6 Tips Memilih Kacamata Agar Tidak Terlihat Tua dan Kuno

Jika kacamata sudah menjadi kebutuhan setiap waktu, maka kacamata juga akan menjadi barang fashion yang penting. Bahkan jika tadinya Anda bukanlah seseorang yang membutuhkan kacamata, seiring usia bisa jadi Anda akan membutuhkannya karena kemampuan penglihatan yang menurun. Seiring usia, kita akan cenderung mengalami masalah penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh. Terutama pada masalah rabun dekat yang menyulitkan Anda membaca teks dari jarak dekat, maka mau tidak mau kacamata menjadi pilihan yang tidak terhindarkan. Sayangnya kebanyakan orang akan memilih menggunakan kacamata yang konvensional, ketinggalan zaman dan tidak fashionable yang membuat wajah tampak lebih tua. Memakai bingkai kacamata yang kurang cocok bisa membuat kita tampak lebih tua dan ketinggalan zaman. Memilih bingkai yang tepat dengan beberapa tips memilih kacamata agar tidak terlihat tua bisa menghilangkan bertahun – tahun usia dari wajah Anda dan menjadi cara mempercantik mata dengan mudah.

1. Memilih Model Kacamata

  • Tips memilih kacamata agar tidak terlihat tua bisa dimulai dari pilihan gaya yang akan menarik fokus ke arah luar dan atas wajah Anda. Dengan demikian Anda akan menjauhi gravitasi dan membuat orang sulit menebak usia Anda. Beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan yaitu:
  • Bingkai kacamata yang menyapu ke atas atau berbentuk mata kucing akan secara visual mengangkat wajah dan membuat Anda tampak lebih muda khususnya untuk para pria. Sedangkan para wanita juga bisa memilih bingkai yang memiliki ujung agak membulat dan bersudut lembut.a
  • Hindari gaya aviator dan bingkai lain dengan bagian bawah yang berat atau mengarah ke bawah yang akan menarik perhatian ke arah bawah. Ciptakan titik fokus dengan memilih bingkai dengan sentuhan ekstra dari warna di bagian bingkai paling atas atau ujung terluar. Tambahan sidebars di bagian atas frame akan menonjolkan tulang pipi dan membuat wajah lebih terbuka.

2. Memilih Warna

Tips memilih kacamata agar tidak terlihat tua juga bisa dipertimbangkan dari warnanya. Pilihlah warna – warna hangat yang akan tampak bagus pada pria dan wanita. Carilah bingkai yang berwarna coklat, berry, dan warna batu – batu perhiasan yang akan sangat menonjol bagi para wanita lebih tua. Sedangkan pria bisa memilih warna biru, coklat, abu, burgundy dan hijau. Jauhi material mengkilap untuk memberi mata Anda kilau alami, tetapi juga hindari warna kusam, perak polos, dan hitam biasa. Perhatikan juga tips memilih kacamata sesuai bentuk hidung atau tips memilih kacamata untuk wajah bulat agar terlihat lebih muda.

3. Memilih Ukuran

Ukuran sangat penting khususnya ketika kita semakin menua. Selagi menerapkan tips memilih kacamata agar tidak terlihat tua, pastikan Anda tidak memilih frame yang terlalu kecil secara vertikal. Ada kemungkinan Anda akan memerlukan lensa bifokal untuk masalah rabun jauh dan dekat sekaligus. Frame yang terlalu kecil kurang cocok bagi jenis lensa bifokal ini, yang lebih berat dan tebal daripada lensa biasa. Frame yang kecil juga akan memberi Anda jarak pandang yang terbatas dan sulit menentukan batas lensa jauh dan dekat karena lensa akan terbagi dua antara lensa untuk melihat jauh dan dekat. Untuk menjaga penampilan mata sendiri, ketahuilah juga bagaimana cara menghilangkan kantung mata, cara menghilangkan kerutan di mata dan cara alami menghilangkan mata panda yang sering timbul karena pemakaian kacamata.

4. Memilih Fungsi

Kacamata bisa menambahkan gaya pada penampilan dan membantu kita untuk membuat pernyataan, tetapi terkadang memakai kacamata bukan hanya sekedar untuk mendapatkan kemampuan penglihatan yang baik. Kacamata juga bisa menawarkan perlindungan dari sinar UV matahari sementara kita beraktivitas di luar ruangan. Misalnya, kacamata yang memiliki bantalan hidung dari karet sehingga tidak akan melorot ketika mengendarai sepeda motor, sementara model kacamata lain akan membantu melindungi mata dari kotoran dan puing ketika sedang melakukan olahraga di luar ruangan.

5. Tetap Sederhana

Tidak semua orang ingin pilihan kacamatanya menyatakan sesuatu. Memilih model yang tidak terlalu mencolok akan membantu Anda tetap berada di luar pusat perhatian dan tetap sederhana. Jenis bingkai ini akan menjaga fokus pada mata dan fitur lain yang ingin ditonjolkan namun tetap membuat Anda tampak bergaya. Carilah frame yang lebih tipis, semi bingkai, dan memiliki warna yang cocok dengan wajah Anda. Wanita seringkali memilih bingkai yang tidak mencolok sehingga menemukan bingkai yang tepat bisa menonjolkan gaya pribadi seseorang.

6. Memilih Jenis Lensa

Kebanyakan orang yang berusia di atas 50 tahun lebih memilih kacamata baca yang sudah siap pakai. Jenis kacamata ini justru cenderung membuat orang tampak lebih tua dengan jelas. Untuk menghindari ini, Anda juga harus menghindari membeli kacamata siap pakai dan mendapatkan resep kacamata dari seorang ahli kacamata atau dokter mata. Menyediakan waktu untuk melakukan tes penglihatan akan membantu Anda menentukan kebutuhan visual sendiri.

Menemukan kacamata yang tepat untuk kebutuhan Anda adalah suatu hal yang sangat penting. Karena itulah dibutuhkan pengetahuan akan bagaimana menerapkan tips memilih kacamata agar tidak terlihat tua. Pastikan bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter mata sebelum membeli model kacamata terbaru untuk menentukan ukuran lensa Anda. Tentunya Anda tidak ingin menggunakan lensa yang salah dan membuat penglihatan menjadi memburuk. Jenis dan model kacamata sekarang jauh lebih bervariasi dan menyenangkan daripada zaman dulu, karena sudah menjadi bagian dari jenis aksesoris wanita yang trendi dan mengikuti mode terbaru.