9 Efek Samping Masker Belimbing Wuluh Untuk Wajah

Belimbing wuluh atau sering juga disebut dengan belimbing sayur, belimbing asam atau averrhoa bilimbi ini merupakan jenis buah yang memiliki rasa sangat asam dan khasiatnya sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga campuran masakan. Dalam belimbing wuluh ini mengandung beberapa zat kimia seperti tanin, sponin, glucoside, sulfur, kalsium oksalat dan juga peroksidase. Selain itu, buah belimbing wuluh juga mengandung sifat deuretik dan juga analgesik sehingga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Dalam belimbing wuluh ini juga mengandung gizi yang sangat tinggi dimana dalam setiap 100 gram belimbing wuluh mengandung energi, karbohidrat, protein, vitamin C, fosfor, kalsium dan juga zat besi. Akan tetapi, penggunaan belimbing wuluh sebagai masker ternyata bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk wajah disamping ada juga beberapa kegunaan dari buah ini. Untuk informasi lebih jelasnya, langsung saja di simak ulasan dari kami mengenai efek samping masker belimbing wuluh dibawah ini.

  1. Perih

Seperti halnya efek samping lemon untuk wajah, perih merupakan efek samping yang bisa terjadi pada saat anda menggunakan masker belimbing wuluh karena kandungan vitamin C dan asam konsentrat tinggi dalam buah ini. Sebagai langkah pencegahan saat memakai masker belimbing wuluh, campur juga dengan beberapa bahan tambahan lain seperti air mawar, minyak zaitun, lidah buaya, putih telur, madu atau beberapa bahan alami lainnya untuk menyeimbangkan kandungan dalam belimbing wuluh tersebut.

2, Menimbulkan Bintik Bintik

Apabila masker belimbing wuluh ini diterapkan secara langsung ke area wajah tanpa diberi tambahan beberapa bahan alami, maka bisa menimbulkan masalah karena efek asam yang terlalu keras tersebut. Belimbing wuluh bisa menyebabkan timbulnya bintik bintik di sekitar area jerawat wajah yang bisa terjadi karena kadar asam tinggi dalam belimbing wuluh tersebut dan akhirnya jerawat jadi meradang. Apabila ini terjadi, maka anda bisa menggunakan cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur.

  1. Menyebabkan Flek Hitam

Meskipun khasiat belimbing wuluh yang digunakan sebagai masker sangat baik untuk memutihkan wajah secara alami. Akan tetapi untuk sebagian orang khususnya yang memiliki kulit sensitif, memakai masker belimbing wuluh hanya akan menimbulkan hasil yang sebaliknya yakni timbulnya beberapa noda atau flek hitam yang tersebar di wajah anda. Flek hitam tersebut terjadi karena pemakaian masker belimbing wuluh yang terlalu sering, terlalu berlebihan dan juga cara membuat masker belimbing wuluh yang tidak di campur kembali dengan bahan tambahan lainnya.

  1. Meningkatkan Masalah Kulit Kering

Kandungan vitamin C sangat tinggi dalam belimbing wuluh ini memang menjadi solusi alami terbaik untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Akan tetapi beberapa zat kimia lain yang ada dalam belimbing wuluh juga akan bekerja terlalu berlebihan sehingga mengakibatkan tekstur kulit menjadi sangat kering dan juga menjadi penyebab kulit tangan kering.

  1. Menyebabkan Kerutan

Kandungan vitamin C dan vitamin A yang ada dalam belimbing wuluh merupakan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa menghambat berbagai penyebab penuaan dini. Akan tetapi, seperti halnya beberapa makanan atau minuman lain yang dikonsumsi terlalu berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang berlawanan dengan manfaatnya dan dalam hal ini menambah menjadi penyebab kulit cepat keriput dan timbul kerutan di wajah anda.

  1. Menyebabkan Alergi Gatal

Alergi gatal merupakan efek samping dari penggunaan belimbing wuluh karena tingginya kandungan zat kimia dan juga vitamin dalam buah ini yang menyebabkan beberapa jenis kulit tidak cocok dengan penggunaan belimbing wuluh tersebut.

  1. Merubah Tekstur Kulit Menjadi Kasar

Memakai masker belimbing wuluh memang sangat baik untuk menghaluskan tekstur kulit apabila dilakukan tidak berlebihan dan dalam kadar yang terlalu sering. Namun jika pemakaian masker belimbing wuluh dilakukan dalam waktu jangka panjang, maka malah akan membuat tekstur kulir wajah anda semakin kasar dan menjadi penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung.

  1. Penyebab Jerawat

Karena beberapa kandungan dalam belimbing wuluh ini memiliki kadar yang cukup tinggi, maka tidak semua jenis kulit bisa menerima manfaat dari buah asam tersebut. Bagi sebagian orang, menggunakan masker belimbing wuluh bisa meningkatkan timbulnya jerawat pada wajah yang dikarenakan kulit wajah tidak kuat dengan asam yang dihasilkan belimbing wuluh tersebut dan menjadi penyebab kulit kering dan kusam.

  1. Membuat Kulit Wajah Menghitam

Menggunakan masker belimbing wuluh terlalu sering dan digunakan pada wajah yang belum dibersihkan, akan membuat warna wajah anda bukan menjadi putih cerah namun menghitam. Ini bisa terjadi karena tercampurnya zat kimia yang bermanfaat dalam belimbing wuluh dengan zat kimia yang ada dalam sisa make up di wajah anda. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan wajah anda sampai bersih agar efek samping tersebut tidak sampai terjadi pada wajah anda.

Efek samping masker belimbing wuluh ini bisa terjadi karena pemakaian terlalu berlebihan pada wajah anda, sebab segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan tentu bisa menimbulkan masalah lain dibandingkan dengan fungsi untuk pengobatan atau penyembuhannya. Pakailah masker belimbing wuluh ini dengan beberapa campuran bahan alami lainnya dan jangan digunakan dalam kadar yang terlalu sering karena bisa berbahaya untuk kesehatan wajah anda.