencuci muka dengan air es di bawah ini.

1. Melembabkan Muka

Mencuci air es akan menjadikan kulit muka lembab. Saat muka anda terasa kering, anda bisa memanfaatkan air es untuk mencuci muka. Cara melembabkan wajah kering dan kusam sangat mudah, anda hanya cukup menyiapkan air es atau es batu yang direndam dalam air biasa secukupnya. Kemudian gunakan air es tersebut untuk mencuci muka. Tunggu beberapa saat hingga kering.  Setelah kering anda bisa membilas muka dengan menggunakan air biasa.

2. Mengatasi Jerawat

Mencuci muka dengan menggunakan air es bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Agar hasilnya efektif, anda bisa mencuci muka dengan air es secara rutin.

3. Mengecilkan Pori-Pori Muka

Pori-pori besar tentu akan menganggu penampilan. Kulit anda akan terlihat tidak mulus jika pori-pori muka besar. Untuk cara mengecilka pori-pori besar anda bisa mengatasinya dengan cara alami mengguakan air es. Anda cukup mencuci muka dengan menggunakan air es, kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, anda bisa membilas kembali muka dengan menggunakan air biasa.

4. Mencerahkan Muka

Selain menggunakan krim pemutih, untuk memutihkan atau mencerahkan muka, anda bisa menggunakan air es.  Tips mencerahkan wajah atau cara mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan air es sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan air es secukupnya kemudian mencuci muka anda.

5. Menyegarkan Kulit Muka

Untuk menyegarkan kulit muka, anda bisa mencoba mencuci muka dengan menggunakan air es. Efek dingin air es akan menjadikan muka anda fresh dan lebih segar.

Efek Samping Mencuci Muka dengan Air Es

Selain beberapa manfaat di atas, mencuci muka dengan air es juga akan menimbullkan efek samping. Bagi anda yang sering atau akan mencoba mencuci muka dengan air es, penting mengetahui efek samping mencuci muka dengan air es berikut ini.

1. Muka Menjadi Tegang

Efek samping mencuci muka dengan menggunakan air es yang pertama yaitu muka akan menjadi  tegang. Air es yang dingin akan menjadikan kulit muka anda tegang dan untuk beberapa saat anda mungkin akan  merasakan tidak nyaman.

2. Muka Menjadi Merah

Karena saking dinginnya saat mencuci muka dengan air es, muka anda akan tegang. Selain itu, mungkin muka anda juga akan menjadi memerah. Namun biasanya keadaan ini tidak akan berlangsung lama.

3. Terasa Perih

Saat muka anda ada luka, saat mencuci muka dengan menggunakan air es mungkin anda akan merasakan perih dan perasaan tidak nyaman.  Oleh karena itu,  anda harus lebih berhati-hati saat  mencuci muka dengan air es jika memiliki luka.

4. Dingin

Sudah pasti, efek ini akan anda rasakan saat mencuci muka dengan menggunakan air es atau air dingin. Jika anda tidak ingin merasakan muka terlalu dingin, anda bisa mencuci muja dengan air es yang sudah  didiamkan beberapa saat.

5. Kaku

Setelah mencuci muka dengan menggunakana air es, muka anda selain tegang juga akan terasa kaku. Namun, anda jangan khawatir karena rasa kaku ini hanya sementara.

6. Kulit Menjadi Kering

Membersihkan wajah dengan menggunakan air es secara berlebihan diketahui dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika keadaan ini dibiarkan maka kulit anda bisa saja mengelupas.

7. Pembengkakan

Karena terlalu dingin, bisa saja mencuci wajah dengan air es dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah. Hal ini disebabkan karena permukaan kapiler yang terdapat di bawah kulit sangat mudah pecah, sebab memiliki lapisan yang halus juga sensitif. Oleh karena itu, jika anda berniat mencuci wajah dengan air es sebaiknya jangan terlalu sering dan pastikan suhu air tidak terlalu dingin.

8. Radang

Jika wajah anda mengalami masalah kulit yang serius, kemudian mencuci wajah dengan es batu bisa menyebabkan peradangan. Maka dari itu, jika anda hendak mencuci wajah dengan air es pastikan wajah anda tidak mengalami masalah.

Itulah beberapa efek samping mencuci muka dengan air es. Semoga setelah mengetahui beberapa efek sampingnya anda tidak akan kaget setelah mencuci muka dengan air es.