5 Manfaat Madu Untuk Bibir

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau bibir menjadi salah satu ikon kecantikan wajah seorang wanita. Maka tidak heran kalau kita sering mendengar istilah bibir seksi yang dilihat dari proporsional bentuk dan lebarnya. Walaupun begitu, kategori bibir seksi ini berbeda-beda setiap orang. Tetapi setidaknya mempunyai bibir yang sehat, cantik, merah merekah menjadi dambaan setiap wanita. Dengan menjaga kecantikan wajah termasuk bibir menjadi salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Untuk mempercantik bibir biasanya kita memakai berbagai produk khusus untuk bibir, seperti pelembab bibir dan pemerah bibir. Tetapi tahukah Anda kalau ternyata madu dapat dipakai sebagai bahan alami untuk menggantikan produk pelembab dan pemerah bibir.

Madu memang sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita. Madu sejak dulu dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh karena dapat menangkal berbagai macam penyakit. Selain itu madu juga banyak digunakan untuk kesehatan kulit tubuh dan wajah, termasuk bibir. Sebab di dalam madu terkandung banyak mineral seperti kalsium, magnesium, alumunium, fosfor, natrium, kalium dan zat besi. Madu juga kaya akan berbagai vitamin, seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoskin (B), kandungan asam pantotenat, niasin, asam folat, biotin dan kandungan vitamin K.

Madu juga mengandung berbagai macam enzim yang bermanfaat untuk tubuh, yaitu enzim diastase yang mengubah karbohidrat kompleks menjadi karbohidrat sederhana atau mono sakrida. Kandungan enzim invertase yang memecah molekul sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Kandungan enzim oksidase yang mengubah glukosa menjadi peroksida. Dan kandungan peroksidase memproses oksidse menjadi metabolisme. Dengan banyaknya kandungan zat baik yang ada di dalam madu ini maka tidak salah jika banyak orang yang sering mengkonsumsi madu.

Jenis Madu

Setiap jenis lebah dapat menghasilkan madu dengan berbagai macam rasa, warna dan aroma yang berbeda-beda pula. Warna madu yang asli berbeda-beda tergantung dari jenis nektar tanaman yang dikumpulkan oleh lebah. Untuk menggunakan madu di bibir Anda bisa menggunakan jenis madu apa saja, sebab  tidak berpengaruh terhadap keadaan bibir. Tetapi bila untuk dikonsumsi, jenis-jenis madu ini berbeda-beda juga manfaatnya untuk kesehatan. Jenis-jenis madu yang beredar di pasaran di antaranya adalah :

  • Madu kapuk randu
  • Madu bunga karet
  • Madu bunga kopi
  • Madu bunga lengkeng
  • Madu buah mangga
  • Madu multiflora atau madu hutan
  • Madu kaliandra
  • Madu bunga jambu air
  • Madu bunga rambutan

Kalau Anda juga sering mengkonsumsi madu dan selalu ada stok madu di rumah, cobalah sekali-kali menggunakan madu ini untuk  luar tubuh Anda. Karena madu juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan di luar tubuh, seperti manfaat madu untuk masker wajah dan  manfaat madu untuk perawatan rambut bayi. Selain itu madu sebagai salah satu cara merawat kulit agar tidak kusam. Bahkan madu dapat digunkan untuk mempercantik bibir Anda. Sebab madu mempunyai banyak manfaat juga untuk perawatan bibir. Berikut manfaat madu untuk bibir :

Sponsors Link

1.Untuk mengobati sariawan

Sariawan merupakan radang yang terjadi pada mulut berupa bercak-bercak putih kekuningan. Sariawan menyerang bagian gusi, lidah, pipi bagian dalam, langit-langit rongga mulut dan bibir. Sariawan di bibir tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga sering menimbulkan rasa sakit atau perih terutama saat minum atau makan. Penyebab muncul sariawan biasanya karena kurang vitamin C, luka akibat kegigit dan terkena makanan atau benda berujung tajam, serta kebersihan mulut yang kurang terjaga sehingga menimbulkan jamur. Karena sariawan lebih identik sebgai akibat kurangnya vitamin C, maka pengobatan alami biasanya juga sering menggunakan jeruk lemon yang kaya akan vitamin C-nya. Bahkan tidak hanya untuk mengobati sariawan, tapi manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat, berminyak dan kusam.

Anda juga bisa mengobati sariawan dengan madu caranya :

  • Teteskan madu di area bibir yang terkena sariawan.
  • Lakukan rutin pada malam hari sebelum tidur dan di pagi hari.
  • Biarkan madu di bibir tidak perlu dibilas lagi agar kandungan zat di dalam madu meresep dan menyembuhkan.
  • Selain itu Anda juga bisa berkumur dengan madu dan air garam di pagi harinya bila sariawan ada juga di area dalam mulut.

Niscaya dengan rutin mengoleskan madu di bagian bibir yang kena sariawan ini akan membuat sariawan cepat hilang dan bibir kembali normal.

(baca juga : manfaat kopi untuk kulit)

2.Untuk mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah

Keadaan bibir kering dan pecah-pecah biasanya disebabkan karena bibir kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini bila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan perih bahkan berdarah. Penyebab terjadinya keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah adalah :

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  • Faktor cuaca yang kering atau musim kemarau.
  • Alergi terhadap makanan, obat-obatan ataupun kosmetik.
  • Mengkonsumsi buah-buahan citrus yang bisa membuat kulit bibir terkena iritasi.
  • Sakit demam dan flu atau pilek.

Jika Anda mengalami bibir kering dan pecah-pecah, Anda dapat menggunakan madu sebagai salah satu cara melembabkan bibir. Cara menggunakan madu di bibir yang kering dan pecah-pecah adalah :

  • Oleskan madu pada bibir Anda yang kering dan pecah-pecah secara merata.
  • Lakukan juga pijatan-pijatan lembut saat mengoleskannya.
  • Biarkan madu meresap dan terbilas secara alami.

(baca juga :  manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

3.Untuk mengobati bibir yang kering dan hitam

Bibir yang kering dan hitam disebabkan karena kadar estrogen mengalami penurunan akibat bertambahnya usia. Sehingga proses regenerasi kulit melemah dan tidak mampu melindungi dan melembabkan. Akibatnya lama kelamaan kulit jadi mengendur atau mengkerut sehingga bibir menjadi terlihat kering dan hitam.Untuk itu penggunaan madu di bibir bisa menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab keriput di usia muda.

Cara alami memerahkan bibir yang kering dan hitam dengan madu adalah :

  • Tuangkan madu ke dalam satu sendok makan.
  • Panaskan madu sampai encer dan mengeluarkan busa.
  • Setelah madu hangat suam-suam kuku, oleskan di bibir Anda.
  • Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.
  • Setelah 7 hari Anda akan mendapatkan bibir yang lebih segar dan merah merekah.

(baca juga : manfaat daun mint untuk wajah)

4. Untuk Memerahkan Bibir             

Anda pastinya ingin memiliki bibir yang merah merona. Memang untuk mendapatkan bibir merah kita bisa menggunakan pemerah bibir atau lipstik. Tetapi dengan menggunakan madu secara teratur, merupakan salah satu cara memerahkan bibir secara alami walau tanpa polesan lipstik yang patut Anda coba. Cara ini dianggap manjur karena madu dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga bibir dapat terlihat cerah dan merah. Dan Anda juga mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah dengan pemakaian madu ini.

ads
Cara alami memerahkan bibir menggunakan madu adalah :

  • Oleskan madu pada bibir Anda secara merata.
  • Diamkan selama 15-20 menit agar madu meresap ke dalam kulit bibir Anda.
  • Setelah itu biarkan madu terbilas secara alami saat terkena air minum atau lidah.
  • Atau akan lebih efektif bila Anda lakukan hal ini malam hari saat mau tidur hingga pagi hari.
  • Lakukan cara ini 3-4 kali seminggu agar bibir lebih cepat terlihat memerah.

(baca juga : manfaat susu untuk kulit)

 5.Untuk melembabkan bibir.

Untuk melembabkan bibir yang kering biasanya kita bisa memoles bibir dengan pelembab bibir atau lipsgloss. Bahkan beberapa produk lipstik sudah mengandung pelembab sehingga dapat terhindar dari bibir yang kering pada saat memakai lipstik. Tetapi untuk mendapat bibir yang lembab dan tidak kering secara alami, Anda bisa menggunakan madu di bibir Anda.

Cara melembabkan bibir dengan madu :

  • Panaskan madu hingga berbuih.
  • Oleskan pada bibir Anda secara merata kalau madu sudah hangat.
  • Lakukan rutin setiap malam ketika mau tidur dan diamkan hingga keesokkan paginya.

(baca juga : manfaat alpukat untuk kulitmanfaat wortel untuk kulit)

Fungsi Bibir Manusia

Bibir tidak hanya mempercantik penampilan wajah kita. Ada beberapa fungsi bibir yang dapat Anda ketahui yaitu :

  • Untuk makan dan minum – Bibir adalah seperti benteng pada mulut kita. Bibir dapat menjaga makan tidak tercecer keluar, merasakan dingin dan panasnya makanan, mencegah air minum meleleh keluar dari mulut dan untuk memudahkan minum dengan sedotan.
  • Untuk percakapan – Bibir dapat membantu kita untuk mengucapkan lafal atau pengucapan kata-kata menjadi lebih jelas.
  • Untuk memberi senyuman – Bibir dapat menunjukkan ekspresi seseorang apabila sedang tersenyum atau bahkan sedang cemberut.
  • Untuk ciuman – Menunjukkan rasa sayang seseorang terhadap pasangannya, anak, orang tua bahkan dengan teman atau sahabat, dengan memberikan ciuman melalui bibir.
  • Sebagai tanda adanya suatu penyakit – Bibir yang kering bisa jadi tanda demam atau sakit flu. Bahkan beberapa penyakit berat seperti anemia, diabetes, dan penyakit ginjal dapat terlihat dari keadaan bibir yang kering dan pecah-pecah.
  • Sebagai bentuk atau perasaan emosi seseorang – Gerak-gerik bibir dapat menunjukkan emosi seseorang apabila sedang senang bibir akan terlihat tersenyum, apabila sedang sedih maka bentuk bibir merapat ataumelengkung.

Peredaran Madu Palsu

Madu yang beredar di pasaran memang kadang-kadang tidak asli 100% terbuat dari madu. Bahkan ada madu yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya untuk meraup keuntungan, seperti dicampur dengan gula merah atau gula biasa. Sehingga untuk penderita pasien diabetes yang harusnya mendapatkan manfaat kesehatan dari madu asli, bila mengkonsumsi madu palsu akan menambah tinggi kadar gulanya. Bahan lain yang sering ditambahkan pada madu palsu adalah zat pewarna dan pengawet. Kedua bahan ini bila dikonsumsi secara berlebihan justru akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Keduanya memiliki sifat karsinogen atau memicu kanker dan memperberat kerja hati.

Untuk pemakaian manfaat madu untuk bibir sebenarnya tidak terlalu banyak pengaruhnya karena pemakaian madu ini di luar tubuh. Selain itu madu palsu yang telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya ini, masih tetap mengandung madu aslinya walaupun tidak 100%. Sehingga khasiat madunya masih bisa didapat dari madu tersebut. Tetapi mungkin tidak seampuh dan secepat bila mengoleskan madu yang asli di bibir.

Maka lebih baik pintar-pintarlah memilih madu asli yang akan kita beli. Lebih amannya Anda bisa mencari madu asli di tempat peternakan lebah, yang pasti terjamin keasliannya dibandingkan di toko-toko. Jangan sampai  dampak buruk madu yang palsu menimpa kesehatan kita akibat ulah para pemalsu madu. Sehingga Anda mendapatkan khasiat madu dari dalam tubuh dengan rajin mengkonsumsi madu setiap hari, sekaligus juga mendapatkan bibir yang sehat dan cantik dengan mengoleskan madu di bibir.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 03:11 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat