10 Manfaat Daun Waru Untuk Rambut Sehat

Pohon waru yang nama latinnya hibiscus tiliaceus merupakan tumbuhan tropis yang berbatang sedang, banyak ditemui tumbuh liar di hutan atau ladang, juga tepi sungai dan pantai atau ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman pelindung. Ciri daun waru yaitu bertangkai, bentuknya menyerupai jantung atau bundar telur, bertulang menjari dengan tepian yang rata. Daun waru mengandung zat – zat seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Saponin yang berfungsi mengikat kolesterol dalam darah, flavonoid berfungsi sebagai pelindung susunan sel dalam tubuh yang akan meningkatkan penyerapan dan pemakaian vitamin C dalam tubuh. Sedangkan polifenol berguna sebagai antiseptik dan antioksidan.

Daun waru yang masih muda mempunyai banyak cairan yang mengandung protein bila diremas. Protein nabati dari tumbuhan ini berguna sebagai tonik rambut, karena itu sudah lama daun waru dikenal sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut, bahkan telah lama ada produsen yang membuat sampo modern berbahan daun waru. Bila  di sekitar tempat tinggal Anda terdapat banyak pohon waru, maka tidak ada salahnya mencoba manfaat membuat ramuan berbahan daun waru untuk merawat rambut seperti diuraikan berikut ini:

1. Merawat Rambut Rontok

Seiring usia, rambut memang akan makin menipis. Bila kita menyisir rambut sehari – hari akan ada rambut yang lepas dari kepala dalam jumlah yang sedikit. Rambut dikatakan memasuki fase kerontokan apabila jumlah rambut yang lepas dari kepala sudah melebihi 100 helai per harinya dan mulai menunjukkan tanda – tanda kebotakan jika sudah semakin parah tingkat kerontokannya. Cara mencegah rambut rontok parah dan cara merawat rambut rontok dan kering dapat dilakukan melalui perawatan dengan menggunakan ramuan herbal dari daun waru.

  • Caranya: 30 lembar daun waru dan 20 lembar daun randu segar yang sudah dicuci lalu giling sampai halus, tambahkan dua sendok makan minyak jarak kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Gunakan kain halus untuk menyaringnya sambil diperas. air perasannya dipakai pada kulit kepala sambil dipijat – pijat perlahan. Lakukan sebelum tidur malam, lalu bungkus rambut semalaman. Cuci keesokan harinya. Bisa dilakukan dua hari sekali.

2. Mencegah Rambut Beruban

Untuk mencegah agar uban tidak muncul lebih dini, perawatan dengan manfaat daun waru untuk rambut adalah salah satu cara menghitamkan rambut secara alami. Selain manfaat urang aring untuk rambut yang sudah dikenal sejak dulu, kita juga dapat membuat sampo daun waru sendiri dengan bahan – bahan sederhana. Keramas menggunakan sampo daun waru yang mengandung antioksidan akan membantu rambut tidak cepat beruban, karena salah satu penyebab rambut beruban adalah produksi radikal bebas dalam tubuh sebagai akibat dari seringnya terpapar polusi dan udara kotor.

  • Cara membuatnya ada beberapa, pertama yaitu dengan mengambil daun waru dan bunganya sebanyak 2 atau 3 lembar, hancurkan sampai menjadi bubuk dan tambahkan air secukupnya. Kemudian tambahkan juga beberapa tetes minyak zaitun, pakai selama 15 menit dari akar rambut hingga ujung rambut.
  • Cara kedua yaitu dengan mencampurkan 5-6 bunga waru serta 8-10 daun waru direbus  dalam sedikit air selama kira – kira 5 menit. Kemudian giling hingga halus, tambahkan gram flour secukupnya (tepung gram atau tepung besan, tepung yang terbuat dari kacang – kacangan atau dikenal dengan nama chikpea, mengandung karbohidrat tinggi tetapi tidak mengandung gluten) . Pakai campuran ini di kulit kepala sampai ujung rambut, lalu bilas dengan air hingga bersih sepenuhnya.

Untuk mencoba perawatan alami lainnya, manfaat ginseng untuk rambut dan manfaat buah apel untuk kesehatan rambut dapat dicoba untuk mengatasi rambut yang mulai memutih.

3. Menyuburkan Rambut

Rambut yang subur dan tebal tentu akan memberikan efek yang bagus bagi penampilan. Kesuburan rambut berarti menghindarkan masalah rambut lain seperti kerontokan, rambut kusam dan tipis. Daun waru bisa memberikan efek yang membuat rambut Anda makin tumbuh subur dengan cara seperti ini:

  • Cuci bersih 15 lembar daun waru muda, peras dan saring airnya. Diamkan cairan selama semalam di luar rumah agar terkena embun, lalu pakaikan ke kulit kepala. Setelah itu dibilas seperti biasa. Bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu secara rutin untuk merasakan hasilnya.

Selain menggunakan manfaat daun waru untuk rambut , manfaat avokad untuk rambut dan manfaat vco untuk rambut bayi bisa juga dicoba sebagai alternatif perawatan rambut lainnya.

4. Menumbuhkan Rambut

Daun waru juga mempunyai khasiat membantu pertumbuhan rambut setelah kerontokan sebagai cara merawat rambut agar cepat panjang supaya rambut dapat kembali mengisi tempat di kulit kepala yang tampak tipis akibat kehilangan rambut dalam jumlah banyak. Dengan pertumbuhan rambut yang baik, daerah – daerah yang tampak pitak pada kepala akan kembali tertutup.

  • Cara membuat ramuan untuk perawatannya adalah dengan 10 lembar daun waru muda, segenggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, 1 kuntum bunga mawar semuanya dicuci bersih dan dipotong – potong, masukkan ke panci, tambahkan air dan ditambahkan setengah cangkir minyak kelapa serta setengah cangkir minyak wijen dipanaskan sampai mendidih. Setelah dingin oleskan sambil dipijat pada kulit kepala. Lakukan malam hari sebelum tidur, bungkus kepala hingga esok paginya kemudian baru di keramas. Bisa dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

Rambut yang sudah terlanjur botak pun bisa dirawat menggunakan kemiri. Ada cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak yang bisa dicoba sendiri di rumah agar rambut kembali tumbuh lebat dan menutup bekas kebotakan.  Salah satu manfaat cuka untuk rambut dan manfaat kopi untuk rambut adalah juga untuk mengatasi kerontokan rambut.

5. Anti Ketombe

Melakukan aktivitas padat seharian dengan serbuk ketombe yang berjatuhan dari kepala tentunya sangat merepotkan dan mengurangi kepercayaan diri. Belum lagi rasa gatal yang mengganggu pada kulit kepala, karena ketombe juga menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Cara menghilangkan ketombe dengan daun waru salah satunya adalah seperti ini:

  • Rendam satu sendok makan biji fenugreek semalaman. Giling daun waru secukupnya dengan biji fenugreek tersebut sampai halus, kemudian campur dengan buttermilk atau sour cream sampai menjadi pasta. Pakai campuran ini di rambut Anda selama beberapa menit, lalu bersihkan.

Cobalah juga perawatan dengan menggunakan manfaat mengkudu untuk rambut dan manfaat anggur untuk rambut yang bisa dijadikan selingan untuk merawat rambut Anda.

6. Kondisioner Alami

Rambut yang kehilangan kelembabannya akan tampak kering serta rusak. Cara mengatasi rambut kering salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari daun waru yang berfungsi sebagai pelembab rambut alami.

  • Ambil segenggam daun waru dan daun henna lalu giling sampai halus. Tambahkan hasil perasan setengah jeruk lemon lalu aplikasikan ke rambut Anda. Ramuan ini tidak hanya berfungsi sebagai kondisioner tetapi juga anti ketombe.

7. Memperkuat Akar Rambut

Akar rambut yang kuat akan membuat rambut tidak mudah rontok. Memperkuat folikel rambut agar bisa bertahan dari kerontokan merupakan salah satu khasiat dari daun waru ini. Akar rambut juga bisa diperkuat dengan beberapa manfaat masker yang dibuat dari buah – buahan, seperti melalui manfaat pisang untuk rambut dan manfaat lemon untuk rambut.

  • Campur tiga sendok makan bubuk buah amla (buah malaka atau indian gooseberry) dengan tiga sendok makan daun waru yang telah dihancurkan. Aduk hingga bertekstur seperti pasta. Bisa ditambahkan jus buah malaka jika ingin. Pakailah masker di rambut Anda kemudian tunggu sekitar 40 menit, kemudian cuci rambut.

8. Mencegah Rambut Bercabang

Rambut bercabang ditandai dengan ujung rambut yang terbelah dua, tampak seperti pecah dan warnanya memerah. Penyebab rambut bercabang ada bermacam – macam, bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi yang diterima rambut, sering terkena terik matahari, terkena bahan kimia yang berasal dari perawatan rambut. Rambut bercabang juga merupakan salah satu efek yang harus ditanggung dari kebiasaan smoothing, rebonding, dan hair extension, yang mempunyai resiko terkena bahaya smoothing rambut, bahaya rebonding rambut, dan bahaya hair extension. Cara merawat rambut bercabang dengan manfaat daun waru untuk rambut :

  • Ambil beberapa lembar daun waru  kemudian hancurkan hingga halus, pada saat menghancurkan tidak perlu ditambahkan air karena daunnya sendiri telah mengandung air. Kemudian tambahkan setengah cangkir yoghurt yang terbuat dari susu kerbau (curd), aplikasikan pada akar rambut. Biarkan selama satu jam kemudian cuci bersih menggunakan air hangat. Bisa dilakukan sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan dengan daun waru ini memang ada yang memerlukan campuran dari beberapa bahan lain, diantaranya mungkin jarang terdengar oleh kita. Bila Anda tertarik untuk mencobanya, pastikan dahulu Anda mencari informasi dimana bahan – bahan lainnya bisa didapatkan.