7 Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah

Kunyit adalah obat herbal yang sudah terkenal dari dulu sebagai ‘bahan kecantikan’. Yap! Selain sebagai rempah dalam pengolahan masakan, kunyit juga berguna untuk memerangi jerawat dan masalah kulit lainnya. Dengan memanfaatkanya sebagai masker, maka anda dapat menikmati sensasi spa alami sendiri di rumah, sekaligus membersihkan jerawat membandel di wajah anda. Sehingga wajah terlihat bersih, cerah dan sehat. Dan tentu ini akan sangat menunjang penampilan anda lebih menarik dan percaya diri.

Bahan-bahan untuk membuat masker kunyit ini terjangkau dan sederhana saja, karena sebagian besar bahan-bahan tersedia di dapur anda, ini akan jauh lebih ekonomis dan praktis. Daripada anda harus mengantri di ‘kedai kecantikan’ yang pastinya bakalan bikin kantong anda kebobolan. Mau tau bagaimana pembuatan masker kunyit? Ini dia !

Cara Membuat Masker Kunyit

Untuk cara membuat masker kulit memang sedikit merepotkan namun hasilnya akan sebanding dengan usaha yang telah kita upayakan. Pertama-tama anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini :

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1/2 sendok teh susu murni (untuk kulit kering) atau bisa di ganti dengan yogurt tawar
  • 1/2 sendok teh  stroberi yang telah di haluskan (untuk kulit berminyak)
  • 1/2 sendok teh madu murni
  • 1 sendok teh putih telur ayam kampung

Setelah semua bahan di atas di siapkan, ingat! sebelum menggunakan masker kunyit ini, pastikan wajah anda telah dibersihkan dan dalam keadaan lembab. Setelah itu lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pertama, campurkan semua bahan kedalam mangkuk.
  • Kedua, Aduk perkahan hingga membentuk adonan seperti pasta,
  • Ketiga, Oleskan pasta kunyit tadi ke permukaan wajah secara merata dan sekitaran leher anda.
  • Keempat, Diamkan selama kurang selama 20 sampai 30 menit sampai masker menempel sempurna atau hingga masker mengering.
  • Kelima, setelah dirasa cukup, bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat.
  • Keenam, supaya pori-pori wajah kembali kencang basuh kembali wajah anda dengan air dingin kemudian keringan dengan cara menepuk-nepukan handuk secara perlahan.

Untuk pembuatan masker kunyit ini sebenarnya bisa juga dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain sesuai dengan kebutuhan kulit dan selera anda. Manfaat masker kunyit untuk wajah yang bisa didapatkan ketika menggunakannya antara lain :

Sponsors Link

1. Menghilangkan Jerawat

Kandungan antioksidan pada kunyit ternyata sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang timbul pada kulit wajah. Jika dilakukan secara rutin maka hasilnya akan terasa sangat mencengangkan, kulit wajah anda akan terlihat kinclong.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan momok yang sangat menakutkan terutama bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah, garis halus disekitar mata. Dengan penggunaan masker kunyit secara teratur, ini bisa membantu mengatasi masalah penuaan dini pada kulit wajah anda. Sehingga anda tidak harus pusing perwatan yang mahal harganya.

3. Anti Pigmentasi

Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptik dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi.

4. Mengangkat sel kulit mati

Jika sel kulit mati menumpuk pada wajah, maka kulit wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Anda dapat mengatasi dan melakukannya sendiri dengan membuat scrub di rumah menggunakan bahan dasar kunyit. Maka jika anda rajin memakainya, sel sel kulit mati anda akan terangkat dan hasilnya kulit terlihat lebih bersih, sehat dan bercahaya.

5. Menghilangkan Rambut pada wajah

Manfaat masker kunyit untuk wajah, juga bisa digunakan dalam bentuk scrub. Dan ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah anda.

Sponsors Link

6. Pengobatan untuk kondisi kulit

Kunyit merupakan antiseptik alami, ini bisa digunakan untuk pengobatan kondisi kulit seperti poison ivy, eksim dan psoriasi. Kita tahu bahwa Eksim adalah kondisi kulit yang gatal dan menyakitkan, biasanya ditandai dengan bercak merah dan bersisik pada kulit. Kunyit berkhasiat membantu mengurangi gejala kondisi pada kulit semacam itu.

7. Pengobatan Keriput

Kunyit yang dipadukan dengan bahan alami lainnya juga berkhasiat mengurangi garis-garis halus, dan kerutan pada kulit wajah anda. Sehingga wajah anda akan terlihat berseri-seri setiap hari.

Tips untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Masker Kunyit

  • Sangat disarankan dan sebaiknya anda menggunakan masker ini dengan bahan dasar kunyit yang asli yang biasa tumbuh di pekarangan rumah atau dijual di pasar-pasar karena itu akan lebih alami dan mengandung banyak khasiat.
  • Lakukan perawatan wajah anda menggunakan masker kunyit ini secara rutin, minimal satu atau dua kali dalam seminggu, maka dalam waktu sebulan anda akan mendapati hasil yang ‘kinclong’ di wajah anda
  • Bagi anda yang memiliki kulit sedikit sensitif, lebih baik konsultasi dulu ke dokter atau melakukan tes patch sebelum anda menggunakannya secara rutin.

Itulah cara membuat masker kunyit yang bisa anda coba di rumah, selain ekonomis karena tidak membuat kantong anda kebobolan dan praktis karena tidak repot dan tidak membutuhkan waktu lama. Dan satu hal lagi, penggunaan masker kunyit ini juga sangat aman karena menggunakan bahan-bahan alami yang biasa anda jumpa disekitar rumah anda. Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 29th, January 2016 / 05:38 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat