Vitamin Untuk Kulit Kering dan Keriput yang Bagus dan Efektif

Kulit yang sehat di tandai dengan kondisi kulit yang kenyal, bersinar dan bersih. Kulit  yang sehat sangat di dambakan oleh beberapa orang karena dapat menunjang penampilan mereka. Namun karena terlalu sering beraktivitas baik di luar ruangan atau di dalam ruangan dapat mebuat kulit kering dan menjadi keriput.

Kulit yang kering dan keriput dapat di akibatkan oleh beberapa faktor seperti polusi, paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung atapun akibat suhu ruang yang terlalu dingin dapat menyebabkan kulit menajdi cepat rusak dan kering.

Masalah kulit yang kering dan keriput dapat di atasi dengan beberapa jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk menjaga dan menyehatkan kulit seperti sedia kala. Beberapa jenis vitamin untuk kulit kering dan keriput di antaranya sebagai berikut :

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat dengan mudah untuk di temui di sekeliling kita. Vitamin A bagi tubuh memiliki banyak manfaat, tak hanya bagi tubuh tapi juga bagus untuk kesehatan organ mata dan kecantikan kulit. Vitamin A juga dapat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan untuk kesehatan reproduksi. Bagaimana vitamin A dapat mengatasi kulit yang kering dan keriput? Ini di karenakan vitamin A dapat merangsang dan memperkuat lapisan dermis, membantu pembentukan dan menjaga kolagen alami tubuh serta dapat memperlancar aliran sel darah merah pada pembuluh darah. Manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi vitamin A, yaitu :

  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu proses penyembuhan luka
  • Dapat meningkatkan regenerasi kulit
  • Mencegah keriput dan kulit kering
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV
  • Vitamin untuk kulit kering

2. Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin A, vitamin E di ketahui memiliki manfaat yang besar dalam mengatasi kulit kering dan keriput. Vitamin yang satu ini lebih cenderung di manfaatkan sebagai bahan lotion yang berguna untuk kesehatan kulit. Vitamin E untuk kulit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bagus dalam menutrisi dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin E juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar radiasi dalam aktivitas sehari-hari. Vitamin E tak hanya dapat di temukan pada beberapa jenis lotion namun juga dapat di dapatkan pada buah-buahan.

3. Vitamin C

Vitamin C di ketahui pula merupakan vitamin untuk kulit kering dan keriput. Biasanya vitamin C lebih cenderung di konsumsi sebagai vitamin yang mampu menjaga kekebalan tubuh dari penyakit dan menjaga kebugaran tubuh dalam beraktivitas. Biasanya jika seseorang mengalami penyakit ringan seperti pilek, demam dan batuk sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi suplemen yang berbahan vitamin C. Sama hal nya denga vitamin E, jenis vitamin ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Vitamin C juga berfungsi dalam proses produksi kolagen yang dapat menjaga kekenyalan kulit

4. Vitamin B kompleks

Vitamin jenis ini memiliki banyak jenis vitamin B yang mana tiap varian vitaminnya sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Vitamin B kompleks terdiri dari gabungan 8 vitamin B yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B8 dan B9 atau yang biasa di sebut dengan asam solfat. Vitamin B kompleks memiliki beberapa manfaat sebagai vitamin untuk kulit kering dan keriput yaitu diantaranya untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah keriput dan kerutan pada kulit akibat penuaan, mengatasi kulit kering dan dapat membatu kulit luar dalam menjaga kelembapannya.

Sumber vitamin untuk mengatasi kulit kering dan keriput

Beberapa jenis vitamin di atas yang dapat di jadikan vitamin untuk kulit kering dan keriput dapat di temukan pada beberapa jenis buah dan sayuran. Untuk mengatasi kulit keringd an keriput dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran di bawa ini.

  1. Tomat

Buah berwarna merah dengan rasa yang masam ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin A di dalamnya. Tomat dapat di konsumsi untuk mendapatkan manfaat vitamin A sebagai vitamin untuk kelit dan keriput. Tomat dapat di olah menjadi beberapa jenis makanan dan minuman. Dan juga buah yang satu ini memiliki efek samping tomat untuk wajah.

  1. Ubi jalar

Jenis umbi-umbian yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang dapat di manfaatkan untuk kesehatan kulit. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa kandungan vitamin A dalam ubi jalar lebih tinggi di bandingkan kandungan vitamin A dalam wortel. Tak hanya vitamin A yang dapat di temukan dalam umbi-umbian ini, ubi jalar juga mengandung kalium, magnesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Buah naga

Buah naga juga merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Buah naga di Indonesia sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu buah naga yang berwarna merah dan putih. Biasanya buah naga yang dagingnya berwarna putih memiliki rasa yang lebih masam di bandingkan dengan buag naga yang dagingnya berwarna merah. Dengan demikiand apat di katakan bahwa buah naga yang memiliki daging berwarna putih memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi.

  1. Mangga

Jenis buah yang memiliki kandungan vitamin A yang di tinggi di dalamnya adalah buah mangga. Buah mangga di Indonesia memiliki banyak jenisnya. Dengan mengkonsumsi buah mangga, asupan vitamin A dapat mengatasi kulit kering dan keriput .

  1. Pepaya

Buah pepaya juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Buah pepaya ini biasanya di manfaatkan untuk mengatasi susah buang besar dan dapat mengatasi panas dalam, dikarenakan buah pepaya kaya akan serat yang tinggi. Manfaat pepaya untuk kulit juga dapat di rasakan dengan mengkonsumsi buah ini.

  1. Wortel

Wortel termasuk ke jenis sayuran yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi kulit yang kering dan keriput baika akibat lingkungan sekitar ataupun akibat faktor usia. Wortel biasanya di manfaatkan sebagai salah satu sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Selain itu kandungan vitamin A dalam sayuran wortel dapat di gunakan untuk mengatasi kulit kering dan keriput.

  1. Jambu biji

Jambu jenis ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang dapat mengalahkan vitamin A yang terdapat dalam buah jeruk. Jambu biji juga mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan. Daun dari jambu biji ini biasanya juga di manfaatkan untuk obat alami dalam mengobati diare dengan cara meminum sari dari daun jambu biji.

  1. Strawberry

Vitamin C dapat di temukan dalam buah strawberry. Buah strawberry merupakan salah satu jenis berry yang dapat dengan mudah di temui di Indonesia. Selain itu strawberrt juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A dan E dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Buah nanas juga terkenal akan kandungan bromelain yang merupakan sebuah enzim pencernaan yang dapat membantu proses pemecahan protein dalam makanan yang masuk ke tubuh. selain itu nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang banyak di konsumsi oleh orang yang sedang diet. Alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. selain alpukat mengandung vitamin E dan kaya akan antioksidan yang bagus bagi kesehatan kulit, alpukat juga merupakan buah yang dapat mengatasi kolesterol dalam tubuh.

  1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau cenderung kaya akan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Brokoli biasanya di jadikan sebagai alat pendetoks yang dapat mengatasi racun jahat yang terdapat dalam tubuh. sayuran brokoli juga kaya akan vitamin E yang dapat di manfaatkan sebagai salah satu sumber vitamin untuk kulit kering dan keriput.

  1. Gandum

Gandum merupakan sumber vitamin E yang tinggi yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi kulit yang kering dan berkeriput. Gandum merupakan makanan yang bisa menggantikan peran nasi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tubuh dan juga kaya akan serat.

Demikianlah beberapa jenis vitamin untuk kulit kering dan keriput yang dapat di temukan dalam berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Selain itu terdapat pula manfaat buah kelapa bagi kecantikan jika mengkonsumsinya. Tak hanya menyehatkan kulit dan mempercantik kulit, dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan tersebut juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan organ serta dapat memberikan kekebalan tubuh agar tak mudah terserang penyakit sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.