10 Jenis Baju Wanita yang Sering Digunakan

Wanita memiliki pilihan yang tidak terbatas akan baju – baju yang bisa dikenakannya. Dengan industri fashion yang berkembang sangat pesat, ada sangat banyak produsen busana wanita dan juga persaingan yang ketat di dunia fashion. Persaingan itu juga memicu terciptanya berbagai model baju wanita untuk menarik minat para konsumen, dan juga membuat trend busana wanita selalu berganti dan cepat berubah dari tahun ke tahun. Pakaian sudah pasti menjadi cara menjaga penampilan diri wanita yang sangat penting.  Banyaknya model pakaian wanita terkadang membuat kita sulit mengikuti perkembangan trend yang sedang berkembang, dan mengikuti semuanya akan membuat Anda kewalahan. Namun diluar semua itu masih ada beberapa jenis baju wanita bermodel basic yang bisa digunakan sebagai dasar padu padan busana Anda seperti berikut ini.

1.Blus atau Kemeja

Blus adalah jenis baju wanita yang paling umum dipakai khususnya dalam ranah profesional. Baju ini memiliki kancing di bagian atas atau memiliki model dengan sebagian kancing dan terbuat dari bahan yang sama. Jenis baju wanita ini bisa bermodel tangan panjang atau pendek bagi penggunaan pada situasi atau event berbeda, biasanya memiliki detil feminin berupa tambahan rimpel, pita, lipatan, kancing dekoratif dan lain sebagainya.

2. Kamisol atau Tank Top

Jenis baju wanita ini paling sering digunakan untuk keperluan tidur atau untuk pelapis dalaman ketika menggunakan baju yang tipis. Kamisol biasanya dibuat dengan potongan sederhana, bertali satu di pundak dan mulai dari bahan yang biasa saja hingga bahan seperti katun atau sutra. Bisa dikenakan di bawah sweater dan membuat lebih nyaman ketika mengenakan luaran seperti jaket karena kamisol tidak berlengan. Tips memilih bra yang sesuai perlu diketahui para wanita agar penampilan tampak bagus ketika mengenakan tank top seperti misalnya pemilihan jenis push up bra dan cara memilih sport bra .

3. T-Shirt

Jenis baju wanita tradisional yang biasanya digunakan untuk aktivitas informal dengan bawahan jeans atau denim. Baju ini paling nyaman, harganya terjangkau dan paling santai untuk para wanita untuk dikenakan dan masih membuat wanita tetap tampak luar biasa. Tidak memiliki kancing atau restleting, biasanya T shirt memiliki lengan pendek tetapi juga ada t shirt yang berlengan panjang.

4. Tunik

Baju ini cukup nyaman dan longgar, modelnya menggantung dibawah pinggang hingga ke lutut atau pertengahan betis. Tunik biasanya digunakan dengan celana atau rok panjang dan masih diperhitungkan hingga sekarang sebagai salah satu ikon fashion modern para wanita, terutama untuk para wanita muslim. Bagi Anda yang ingin mencoba salah satu jenis baju wanita seperti gamis, perlu mengetahui tips memilih gamis yang benar seperti tips memilih gamis untuk orang gemuk, atau tips memilih gamis untuk orang pendek.

5. Baju Terusan

Ada beberapa jenis baju wanita yang termasuk ke dalam kategori baju terusan antara lain dress, gamis dan gaun. Dress juga terdiri dari berbagai model seperti long dress, midi dress, knee length dress, dan micro dress. Sedangkan gaun biasanya digunakan untuk kesempatan tertentu seperti pesta dan acara formal. Gamis merupakan busana wanita muslim yang panjang dan longgar serta menutupi bentuk tubuh mulai dari leher hingga mata kaki.

6. Cardigan dan Sweater

Nama cardigan berasal dari seorang komandan militer Inggris bernama James Thomas Brudenell, Earl of Cardigan. Baju wanita ini merupakan pakaian yang mirip atau sejenis dengan jaket, hanya bedanya bahwa cardigan terbuka di bagian depan dan biasanya menggunakan kancing, restleting atau tidak berkancing sama sekali. Cardigan juga umumnya terbuat dari bahan rajut seperti wol atau katun. Sedangkan sweater juga pakaian hangat yang terbuat dari wol dan tidak memiliki kancing berupa baju bermodel pullover (tidak terbuka).

7. Bolero

Bolero adalah semacam jaket untuk wanita yang pas di badan, serta desainnya hanya mencapai panjang hingga setengah bagian dada saja. Bolero juga biasanya terbuka di bagian depan dan memiliki sedikit kancing atau penutup, atau tidak berkancing sama sekali. Jenis baju wanita ini bisa dibuat dalam bentuk lengan pendek atau panjang.

8. Blazer

Salah satu model baju wanita ini memiliki bentuk yang menyerupai jas dan sering digunakan dalam kesempatan resmi atau sebagai busana kerja. Namun saat ini blazer juga kerap digunakan dalam situasi yang lebih santai untuk memberikan kesan penampilan yang lebih rapi karena potongannya tidak sekaku model jas. Memakai blazer dapat memberikan kesan yang santai namun tetap rapi pada penampilan seorang wanita.

9. Vest

Vest atau rompi adalah pakaian wanita tanpa lengan sepanjang pinggang yang biasanya memiliki kancing di bagian depan. Vest ini kerap digunakan sebagai pelengkap pakaian utama, misalnya menjadi dalaman blazer dan dipakai setelah kemeja atau blus wanita. Akan tetapi dalam  perkembangannya sekarang ini rompi juga ada yang mencapai lutut panjangnya dan kerap digunakan para wanita muslim sebagai luaran untuk gamis atau tunik. Kata rompi berasal dari bahasa Perancis Veste, bahasa Italia Vesta dan bahasa Latin Vestis.

10. Hoodie

Pada dasarnya baju ini adalah sweater yang memiliki topi di bagian lehernya, kebanyakan desainnya memiliki saku di depan dan tali di leher untuk menyesuaikan topinya. Hoodies bisa berbentuk baju terbuka dengan kancing di depan atau restleting, bisa juga menjadi semacam pullover yang tidak berkancing. Konon gaya hoodies dikembangkan dari pakaian formal para pastor katolik di abad pertengahan. Saat ini hoodies dikenal sebagai baju khas para peselancar, pemain skateboard, dan pada budaya hip hop.

Jenis baju wanita tersebut bisa Anda padukan dengan berbagai model bawahan, berbagai jenis aksesoris wanita lainnya seperti jenis tas wanita dan jenis sepatu wanita yang sedang trendi. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak harus mengikuti dengan persis setiap model baju yang sedang digemari pada satu saat karena tidak semua model baju bisa cocok dikenakan oleh setiap orang. Carilah baju berpotongan klasik yang tidak akan ketinggalan zaman yang benar – benar cocok dengan kepribadian serta keperluan Anda.