9 Efek Samping Kunyit Untuk Wajah Harus Diwaspadai

Kunyit yang sering digunakan untuk memasak dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh juga sering digunakan untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat, menyamakan warna kulit, mengatasi penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, dibalik sekian banyak manfaat, ternyata efek samping kunyit untuk wajah dan juga kulit tidak kalah banyak. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan masker kunyit ataupun lulur kunyit, ada baiknya anda mengenali lebih jauh apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan saat menggunakan kunyit ini untuk wajah.

  1. Menyebabkan Timbul Bintik Merah

Efek samping dari penggunaan kunyit yang pertama adalah bisa menimbulkan bintik merah pada wajah seperti efek memakai masker jeruk nipis setiap hari. Hal ini bisa terjadi jika kunyit digunakan lebih dari 25 menit saat diaplikasikan pada wajah dan tidak langsung dibersihkan dengan air hangat.

  1. Menimbulkan Sensasi Kulit Terbakar

Efek samping selanjutnya dari kunyit adalah menimbulkan sensasi kulit terbakar. Ini bisa terjadi karena penggunaan masker kunyit yang terlalu lama pada wajah khususnya jika digunakan oleh anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

  1. Folikulitis

Folikulitis merupakan timbulnya benjolan seperti jerawat kecil yang terasa sakit seperti efek samping tomat untuk wajah dan akan berkembang semakin serius apabila tidak segera ditangani dengan baik. Efek samping ini bisa terjadi apabila kunyit yang digunakan pada wajah terlalu banyak melebihi 1 sendok makan per harinya.

  1. Flakiness

Flakiness bisa terjadi pada lapisan luar kulit yang membuat kulit anda menjadi rapuh. Apabila cara menggunakan kunyit ini tidak dilakukan dengan benar, maka masalah kulit flakiness ini akan semakin tinggi risikonya.

  1. Gatal Pada Kulit

Kandungan kuat yang ada pada kunyit juga bisa menimbulkan gatal pada kulit khususnya jika kulit wajah anda termasuk sangat sensitif seperti efek samping lemon untuk wajah. Senyawa dalam kunyit yang berfungsi untuk membunuh bakteri juga bisa menyebabkan gatal serta radang dan kemudian akan membuat warna wajah menjadi kemerahan. Apabila tidak segera ditangani, maka komplikasi lanjutan bisa terjadi yang tentunya juga semakin berbahaya.

  1. Timbul Kemerahan Pada Kulit

kemerahan yang terjadi pada wajah masih berhubungan dengan sensasi gatal yang terjadi akibat pemakaian kunyit tersebut. Warna kemerahan pada wajah memang tidak berbahaya namun sangat mengganggu penampilan seseorang.

  1. Menyebabkan Wajah Menjadi Kuning

Kunyit memang sangat baik digunakan untuk kulit sebagai penyerap polusi dan juga kotoran kulit sekaligus mengeringkan jerawat jika hanya digunakan sekali dalam seminggu dan cara mengecilkan pori pori bekas jerawat. Akan tetapi, kunyit juga menghasilkan waena kuning yang kuat sehingga bisa merubah warna kulit wajah anda juga menjadi kuning.

  1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Kurkumin yang merupakan zat dalam kunyit ini juga bisa menimbulkan dermatitis dan urtikaria apabila kunyit diaplikasikan langsung pada kulit wajah. Selain itu, kunyit juga bisa menyebabkan ruam dan juga sesak nafas baik saat diaplikasikan pada kulit ataupun di konsumsi.

  1. Kulit Menjadi Kering

Reaksi kuat yang ditimbulkan dari kandungan kunyit juga bisa menjadi penyebab kulit kering dan kusam apabila kunyit digunakan langsung tanpa bahan campuran apapun. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika mencampur kunyit dengan beberapa tambahan bahan lain seperti susu atau yogurt untuk memberikan kelembapan alami pada kulit wajah anda.

Efek samping pada wajah bisa terjadi apabila kunyit diaplikasikan langsung pada wajah tanpa ditambahkan bahan campuran lain, digunakan terlalu lama pada wajah dan juga terlalu sering digunakan hampir setiap hari. Batasi penggunaan kunyit untuk wajah dengan baik dan campur dengan bahan alami lainnya untuk mengurangi efek kuat yang dihasilkan dari kunyit.