7 Tips Memilih Gamis Untuk Orang Pendek Agar Cocok

Gamis adalah model busana muslim yang banyak digunakan oleh para wanita muslim pula yang saat ini memiliki banyak sekali model dan warna yang cantik. Jika dahulu gamis dianggap ketinggalan zaman dan bahkan dianggap menjadi salah satu bentuk ekstrimisme dalam beragama, maka saat ini gamis telah menjelma menjadi busana muslim kekinian yang banyak didambakan para wanita muslim. Hampir semua wanita cocok menggunakan gamis terutama wanita bertubuh tinggi semampai, namun memilih gamis bagi berbeagai bentuk tubuh wanita yang berbeda memerlukan pengetahuan tersendiri. misalnya tips memilih gamis untuk orang gemuk akan berbeda dengan pemilihan gamis bagi wanita yang bertubuh mungil dan pendek .

Bagi para wanita bertubuh pendek, pemilihan busana kerap memerlukan trik tersendiri karena jika salah memilih maka ia akan terlihat tenggelam dalam busananya tersebut. Tidak terkecuali dalam memilih gamis yang menjadi pelengkap berbusana wajib bagi wanita muslim untuk menutup auratnya. Kendati mengetahui bahwa tidak semua orang memiliki tubuh yang sempurna, bukan berarti wanita yang mungil dan pendek tidak dapat menggunakan gamis sama sekali. Tips memilih gamis untuk orang pendek perlu dilakukan dengan cermat agar penampilan terlihat pas, modis serta enak dipandang.

1. Pilih warna monokrom

Warna monokrom adalah tips memilih gamis untuk orang pendek yang jitu. Menggunakan warna monokrom artinya Anda hanya memilih satu shade warna saja dari kepala hingga kaki. Warna – warna tersebut seperti hitam, putih dan abu – abu atau coklat tua bisa menciptakan ilusi tubuh yang terlihat tinggi sehingga Anda tampak lebih semampai dan tidak tenggelam dalam gamis. Padukan dengan aksesori yang berwarna netral untuk memberikan aksen pada busana Anda. Warna monokrom juga akan sangat tepat ketika melakukan tips memilih baju pengantin.

2. Tatanan hijab sederhana

Banyaknya tips dan model memakai hijab saat ini akan membuat Anda kebingungan untuk mencoba semuanya agar tampak lebih modis. Tetapi tips memilih gamis untuk orang pendek adalah jangan memadukan gamis dengan tatanan hijab yang rumit. Selain membutuhkan kesabaran dan waktu ekstra, Anda yang bertubuh pendek dan mungil perlu menghindarinya karena akan memberi kesan berlebihan di bagian kepala. Fokus penampilan Anda akan terpusat di kepala dan membuat penampilan menjadi tidak seimbang.

3. Pilih sedikit motif

Memiliki tubuh pendek bukan berarti tidak bisa mengenakan gamis yang bermotif sama sekali. salah satu tips memilih gamis untuk orang pendek adalah untuk mengenakan gamis dengan motif yang sedikit atau kecil – kecil dan tidak memenuhi keseluruhan busana. Pilih gambar yang berukuran kecil dan sedang, hindari motif besar serta mencolok. Pilih gamis yang memiliki komposisi motif cantik dan berwarna netral atau lembut. Anda juga bisa memilih motif garis vertikal yang tidak terlalu lebar untuk memberi ilusi tubuh lebih tinggi. Motif yang sesuai juga akan menimbulkan kesan berbeda seperti tips agar awet muda yang ditimbulkan oleh motif pilihan Anda.

4. Gunakan outer

Outer adalah model busana untuk luaran yang dapat membuat penampilan lebih modis. Outer panjang yang dikenakan diluar gamis bisa membuat siluet tubuh menjadi lebih jenjang dan tinggi sehingga cocok untuk tips memilih gamis untuk orang pendek. Lapisi gamis Anda dengan outer berwarna kalem dalam satu shade agar tidak menimbulkan kesan bentuk besar atau gemuk, yang masih berada dalam satu gradasi warna dengan gamis Anda. Pemilihan outer yang tepat bisa menimbulkan kesan rahasia awet muda wanita umur 40.

5. Pilih bentuk gamis

Sebagai tips memilih gamis untuk orang pendek yang tepat, Anda perlu memilih gamis yang bentuknya tidak terlalu lebar. Sebaiknya pilih bentuk gamis yang menyerupai long dress dan memiliki aksen di bagian pinggang untuk membentuk tubuh agar tidak terlihat tenggelam dalam pakaian. Misalnya memilih bentuk A Line yang bisa membuat tubuh terlihat lebih proporsional. Pilih juga gamis yang memiliki potongan leher berbentuk V untuk membuat tubuh terlihat lebih panjang. Hindari bentuk gamis yang melebar atau gunakan ikat pinggang untuk mengurangi kesan kebesaran, hindari juga bawahan gamis yang bermodel plisket atau penuh kerutan. Anda juga bisa memilih berbagai jenis push up bra sebagai alternatif macam – macam pakaian dalam. 

6. Memilih aksesoris

Pemilihan sepatu sebagai aksesoris berbusana juga tidak kalah pentingnya dalam tips memilih gamis untuk orang pendek agar terlihat sesuai. Anda bisa menggunakan sepatu wedges atau sepatu model hak tinggi lainnya untuk menambah kesan tubuh lebih tinggi, dan ketahui apa perbedaan wedges dengan heels. Jangan lupakan kenyamanan ketika memilih sepatu, karena pemilihan model saja tidak cukup untuk menjaga kaki Anda tetap nyaman selama beraktivitas. Anda juga dapat memilih tas berukuran kecil atau sedang. Hindari tas berukuran besar karena akan membuat tubuh mungil Anda tidak terlihat dibalik tas tersebut.

7. Memilih bahan

Dengan cuaca dan iklim Indonesia yang berada pada iklim tropis, pemilihan bahan untuk gamis juga perlu diperhatikan. Pilihlah gamis yang berbahan ringan dan tidak panas serta menyerap keringat. Jangan sekali – kali memilih gamis dengan bahan tebal atau kasar, karena selain panas juga akan membuat tubuh Anda yang mungil menjadi tidak terlihat. Memilih bahan juga sangat penting dilakukan dalam cara memakai rok lilit dengan benar agar nyaman dikenakan.

Dengan menerapkan tips memilih gamis untuk orang pendek maka tidak ada halangan bagi Anda untuk mengenakan gamis seperti wanita – wanita lain yang bertubuh lebih tinggi. Menutup aurat bagi wanita muslim adalah suatu hal yang wajib, namun tetap bisa dilakukan dengan bergaya untuk tetap menjaga rasa percaya diri Anda dalam berpenampilan. Dengan pemilihan gamis yang tepat, Anda yang bertubuh mungil pun tetap bisa bergaya dalam model pakaian syari tanpa perlu merasa minder.